KETUHANAN: Nur Al Haq: أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله " Bagaimana hati kita akan menyinarkan cahaya, bila cermin hati kita masih memantulka...
أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله
Kenapa ? karena niat merupakan barometer untuk meluruskan amal
perbuatan. Apabila niat itu baik maka amal perbuatan akan menjadi baik
dan sebaliknya apabila amal itu jelek maka perbuatan tersebut otomatis
jelek juga
Sabda Nabi SAW :
.
dan mencari ilmu adalah wajib . Namun jika tidak dibarengi dengan niat yang kuat rasanya malaslah untuk datang ke majlis ta lim. Padahal Sabda Nabi SAW menyatakan Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari Ilmu , maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Syurga
Sabda Nabi SAW
Barang siapa belajar satu BAB dari Ilmu yang bermanfaat untuk akhirat dan dunianya , maka Allah akan memberi kebaikan kepada orang tersebut dengan lebih baik dari pada perkara dunia yang ia berpuasa tujuh ribu tahun pada siang harinya dan sholat sunat pada malam harinya dengan diterima dan tidak ditolak sama sekali..
Apa jawab N.Sulaiman AS ketika Allah menyuruh Nabi Sulaiman AS untuk memilih antara Ilmu dan harta.
Ternyata Nabi Sulaiman AS memilih Ilmu , dengan alasan sebagai berikut :
Setiap
orang yang beriman pasti berharap memiliki hati bersih dan berkilau,
sebab hati yang bersih dapat memantulkan cahaya ruhaniah, kemudian
menjadi penglihatan batin (bashiratul qalbi) dalam memandang keelokan
wujud Allah. Namun cahaya ruhaniah hanya bisa dirasakan oleh orang-orang
yang telah melampaui pergulatan ruhani.
Tak ada hijab
Dapat ditarik kesimpulan, bahwa pada hakikatnya Allah itu tidak terhijab oleh sesuatu apapun, sebab keberadaan sesuatu yang bersifat adamiyah tidak mungkin dapat menghijabi Allah. Bahkan sebaliknya, makhluk yang bernama manusia itulah yang terhijab, sehingga tidak dapat melihat adanya Allah. Sebab sekiranya ada sesuatu yang mampu menghijabi Allah, berarti sesuatu itu dapat menutupi wujud Allah. Jika ada yang mampu menutupi-Nya, berarti wujud Allah dapat terkurung oleh sesuatu yang mengurung-Nya, maka sesuatu yang terkurung, sudah pasti dapat dikuasai oleh yang mengurung. Maha Suci Allah dari sangkaan orang-orang yang jahil (bodoh), padahal Allah yang berkuasa atas semua makhluk-Nya.
Para ‘arifin billah berkata: "Segala sesuatu selain Allah pada hakikatnya tidak ada". Maksudnya, keberadaan Allah tidak dapat disamakan dengan sesuatu apapun. Wujud sesuatu selain Allah tak ubahnya wujud bayangan yang selalu bergantung kepada yang memberi bayangan. Melihat bayangan tanpa mengetahui sumber bayangan, berarti terhijab oleh sesuatu yang hakikatnya tidak ada.
Wallahu alam bisowab...
Semoga bermanfaat buat diriku dan sahibku semuanya...
Selamat beraktifitas berselimut dzikrullah...
أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله
Cahaya Ilmu
طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
انماالاْعمال بالنيات
Sesungguhnya segala amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.
Sabda Nabi SAW :
وعن
رسول الله صلى الله عليه وسلم : كم من عمل يتصور بصورة اعمال الد نيا
ويصير بحسن النية من اعمال الاخرة . وكم من عمل يتصور بصورة اعمال الاخرة
ثم يصير من اعمال الد نيا بسوء النية
Dari Nabi SAW : Banyak
amal perbuatan yang berbentuk amal dunia lalu menjadi amal
akherat,sebab niat yang bagus. Dan banyak juga amal perbuatan yang
kelihatannya amal akherat namun karena niat yang buruk maka menjadi amal
dunia..
العلم نور
Ilmu adalah cahaya
dan mencari ilmu adalah wajib . Namun jika tidak dibarengi dengan niat yang kuat rasanya malaslah untuk datang ke majlis ta lim. Padahal Sabda Nabi SAW menyatakan Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari Ilmu , maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Syurga
Sabda Nabi SAW
قا ل
رسول الله صلى الله عليه وسلم : من تعلم با با من العلم ينتفع به فى اخرته
ود نياه اعطا ه الله خيرا له من عمرالد نيا سبعة الاف سنة صيام نهارها
وقيام لياليها مقبولا غيرمردود
Barang siapa belajar satu BAB dari Ilmu yang bermanfaat untuk akhirat dan dunianya , maka Allah akan memberi kebaikan kepada orang tersebut dengan lebih baik dari pada perkara dunia yang ia berpuasa tujuh ribu tahun pada siang harinya dan sholat sunat pada malam harinya dengan diterima dan tidak ditolak sama sekali..
Apa jawab N.Sulaiman AS ketika Allah menyuruh Nabi Sulaiman AS untuk memilih antara Ilmu dan harta.
Ternyata Nabi Sulaiman AS memilih Ilmu , dengan alasan sebagai berikut :
- Ilmu lebih utama dari pada harta , karena Ilmu warisan Nabi ( Milik para Nabi ) . Sedang Harta adalah warisan Qorun dan Fir aun.
- Ilmu menjaga kita , sedangkan harta harus kita yang menjaganya.
- Ilmu ibarat teman hidup di dunia ini dan harta ibarat musuh kita . Sebab kita punya Ilmu akan bermanfaat untuk kehidupan manusia di dunia akherat , sedangkan kalau kita banyak harta akan menjadi musuh , mengapa ? karena harta menjadi orang banyak yang iri dan dengki.
- Orang banyak Ilmu menjadi Alim dan tidak di juluki kikir , tetapi orang banyak harta bisa jadi mendapat julukan kikir / pelit.
- Ilmu dapat menolong seseorang tetapi harta malah mencelakakan seseorang.
- Orang punya Ilmu tidak akan berkurang , tetapi orang punya harta bisa jadi akan semakin berkurang / surut
- Orang punya Ilmu akan rendah hati tetapi orang punya banyak harta , bisa jadi orang sombong / congkak
- Ilmu dapat menyinari hati sedangkan harta akan menyebabkan hati gelap atau keras.
TIRAI ILLAHI
Setiap
orang yang beriman pasti berharap memiliki hati bersih dan berkilau,
sebab hati yang bersih dapat memantulkan cahaya ruhaniah, kemudian
menjadi penglihatan batin (bashiratul qalbi) dalam memandang keelokan
wujud Allah. Namun cahaya ruhaniah hanya bisa dirasakan oleh orang-orang
yang telah melampaui pergulatan ruhani.
“Bagaimana hati dapat memantulkan cahaya, padahal gambar selain Allah
terlukis dalam cermin hatinya? Atau bagaimana orang dapat berangkat
menghadap Allah, padahal hatinya masih terbelenggu oleh syahwatnya? Atau
bagaimana orang bisa antusias dapat masuk ke hadhirat Allah, padahal
hatinya belum suci dari janabah kelalaiannya? Atau bagaimana bisa
berharap dapat memahami kedalaman rahasia ruhani, padahal belum
bertaubat dari semua kesalahannya?”.
Hati seorang hamba itu sebagai tempat Allah memantulkan cahaya-Nya,
pantulan cahaya itu akan menerangi basyariah (raga) manusia. Jika sumber
cahaya itu diibaratkan matahari, maka bumi yang menerima cahaya dari
rembulan sebagai tempat pantulan cahaya matahari. Cahaya itu akan sampai
ke bumi jika tidak ada hijab berupa awan atau mendung yang menghalangi.
Hati buram
Hati yang selalu diwarnai oleh berbagai persoalan dunia, menjadi buram dan gelap. Jika hakikat dunia disebut zhulmah (gelap), maka wujud Allah diibaratkan sumber cahaya yang menerangi hati. "Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi"
(An-Nuur: 35). Bagaimana hati bisa memantulkan cahaya Ilahi, jika masih
tertutup oleh keadaan dan lukisan-lukisan dunia. Karena hati yang
tertutup oleh awan dunia pasti jadi gelap gulita. Pada dasarnya, gelap
dan terang itu suatu keadaan tak terpisah sekaligus tak bisa disatukan.
Jika dianalogikan: Wujud gelap karena cahaya ada di baliknya, disebut
terang karena cahaya beserta dengan gelap. Tetapi gelap dan terang
hakikatnya satu namun tak menyatu, bisa juga dimaknai sebagai dua wujud
tak terpisahkan.
Tatkala hati tidak mampu melihat dengan bashiratul qalbi
(penglihatan hati), pasti ada yang menghalangi sumber cahaya tersebut,
sehingga hati tidak dapat memantulkan cahayanya. Yang menghalangi wujud
Allah ialah pandangan dan rasa kemanusiaan (basyariah) pada setiap wujud selain-Nya. Jika hati orang yang menuju Allah (salik)
ada rasa cinta dan ambisi untuk memiliki dan menguasai sesuatu, maka
rasa terhadap sesuatu itu juga tirai atau hijab. Kendatipun sesuatu itu
hakikatnya tidak ada, tapi rasa basyariah yang mengusung sesuatu menjadi
gambar dan lukisan di dalam hati, itulah hakikat Hijab!
Belenggu syahwat
Hati yang sarat dengan lukisan dunia akan menimbulkan letupan-letupan
syahwat kehidupan. Hembusan angin gairah mengobarkan api tamak, menjilat
dan membakar akal. Puing-puing nafsu berserakan menjadi sampah ruhani.
Asap cinta memenuhi hati, menjelma rangkaian tali-tali pengikat yang
membelenggu perjalanan (menuju Allah).
"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa
yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari
jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah
ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat
kembali yang baik"(Ali 'Imran: 14).
Pada hakikatnya, fasilitas hidup yang Allah sediakan di dunia adalah
tali-tali syahwat yang dapat menjerat hati. Keindahannya sebatas
fatamorgana dan kenikmatannya mengukir persoalan hidup bagi orang yang
berjalan menuju Allah. Persoalan demi persoalan datang silih berganti
menghimpit hati dan melelahkan jiwa. Kendatipun harus dimaknai setiap
persoalan sebagai ujian dan cobaan, yang semestinya tidak menghalangi
perjalanan, namun tidak banyak yang mampu memahami.
"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan
(yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan" (Al Anbiyaa': 35).
Kehidupan dunia bagi orang yang beriman adalah penjara. Maka siapa pun
yang tidak mampu membebaskan diri dari penjara tersebut, niscaya akan
terbelenggu oleh syahwat rasa memiliki dan menguasai yang berujung pada
kegelisahan, seperti dihantui rasa takut kehilangan sesuatu yang
dicintai.
Kemudian, bagaimana bisa berangkat menuju Allah jika tidak mampu
melepaskan diri dari tirai syahwat yang membelenggu. Padahal Allah sudah
memberi jalan kepada hamba-hamba-Nya untuk "berniaga ruhani", dengan
imbalan keuntungan berupa pembebasan diri (manusia) dari belitan syahwat
dan penderitaan.
"Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu
perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu
beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan
harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam
jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke
tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan
yang besar" (Ash Shaff: 10-12).
Mandi ruhani
Pergualatan ruhani untuk mencapai "mahligai ilahi" adalah sebuah
perjuangan bagi orang-orang yang merindukan perjumpaan dengan Rabbnya
(baca: Allah). Namun perjuangan itu tak akan ada hasilnya, bila tidak
disertai persiapan matang.
Bekal yang harus disiapkan untuk menuju kepada Allah antara lain adalah:
Taqwa sebagai bekal, zikir sebagai senjata, semangat sebagai kendaraan,
mursyid sebagai pembimbing, dan yang terakhir adalah saudara seiman
sebagai teman seperjalanan. Persiapan tersebut harus dirangkai dengan
pengabdian melalui media basyariah (raga) dan nafsaniah (jiwa).
Maka hati yang bersih dari berbagai kotoran dunia yang membuat lalai,
menjadi syarat penting menuju Allah. Membersihkan hati sama dengan
"mandi ruhani" (janabat), mengawalinya dengan sikap batin tidak syirik,
dilanjutkan ibadah lahiriah (amalan shalih).
"Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri, (dengan
cara) dia ingat nama Tuhannya (zikir), lalu dia sembahyang (hubungan
yang mesra)" (Al A'laa: 14-15).
Sikap tenang dalam menghadapi berbagai persoalan hidup, adalah tanda dari orang yang hati dan jiwanya sudah bersih.
"Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang
puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,
masuklah ke dalam syurga-Ku" (Al Fajr: 27-30).
Ampunan
Harapan setiap orang yang menuju Allahd adalah kemampuan memahami
ilmu-ilmu-Nya yang menjadi pelita perjalanan. Karena ilmu itu sebagai
jembatan untuk mencapai amal ibadah yang sempurna. Amal ibadah juga bisa
jadi jembatan (dengan izin-Nya) untuk meraih ilmu-ilmu yang ada pada
rahasia Allah (laduni). Namun untuk menyentuh rahasia ruhani yang halus
dan penuh metafor (kinayah), harus melalui tahapan pembersihan hati dan
jiwa dari maksiat lahir maupun batin (taubatan nasuha).
"Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang
yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka
bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah
taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana" (An Nisaa': 17).
Tak ada satu pun manusia yang terlepas dari dosa masa lalu, juga tak ada
jaminan terbebas dari kesalahan-kesalahan yang akan datang, kecuali
Nabi Besar Muhammad saw. yang sudah jelas Ma'sum(terpelihara). Namun
Allah tetap membuka pintu taubat untuk setiap dosa hamba-Nya, kecuali
dosa syirik.
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia
mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang
dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia
telah berbuat dosa yang besar" (An Nisaa': 48).
Ampunan Allah akan mengalir laksana sumber air yang tak ada habisnya,
tentu ditujukan kepada orang yang bersungguh-sungguh membersihkan hati
dari sampah dunia yang membuat lupa pada Allah.
"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan
taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu
akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah
yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak
menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya
mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka
mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan
ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu"(At Tahrim: 8).
Proses pertaubatan dilalui dengan rangkaian: menyesali, berhenti dan
berjanji untuk tidak mengulanginya, kemudian dilanjutkan dengan
melaksanakan ibadah ritual, baik yang fardhu (wajib) maupun yang nawafil
(sunah). Jika proses pertaubatan telah dilalui, maka tidak menutup
kemungkinan Allah akan membukakan rahasia-rahasia ruhaniah-Nya yang
penuh metafor. Tak ada yang dapat menyentuh wilayah ruhani, kecuali
orang-orang yang telah dibersihkan hatinya. Dengan demikian bisa pula
dimaknai, kebersihan hati merupakan kunci untuk membuka gerbang alam
ruhani.
Hijab
Berjalan menuju Allah tidak sama dengan perjalanan dari suatu tempat ke
tempat lain, seperti pergi ibadah haji misalnya. Jika berjalan menuju
rumah Allah (Ka'bah) disebut "haji syari'at", maka berjalan menuju Allah
bisa disebut "haji hakikat". "Barangsiapa mengharap perjumpaan
dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan
janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya"
(Al Kahfi: 110).
Berjalan menuju Allah butuh persiapan yang baik dan benar, tidak cukup
hanya berbekal semangat yang membara, tanpa persiapan lahir dan batin.
Bila persiapan yang dimiliki tidak optimal, maka tidak menutup
kemungkinan akan terjebak di rimba nafsu yang akhirnya menjadi hijab
antara dirinya dengan Allah. Meskipun pada hakikatnya Allah itu tidak
terhijab oleh sesuatu apapun, bahkan Allah sendiri yang membuat hijab
untuk menutupi diri-Nya dengan wujud yang fana (tidak ada) " Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah" (Al Qashash: 88).
Persoalan hijab pada dasarnya hanya masalah rasa dan pandangan manusia
dalam memaknai sesuatu. Akan ada wujud hijab, bila dipandang secara
hissy (materi). Tetapi hijab itu jadi tidak ada, ketika dilihat secara
maknawi. Karena pada hakikatnya selain Allah itu tidak ada.
"Setiap sesuatu itu binasa (fana) dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan" (Ar Rahmaan: 26-27).
Ibnu 'Athoillah menjelaskan di dalam Hikamnya: “Di antara bukti-bukti
yang menunjukkan kepadamu adanya kekuasaan Allah yang luar biasa, ialah
dapat menghijabimu dari melihat kepada-Nya dengan hijab yang tidak ada
wujud sertanya”.
Beliau juga merangkai ketakjuban dalam untaian kalimat indah berikut ini:
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia yang menampakkan segala sesuatu.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia yang tampak nyata dengan segala sesuatu.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia yang terlihat di setiap sesuatu.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia yang tampak pada tiap-tiap sesuatu.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia yang nyata sebelum adanya tiap-tiap sesuatu.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia lebih jelas dari segala sesuatu apapun.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia Esa, tidak ada sesuatu apapun bersama-Nya.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal Dia lebih dekat kepadamu dari segala sesuatu.
- Bagaimana mungkin dapat dibayangkan Allah terhijab oleh sesuatu, padahal andaikan tak ada Dia, niscaya tak akan ada segala sesuatu.
Tak ada hijab
Dapat ditarik kesimpulan, bahwa pada hakikatnya Allah itu tidak terhijab oleh sesuatu apapun, sebab keberadaan sesuatu yang bersifat adamiyah tidak mungkin dapat menghijabi Allah. Bahkan sebaliknya, makhluk yang bernama manusia itulah yang terhijab, sehingga tidak dapat melihat adanya Allah. Sebab sekiranya ada sesuatu yang mampu menghijabi Allah, berarti sesuatu itu dapat menutupi wujud Allah. Jika ada yang mampu menutupi-Nya, berarti wujud Allah dapat terkurung oleh sesuatu yang mengurung-Nya, maka sesuatu yang terkurung, sudah pasti dapat dikuasai oleh yang mengurung. Maha Suci Allah dari sangkaan orang-orang yang jahil (bodoh), padahal Allah yang berkuasa atas semua makhluk-Nya.
Para ‘arifin billah berkata: "Segala sesuatu selain Allah pada hakikatnya tidak ada". Maksudnya, keberadaan Allah tidak dapat disamakan dengan sesuatu apapun. Wujud sesuatu selain Allah tak ubahnya wujud bayangan yang selalu bergantung kepada yang memberi bayangan. Melihat bayangan tanpa mengetahui sumber bayangan, berarti terhijab oleh sesuatu yang hakikatnya tidak ada.
Wallahu alam bisowab...
Semoga bermanfaat buat diriku dan sahibku semuanya...
Selamat beraktifitas berselimut dzikrullah...
No comments:
Post a Comment