Friday, October 5, 2012

Gambar Dan Ucapan Terima Kasih untuk Tesis KITAB ISTIQAL Asli

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

Gambar 31, penjaga Pamijahan
Figure 31 The custodian of Pamijahan
Gambar 32 menuju gua di 14:15
Figure 32 Heading towards the cave at 2.15 AM
Gambar 33 Peak Season
Figure 33 Peak season
Gambar 34 Peziarah dari Tasikmalaya
Figure 34 Pilgrims from Tasikmalaya
Gambar 35 Peziarah dari Jawa Timur (sekitar 800 km dari Pamijahan) Dipekerjakan untuk mencapai Pamijahan Bus Deluxe (1997)
Figure 35 Pilgrims from East Java (about 800 km from Pamijahan) hired deluxe buses to reach Pamijahan (1997)
Gambar 36 Peziarah di gua Pamijahan (1997)
Figure 36 Pilgrims in the cave of Pamijahan (1997)
Gambar 37 peziarah antrian di gerbang gua Pamijahan pada tengah malam (1996)
Figure 37 Pilgrims queue at the gate of the cave of Pamijahan at midnight (1996)
Gambar 38 Bengkok dengan Genealogy nya Kustodian (silsilah)
Figure 38 The Custodian of Bengkok with his genealogy (silsilah)
Gambar 39 The kustodian dari Pandawa
Figure 39 The custodian of Pandawa
Gambar 40 Panyalahan dari kustodian di kantornya
Figure 40 The custodian of Panyalahan in his office
Gambar 41 Pamijahan dari Masjidil Haram pada tahun 1996
Figure 41 The grand mosque of Pamijahan in 1996
Gambar 42 Pamijahan dari Masjidil Haram pada tahun 1910 (Rinkes 1910)
Figure 42 The grand mosque of Pamijahan in 1910 (Rinkes 1910)
 Bibliografi
Alfian, Teuku Ibrahim. 1987. Perang di Jalan Dia mengatakan: Perang Aceh 1873-1912. Jakarta: Pustaka Harapan Sinear.
Alisjahbana, S. Pujian. , 1961. Puisi Lama. Ed 5th. Jakarta: PT PUSTAKA Rakyat.
Atja. 1968. Tjarita Parahijangan: ka-16 Masehi Naskah titilar Karuhun urang Sunda dengan baik. Bandung: Jajasan Nusalarang Kebudjaan.
Atja, Ayatrohaedi. 1984/1985. Nagarakertabhumi. Yogyakarta: menurut Departemen Pendidikan Kebudayaan dari direktorat Jenderal Kebudayaan Proyek Pengkajian Kebudayaan Nusantara dari Penelitian (Javanologi).
Atja, Drs. 1968. Parahijangan Tjarita. Bandung: Jajasan Nusalarang.
Atja, Saleh Danasasmita. 1981. Galunggung uang atau sesuatu yang diberikan kepada seseorang. Untuk menjaga sementara millet (millet Kabuyutan Ciburuy kropak 632, Bayongbong-Garut). Jawa Barat: Barat Jawa Proyek Pengembangan Permuseuman.
Azra, Azyumardi. , 2001. Lolongan Jaringan Haraymayn: Koneksi dari wilayah Samudera Hindia. Studio Islamika: Untuk Indonesia Jurnal Studi Islam 8 (2).
Bachtiar, HW Pada tahun 1992. The Religion of Java: Sebuah komentar. Madjalah Ilmu-Ilmu Sastra V (1).
Becker, Alton L. A. , 1995. Selain terjemahan: esai menuju filologi modern. Ann Arbor: University of Michigan Press.
Bell, Cathrine. Pada tahun 1992. Ritual Teori: Praktek Ritual.
Bellwod, Peter. 1996. Hirarki, Ideologi Pendiri dan Ekspansi Austronesia. Dalam Origins, Ancestry dan Aliansi. Canberra: Research School of Pacific dan Proyek Asia Studi perbandingan Austronesia, Universitas Nasional Utara.
Brakel, LF , 1977. The Hikyat Hanafiah Muhammad: Sebuah Romantis Medieval Melayu-Muslim. The Hague: Martinus Nijhoff Bibliotheca Indonesia 12
Bruinessen, Martin van. 1994. Asal dan Pengembangan tarekat sufi. Studio Islamika: Untuk Indonesia Journal of I Studi Islam (1) :1-23.
Christomy, Tommy. , 2001. Shattariyah Tradisi di Jawa Barat: Kasus Pamijahan. Studio Islamika: Untuk Indonesia Jurnal Studi Islam 8 (2) :55-82.
Cullera, Jonathan. , 1975. The Pursuit of Tanda: Semiotika, Sastra, Dekonstruksi. Itacha: Cornell University Press.
---. , 1975. Strukturalis Poetics: Strukturalisme, Linguistik, dan Studi Sastra. Itacha: Cornell University Press.
Dhofier, Z. , 1980. Tradisi Pesantren: Studio tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan Penerangan lebih dari Sosial Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan Penerangan lebih dari Sosial Ekonomi.
Djajadiningrat, Hoesein. 1913. Beschouwing Critische van de Sadjarah Banten: bijdrage van de Javaansche geschiedschrijving keringat kenschetsing. Haarlem: Yoh. The Zonem Enschede.
---. 1965. Indonesia tradisi dan Studi Sejarah Lokal. Dalam Sebuah Pengantar Historiografi Indonesia. New York: Cornell University Press.
E Kossim, Ahmad Mansur, Amidjaja Rosad, E Suhardi Ekadjati. 1974. Agama Islam dari Berkembangnya Masuk Sejarah Khususnya di Jawa Barat di Pamijahan dari cirebon. Bandung: Universitas Padjadjaran Fakultas Sastra.
Eco, Umberto. , 1979. Sebuah Teori Semiotika. Bloomington: Indiana University Press.
---. , 1999. Kant dan Platypus: Essays on Bahasa dan Kognisi. Diterjemahkan oleh A. McEwen. Di London.
Edi S, Ekadjati. , 2000. Naskah Edisi Nusantara direktur. Jakarta: Obor Indonesia musim panas.
Eickelman, Dale F. 1990. Muslim Travellers: Pilgrimage, Migrasi, dan Imajinasi Agama. London: Routledge.
Eickelman, Dale F. , 1976. Islam Maroko tradisi dan masyarakat di sebuah pusat ziarah. Austin dan London: University of Texas Press.
Ekadjati, E. Suhardi. 1982. Ceritera Dipati Ukur Karia Sejarah Sunda Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ekadjati, Edi S. , 1983. Kabupaten sampel dari Sunda Naskah Lama di Daerah Kotamadya Bandung. Bandung: Proyek Penelitian Sastra Indonesia dan dan Bahasa Daerah Jawa Barat, menurut Departemen Kebudayaan dari Pendidikan.
---. , 1995. Kebudayaan Sunda: Suatu Pendekatan Sejarah. Pustaka Jaya: Jakarta.
Elizabeth Mertz, Richard J. Parmentier, ed. 1985. Semiotika Mediasi: PERSPEKTIF sosial budaya dan psikologis. Orlando: Academic Press.
---, Ed. 1985. Semiotika Mediasi: PERSPEKTIF sosial budaya dan psikologis. New York, Toronto, Sydney, Tokyo, Orlando, London, San Diego: Academic Press, Inc.
Fathurhman, Oman. , 1999. Menyoal Wahdatul Wujud. Jakarta: Penerbit keseimbangan.
Fox, James J. , 1986. Bahasa, Sastra, Sejarah Dari: Pulau Roti kumpulan Karangan Mengenai Masyarakat. Diterjemahkan oleh S. Djokodamono, Linguistik Indonesia Proyek Pengembangan. Jakarta: Djambatan.
---. 1991. Ziarah Kunjungan ke makam Wali, pendiri Islam di Jawa. Islam dalam Konteks Sosial Indonesia, diedit oleh M. C. Ricklefs. Clayton: Monash University.
---. 1996. The Transofrmation Lines nenek moyang Asal: Pola Precedence di Indonesia Timur. Dalam Origins, Ancestry dan Alliance, diedit oleh C. S. James J Fox. Canberra: Research School of Pacific dan Proyek Asia Studi perbandingan Austronesia, Universitas Nasional Utara.
---. , 1997. Tempat dan Landscape dalam perspektif perbandingan Austronesia. Kekuatan Puitis Tempat, diedit oleh J. J. Fox. Canberra: Research School of Pacific dan Proyek Asia Studi perbandingan Austronesia, Universitas Nasional Utara.
---. , 2002. Leluhur, Suci dan Pahlawan di Indonesia Kontemporer. The ampuh Mati, diedit oleh A. R. Henry Chamber-loki. Honolulu: Allen & Unwin dan University of Hawaii Press.
Frye, Northrop, ed. , 1969. Anatomi Kritik: Empat esai. Diedit oleh C. ed. NY: Atheneum.
Geertz, Clifford. 1973. The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books.
Geertz, Cliford. , 1976. The Religion of Java. Phoenix Edisi ed. Chicago: University of Chicago Press.
Gellner, Ernest. , 1969. Suci dari Atlas tersebut. London: Weidenfeld dan Nicolson.
Haan, FD 1910-1912. Preanger-Regenschappen Onder de tot hat Nederlandsch bestuur 1811. BATAVIA: Kota Kunsten Bataviaasch Genootschap yang Wetenschappen [gedrukt keringat Boekdrukerij G. Kolff].
Harari, Josue V., ed. , 1979. PERSPEKTIF Strategi dalam Kritik Post-Strucrualist Tekstual. Itacha, New York: Cornell University Press.
Heffner, Robert W. 1985. Hindu Jawa: Tengger Tradisi dan Islam. Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Hermansoemantri, Emuch. , 1979. Sajarah Sukapura: sebuah telaah filologis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Hooker, Virginia Matheson, ed. 1991. Tuhfat al-Nafis: sejarah Melayu-Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa Dan Pustaka, Kementerian Pendidikan Malaysia.
Jackson, Benard S. 1990. Hukum Praktek di Narasi. Dalam Narasi dalam Budaya, diedit oleh C. Nash. London dan New York: Routledge.
Jackson, Karl D. , 1980. Otoritas tradisional, Islam, dan Rebelion: Sebuah Studi perilaku politik Indonesia. London, Inggris: Univesity of California Press.
Johns, AH 1965. Gift Ditujukan kepada Roh Nabi. 1965: Universitas Nasional Utara.
Khaerussalam, AA Pada tahun 1992. Sejarah Perjuangan Syekh Haji Abdul Muhyi Waliyullah Pamijahan: Offset Grafiana.
Krauss, W. , 1995. Sebuah Saint Enigmatic: Sheykh of Abdulmuhyi Pamijahan (1.640-1.715). Indonesia Circle.
Levi-Strauss, Claude. 1.968-1.977. Struktural Antropologi / Claude Levi-Strauss. London: Allen Lane.
Lombard, Denys. 1996. Nusa Jawa: Silang itu. Jakarta: Gramedia.
Makruf, Jamhari. , 2000. New Voices of Islam: Muslim orientasi wacana di selatan Jawa Tengah, Utara National University, Canberra.
Marcel-Danesi, platform Paulus dan. , 1999. Menganalisis Budaya. Bloomington: Indiana University Press.
McCloskey, Donald N. 1990. Mendongeng di bidang Ekonomi. Dalam Narasi dalam Budaya, diedit oleh C. Nash. London dan New York: Routledge.
Miller, J. Hillis. 1990. Narasi. Dalam Syarat Kritis untuk Studi Sastra, diedit oleh T. M. Frank Lentricchia. Chicago dan London: The University of Chicago Press.
Muhaimin, Abdul Ghoffur. , 1995. Islam tradisi cirebon: Ibadat dan Jawa Adat Di antara umat Islam, Departemen Antropologi Divisi Studi Pasifik dan Asia Masyarakat dan Lingkungan Penelitian Scholl, Utara National University, Canberra.
---. , 2001. Lokal POTRET Illustrasi islam Bingkai itu cirebon millet. Jakarta: Logos.
Mulyadi, Sri Wulan Rujiati. 1994. Kodikologi Melayu di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.
Noth, Winfried. 1990. Handbook of Semiotika. Bloomington: University Press.
Pannell, Sandra. , 1997. Dari Poetics Place ke Politik Space: Mendefinisikan ulang Landscapes Budaya di Damer, Maluku Utara. Yang Puitis Power, diedit oleh J. J. Fox. Canberra: Research School of Pacific dan Proyek Asia Studi perbandingan Austronesia, Universitas Nasional Utara.
Parmentier, R. J. , 1997. Antropologi semiotik. 166-1:1-91 Semiotica.
Parmentier, Richard J. 1987. The Sacred tetap: Mitos, sejarah, dan pemerintahan di Belau. Chicago: University of Chicago Press.
---. 1994. Tanda-tanda dalam masyarakat: studi di Antropologi semiotik. Bloomington: Indiana University Press.
Pemberton, John. 1994. Pada subjek 'Java'. Ithaca: Cornell University Press.
---. 1994. Pada Subjek "Jawa". Ithaca dan London: Cornell University Press.
Pleyte, Cornelis Marinus. 1910. Lutung Kasarung De Legende van den Loetoeng Kasaroeng: Sage uit een gewijde Tji-rebon. BATAVIA: Albrecht & C.
Prickett, Stephen. , 2002. Narasi, Agama dan Sains. Cambridge: Cambridge Tekan Univesity.
Quinn, George. , 2002. Peran pemerintah daerah di Ground Burial Jawa, diedit oleh H. CL a. A. Reid. Honolulu: Allen & Unwin.
Ricklefs, MC , 1998. Yang terlihat dan Dunia gaib di Jawa, 1726-1749: Sejarah, Sastra dan Islam di Pengadilan Pakubuwana II. Diedit oleh A. Miller, ASAA Asia Tenggara Publikasi. St Leonards NSW, Honolulu: Allen & Unwin dan Univesity of Hawaii Press.
Riddell, Peter G. , 1984. Abd al-Rauf al-Singkili yang Tarjuman al-Mustafid: studi kritis pengobatan nya juz 16 Ph.D, North National University, Canberra.
Rinkes, AD 1910. Kota Heiligen di Jawa. Tijdscrift voor Indische Tall, Land-en Volkenkunde 53:431 - 581.
Rinkes, DA , 1909. Kota Singkel Abdoerraoef. Leiden: Universitas Leiden.
Bergabung, SAA , 1983. Sejarah tasawuf di India. India: Muhishram Manoharial.
Robson, Stuart. 1988. Prinsip Filologi Indonesia. Dodrecht-Holland / Providence, Amerika Serikat.
Rochberg-Halton, Eugene. , 1986. Teori sosial dan Modernitas dalam arti Sikap pragmatis. Chicago & London: The University of Chicago Press.
---. , 1986. Makna dan Modernitas: Teori Sosial dalam Sikap pragmatis. Chicago: University of Chicago Press.
Sakai, Minako. , 1997. Rembering Origins: Leluhur dan Tempat di Masyarakat Gumai Sumatera Selatan. Kekuatan Puitis Tempat, diedit oleh J. J. Fox. Canberra: Research School of Pacific dan Proyek Asia Studi perbandingan Austronesia, Universitas Nasional Utara.
Schimmel, Annemarie. , 1986. Mistik Dimensi Illustrasi Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.
---. 1994. Mengartikan ayat-ayat Allah: Sebuah pendekatan fenomenologis terhadap Islam. Albany: State University of New York Press.
Scholes, Robert E. 1974. Judul Strukturalisme dalam literatur: Pendahuluan suatu. Yale University Press: Diterbitkan di New Haven.
Simuh. 1987. Mistik Islam Kejawen Radeng Ngabehi Ranggawarsita: suatu Studio terhadap wirid Hidayat Jati kondisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Sperber, Dan. 1990. The Epidemiologi Keyakinan. Studi Psikologi Sosial Keyakinan luas, diedit oleh C. F. a. G. Gaskell. Oxford: Clarendon Press.
Stibbe, DG Kota Pada tahun 1929. Nederlands Indie: tanah en volk, geschiedenis bestuur kebanyakan, Bedrijf samenleving kebanyakan, Kota deskundigen pintu tal. Amsterdam: H. Colijn.
Taylor, Christopher S. , 1999. Dalam Vicinity Orang Benar. Leiden, Boston, Köln: Brill.
Tilley, Christoper. 1994. Sebuah fenomenologi Landscape. Oxford / Providence, USA: Berg.
Trimingham, J. Spencer. , 1998. Para Sufi Pesanan dalam Islam. Oxford: Oxford University Press.
Turner, Victor. 1968. Proses Ritual. Chicago: Aldine.
---. , 1984. Liminalitas dan Genre performatif. Dalam Ritus, Drama, Festival, Tontonan, diedit oleh J. J. McAloon. Philadelphia: Institut untuk Studi Masalah Manusia.
Turner, Vitor. 1967. Hutan Simbol. Ithaca, New York: Cornell University Press.
Vincent M. Colapietro, Thomas M. Olshewsky. 1996. Peirce doktrin Tanda: Teori, Aplikasi, dan Koneksi. Berlin, New York: Mouton de Gruyter.
Voll, John O. , 1980. Tariqahs Hadis dan Ulama: Sebuah Grup Ulam di Haramayn abad ke-18 dan Dampak mereka di Dunia Islam. JAAS XV (3-4) :246-73.
Wellek, Rene. 1.955-1.992. Sebuah Sejarah Kritik Modern: 1.750-1.950. New Haven: Yale University Press.
Wessing, Robert. , 1978. Kosmologi dan perilaku sosial dalam Penyelesaian Jawa Barat. Ohio: Ohio University Center for International Studies.
Whtie, Hayden. 1981. Nilai narrativity dalam representasi realitas. Dalam Pada Narasi, diedit oleh M. WJT Chicago: Chicago Press.
Wilkinson. 1959. Sebuah Kamus Melayu-Inggris. Singapura: Macmillan.
Winsted, Richard. , 1969. Sebuah Sejarah Sastra Melayu Klasik. Cetak ulang dari edisi kedua (1969) ed. New York, London, Melbourne: Oxford University Press.
Worsley, P. J, A, ed. 1972. Babad Buleleng: a dinasti Genealogy Bali. The Hague: Nijhoff.
Zoetmulder, PJ 1985. Kalangwan Selayang Pandang Sastra Jawa Kuno. Jakarta: Penerbit Djambatan.
Zulkifli. 1994. Sufisme di Jawa: Peran Pesantren dalam Pemeliharaan tasawuf di Jawa. Master of Arts, Utara National University, Canberra.
Zulkifli 2002. Sufisme di Jawa: Peran Pesantren dalam Pemeliharaan tasawuf di Jawa. Leiden-Jakarta: Landing.


Ucapan Terima Kasih untuk Tesis Asli
Saya bersyukur kepada Pemerintah Commonwealth of Australia untuk pendanaan melalui beasiswa AIDAB diberikan oleh Biro Bantuan Internasional Pembangunan Utara. Petugas AIDAB dari Kantor ACT Daerah di Canberra dan AUSAID, Ny Curtis dan Mrs Lynn Tohey Alicia memberi saya dukungan penuh selama bridging saya, kursus program dan kerja lapangan.
Utara National University di Canberra untuk Studi Asia Tenggara adalah Lembaga terkemuka. Ia memiliki apresiasi yang kuat dari Budaya daerah, koleksi yang sangat baik dari bahan, suasana kolegial dan jumlah terbesar sarjana bekerja di daerah.
Profesor Virginia Hooker dari Asia Tenggara Centre, Fakultas Studi Asia, Anu memberi saya dukungan yang tak ternilai seluruh studi saya. Tesis ini adalah karena inisiatif dan dorongan. Dia menjawab antusias dengan Prospek langka Research In Sunda, hemat tidak ada usaha untuk membuat saya menyambut. Pengetahuan tentang naskah dari banyak daerah Nusantara segera ditulis bahan untuk membentuk persepsi saya pedesaan Jawa.
Rekomendasi untuk Anda, studi saya dipindahkan dari tingkat Master oleh penelitian untuk PhD pada tahun 1997. Profesor Hooker, atau pelajar Indonesia sekarang menyebutnya Nia seperti biasa, memberi saya dengan fasilitas luar norma untuk pekerjaan kursus siswa. Dia memberi saya akses ke perpustakaan pribadi. Dia juga menulis surat, peta Rekomendasi yang memungkinkan saya untuk melakukan penelitian yang diterbitkan di perpustakaan dari Rijksuniversiteit di Leiden pada tahun 1996. Ketika dia berada di tengah-tengah tahun 2002 menyelesaikan mengingatkan saya Tesis saya, lagi menghadapi cap dari masing-masing memungkinkan saya untuk Mendapatkan hibah wisata dari musim panas Naskah Nusantara dan izin cuti dari manajer Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Wajahnya diterbitkan di Bandara Sydney juga berguna ketika saya tiba pada hari setelah pemboman tragis dan brutal di Bali. Setiap surat adalah bahwa hal itu mengizinkan saya untuk membuat kembali masuk-mudah ke Australia pada saat ketika ini mungkin waktu yang sulit untuk mempelajari pedesaan Islam Indonesia.
Profesor Dr James J. Fox, Direktur Sekolah Penelitian Studi Pasifik dan Asia, Anu dan Dr George Quinn, Kepala Asia Tenggara Centre, Fakultas Studi Asia, Anu tanpa lelah membantu saya membawa penelitian saya ke kesimpulan. Dalam hal ini, Jim Fox membuka PERSPEKTIF pada konsep 'naskah hidup' Sebelum saya pergi ke lapangan. Pengetahuan dan keahlian telah di budaya Indonesia-Austronesia diakui oleh mahasiswa Indonesia dan peneliti dengan yang lain 'gelar profesional,' Pak Jim. Dekat dengan batas waktu studi saya, Jim memberikan dukungan yang tak ternilai Tesis Pak mengomentari rancangan saya dan memungkinkan saya untuk menggunakan kantor pribadinya dan perpustakaan di 'labirin' dari gedung Coombs. Saya menyadari hal itu sebelumnya, aku punya satu kaki di Antropologi Budaya. Sebelum saya datang ke Fakultas Studi Asia, Anu, saya telah dilatih dalam teori sastra dan filologi, tapi setelah membaca melakukan kursus di Antropologi Islam, di kantornya, saya memasuki daerah halus dalam studi budaya.
Dr George Quinn adalah sarjana lain yang menonjol di Utara Universitas Nasional, juga diberi gelar 'bersih' oleh mahasiswa Indonesia. Dia telah berbagi Wawasan kuat ke dalam sosiologi literatur tradisional dan budaya Indonesia pada umumnya. Karyanya pada sastra Jawa dikenal di Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Dia bersedia untuk membuat 'ziarah' ke situs lapangan saya di Pamijahan, Jawa Barat. Selama kunjungannya kami memiliki Diskusi berharga di tempat. Membaca hati-Nya pengawasan draft saya dan finalisasi dibawa ke Tesis saya. Dia bahkan meyakinkan saya bahwa saya akan menyerahkan pada waktu! Saya juga belajar banyak tentang Diligence George dan optimisme dari Pak. Pengetahuan mendalam tentang kebudayaan Jawa yang Menstimulasi dan inspirasi situs suci.
Saya telah terutama menghargai persahabatan rekan Indonesia juga belajar di Anu: Dr med. Philipus Tule, Dr. AG Muhaimin, Dr. Jamhari makruf, Dr. Adhuri mengatakan, mr. Hidayat al-Hamid dan Mr Yudhi Latif. Mereka membahas mitra tanding terbaik di Canberra budaya dan Islam. Saya juga berhutang budi kepada Dr Minako Sakai dari University of New South Wales di Akademi Pertahanan Utara yang melibatkan saya di saat saya membutuhkan dukungan finansial Proyek Pengajaran Bahasa Indonesia untuk biaya sehari-hari.
Hal ini juga harus dicatat bahwa saya secara finansial didukung oleh Ford Foundation, Jakarta, di perpustakaan penelitian saya di Leiden Rijksuniversiteit pada tahun 1996. Dr Jennifer Lindsay dan Dr Mary Zurburchen, masing-masing Direktur dan Chief dari Ford Foundation, memberikan bantuan yang signifikan. Hibah perjalanan yang diberikan oleh Ford Foundation Profesor Jakarta ini dimungkinkan melalui Rekomendasi tersebut. Dr. Achadiati Ikram dan Dr. Tety Masyarakat dari MPSS dan Asosiasi Tradisi Naskah Bahasa Nusantara. Akhirnya, pada tahun 2002, Profesor. Dr. Achadiati Ikram, filologi guru saya, melalui LSM-nya, perjalanan musim panas memberikan lain Nusantara Naskah memberi saya Tesis saya menyelesaikan di Canberra.
Terdekat saya teman-teman di Australia, Dr Mukherjee dan Dr Wendy. Christine Campbell dari Asia Tenggara Centre memberikan upaya terbaik mereka untuk memperbaiki gaya bahasa Inggris saya. Wendy mendorong saya dalam komunikasi awal saya dengan Anu Holdings Sunda dengan informasi tentang perpustakaan di Canberra. Karyanya tentang sastra Sunda memberi saya perspektif untuk berpikir tentang pentingnya Sunda sebagai kategori budaya. Sunda sudah sekitar untuk 'tujuan ziarah', dan pada tahun 2000 ia mengunjungi terlalu Pamijahan di situs bidang saya.
Orang-orang dari Pamijahan, Panyalahan dan Karangnunggal pada umumnya, layak ekspresi tulus saya terima kasih. Saya berhutang tertentu terima kasih kepada Pak Kuncen, Ajengan Endang, Beben Pak dan Pak Undang, yang rela mengabdikan begitu banyak waktu untuk berbicara dengan saya.
Akhirnya, berkat Suherti dan Nabeela, dua wanita yang paling indah dalam hidup saya, yang hanya menyadari bahwa tidak perlu 'stamina' a Tesis PhD, tetapi juga 'imajinasi'. Mereka ada di sana sepanjang waktu.
Di atas semua, HE mengatakan, "Semua tanda-tanda ditempatkan di dunia untuk orang-orang yang mengerti" (Al-Qur'an).
Post a Comment