Friday, October 19, 2012

MAKNA BISMILLAH

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله





Bismillaahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillaahi wahdahu laa syariikalahu washshalaatu was salaamu ‘alaa rasuulillaaahi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa man wa laahu laahawla wa laa quwwata illaa billaahi.
Asyhadu al laa ilaaha illallahu allaahu wahdahu laa syariikalahu wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu ammaa ba’du.

"Faqaalasysyakhus siraajul ‘aarifu qad allaftu kitaaban almusamma bi ushuulil ma’rifati wat tawhiidi wa ja’altuhaa abwaaban albaabul awwali fii bayaani tafsiimil bismillaahi ay ‘ilmal bismillaahi wasirra ahruu fihaa liannahaa ibtidaau kulliamrin waghayatuhaa wa ibtidaau kulli kitaabin minal qur aanil kariimi ilaghayrihaa."

Artinya :

"Syekh Siroj ‘Arif Billah berkata," Didalam kitab Ushulul Ma’rifat ini disebut juga sebagai kitab Ushulut Tauhid. Dan kitab ini terdiri dari beberapa bab/pasal.Dan disalah satu babnya menerangkan tentang Lafadz   Bismillah,yaitu menerangkan tentang makna isi dari  Bismillah dan menerangkan  makna tiap-tiap huruf dari lafadz Bismillah. 
Karna sesungguhnya  kalimat Bismillah merupakan awal dari memulainya semua perkara dan menjadi semua kunci perkara.Dan juga menjadi awal dari semua kitab ,yaitu kitab Al-Qur'an dan kitab yang lainnya." 


Jadi kalau kalian mau mengetahui sejatinya Allah SWT,maka harus mengetahui makna/isi kandungan dari   lafadz Bismillah.
-Kalau kalian ingin mengetahui seisi alam,maka harus mengetahui isinya  Bismillah.
-Kalau kalian ingin mengetahui isinya hakekat ilmu,maka harus mengetahui isinya  Bismillah.
-Kalau kalian ingin mengetahui isi bunganya ilmu,maka harus mengetahui isinya  Bismillah.
-Kalau kalian ingin mengetahui buahnya ilmu,maka harus mengetahui isinya  Bismillah.
-Kalau kalian ingin mengetahui pedomannya ilmu,maka harus mengetahui isinya  Bismillah.
-Kalau kalian ingin mengetahui tentang banyaknya ilmu,maka harus mengetahui isinya Bismillah
-Kalau kalian ingin mengetahui ilmunya sholat,maka harus mengetahui isinya Bismillah


Segala permasalahan secara lahir maupun bathin semuanya sudah terkumpul didalam kalimat  Bismillah.
Sebagai permulaan baik pria maupun wanita hendaknya wajib memahami kandungan isi  lafadz Bismillah. Kalau kalian sampai tidak mengetahui makna Bismillah ,kelak bisa menjadi kafir.

Sesungguhnya mata dan hati manusia dipenuhi angan-angan.Oleh karena itu banyak manusia yang belum bisa mencapai tahapan  ma’rifat billah secara sempurna, walaupun mereka terlihat taat,alim dan rajin beribadah serta mempunyai seribu guru dan seribu kitab atau sudah mempunyai banyak murid dan juga bisa berjalan diatas air tanpa perahu,bisa menembus dan mengelilingi bumi bisa terbang diatas awan dan tidak terbakar oleh panasnya api,bisa menghilang dari penglihatan orang lain,dan ibadahnya lebih khusyuk serta mudah memenuhi kebutuhan hidup sesuai kemauannya,tetapi  anehnya orang-orang tersebut tidak mengetahui kandungan isi   lafadz Bismillah, maka orang tersebut disebut  kafir ‘Ibdallah.

Walaupun orang itu turunan dari Kyai atau Wali,tapi tidak mengetahui isinya Bismillah,maka orang tersebut masih tetap  kafir ‘ibdallah, dan islamnya masih ‘Indannas.
Kalau kita sudah mengetahui dan bisa memahami serta merealisasikan isinya Bismillah dan  isi hurupnya dari lafadz Bismillah . Meskipun orang tersebut turunan  Jawa atau turunan Cina atau turunan Barat atau turunan Dayak,Raksasa / Jin,maka orang tersebut sudah Islam ‘Indallah.

Oleh karena itu apabila kalian ingin menjadi seorang Islam ‘Indallah ,maka harus mengerti dulu arti dan kandungan isinya  Bismillah.Kalau tidak tahu,nanti tidak syah semua amal ibadahnya dan  tobatnya pun tidak diterima oleh Allah SWT.

Kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim dirangkum menjadi  BISMILLAH,dirangkum lagi menjadi BISMI
.
Didalam kitab ini yang dijelaskan tentang rangkuman BISMI ,yaitu huruf ALIF ,BA,SIN DAN MIM.


1.MENERANGKAN HURUF  ALIF

Huruf Alif  didalam lafadz Bismillah sebenarnya Alif  Ahadiyah. Dan disebut juga Alif dzatulwahid.
Alif  sebagai  tanda adanya alam Ahadiyah,yaitu  tanda adanya  dzat sejati.
Dan  sebagai bukti nyata hanya ada Allah semata tidak ada yang lainnya. Yang mempunyai  Cahaya Kehidupan. Yaitu Hidup yang Menghidupi yang disebut  Banyu Nur Alif (Air Cahaya Alif) atau disebut juga dengan  Banyu sejati (Air Sejati) atau  Ratu Ning Banyu (Penguasa Air).

Dan juga dinamakan  Allah Yang Hidup atau Satu Rupa Yang merupakan tempat Menyatunya antara Hidup dan Mati.
Didalam alam ini masih berupa wujud mahdhi/ wujud dzat sejati/ wujud tunggal, hidup tunggal, rasa tunggal ,belum ada yang lainnya dan disebut LATA'YUN  ,yaitu Dzat yang  wujud dengan sendirinya tanpa ada yang mewujudkan,hidup sendiri tanpa ada yang menghidupkan.
Dalilnya terdapat  didalam kitab suci Al Qur’anul Karim , "Qul huwallahu ahad"  artinya  Katakanlah Wahai Muhammad kepada seluruh umat,kalau sebenarnya Allah SWT adalah dzat tunggal,rasa tunggal/Esa   yang menjadikan alam dunia dan seisinya .


2.MENERANGKAN HURUF BA

Huruf  Ba didalam  lafadz  Bismillah  menunjukkan adanya  alam Wahdah. Adanya alam wahdah menunjukkan sifat  sejati. Dan disebut  Sejatinya Muhammad. atau  Hakekat Muhammadiyah.
Dan juga disebut  nyatanya  Dzatullah, adanya sejati Nurullah, dan disebut sejatinya Nur Muhammad, dan   nyata kenyataannya Allah yang telah menjadikan seluruh alam dunia.

Jadi harus mengertilah bahwa Alif didalam lafadz Bismillah adalah yang menjadikan semua hidup dan semua ruh . Sedangkan huruf  Ba yang menjadikan wujud nyata semua alam . Oleh karena itu  hidupnya semua alam dunia dikarenakan adanya Alif  (Bathin) dan  Ba (Dhohir) didalam lafadz Bismillah.
Karena itu Alif  dan Ba didalam  lafadz bismillah itulah yang menjadi  BAPAK dan IBU seluruh Alam dunia.

Dan  Alif  lafadz  Bismillah itu disebut  Nurullah sedangkan  Ba  lafadz  Bismillah  itu disebut  sejatinya  Nur Muhammad .Kemudian  Nurullah dan Nur Muhammad menyatu menjadi satu kesatuan yang tak terpisah sehingga tidak dapat lagi dibedakan.
Didalam kehidupan nyata berkumpulnya  Nurullah dan Nur Muhammad disebut sebagai kumpulnya antara pria sejati dan wanita sejati yang disebut sebagai  Nur Ma’an.

Dalilnya ada didalam  kitab suci Al-Qu’anul Karim : "Nuurun ‘ala nuurin yahdillaahu linuurihi man yasyaau yakhribullaahul amtsaala linnaasi wallaahu bikulli syaiun ‘aliim."

Dengan adanya Nur tersebut,sebenarnya Allah SWT ingin memberitahukan kepada semua makhluk ciptaan-Nya dan  agar manusia mengetahui bahwa sebenarnya DIA maha mengetahui terhadap semua ciptaan-Nya. 


3.MENERANGKAN HURUF SIN

Huruf  Sin didalam  lafadz  Bismillah itu menunjukkan adanya alam  wahidiyat, yaitu adanya ilmu yang tiga dan Asma yang tiga pula. 
Yang disebut dengan ilmu yang tiga adalah :
-Ahadiyat, 
-Wahdat, 
-Wahidiyat. 

Dan yang disebut Asma yang tiga adalah :
-Allah, 
-Muhammad, 
-Adam. 

Sesungguhnya  Allah SWT adalah Dzat Sejati, Muhammad adalah  Sifat Sejati, dan  Adam adalah  Asma Sejati ,yaitu  nyatanya  Rasul.
Rasul adalah  Nur yang hidup dari  Nurullah  yaitu  nyatanya Adam. Dan Adam yang menjadi  Bapaknya  semua manusia  dibumi ini



4.MENERANGKAN HURUF MIM

Huruf  Mim didalam  lafadz  Bismillah menunjukkan adanya  Roh Idlafi. Dan Roh Idlafi menyatakan adanya manusia sejati, dan menunjukkan adanya  af’al sejati. 

Rangkaian Huruf  Sin dan Mim menunjukkan adanya Alam Arwah ,Alam Misal, Alam Ajsam dan  Alam Insan Kamil , yaitu  nyatanya  Asma Allah yang merupakan  asma dzat mutlak. 
Nyatanya  Muhammad  adalah sebagai  pengganti dzat yang nyata. Sehingga sejatinya  Allah adalah Dzat nyata yang diwujudkan didalam  Muhammad. Dan disebut  dhohirnya  Muhammad  tetapi  Hakekatnya ALLAH atau Nyatanya  Allah Ta’ala.

Nyatanya  Muhammad yaitu nyatanya Alam Ajsam yaitu nyatanya asma rasul dan rupanya Adam Idlafi.
Yang menjadi  badan dan  nyawa / Rasa Tunggal.  Dan bagi yang mengetahui arti dua kalimat syahadat berarti sudah mengerti sejatinya Allah dan mengerti sejatinya Muhammad, mengerti sejatinya dhahir dan mengerti sejatinya bathin,yaitu dhahirnya nabi bathinya  wali,dhahirnya Muhammad bathinya Allah.  Dan disebut  jasad Muhammad hidupnya adalah Allah. Dan yang sudah  mengerti  sejatinya  badan dan mengerti  sejatinya hidup,yaitu nyata sejatinya bapak dan ibu. 

Sifat Jalal itu Nurullah yaitu lanang ( Pria) sejati dan sifat Jamal itu Nur Muhammad yaitu wadon(Wanita) sejati . Sifat Jalal itu kuasa mengeluarkan besi. Sifat Jamal itu kuasa mengeluarkan batu.
Bercampurnya  besi dan batu menjadi  api. 
Ibaratnya api  itu adalah bercampurnya  raga dan hidup/jasad dan ruh . Dan tidak akan ada anak kalau tidak ada ibu dan bapak.. 
Dan tidak akan ada  Wahidiyah kalau tidak ada Ahadiyah dan Wahdah. 
Jadi  Ahadiyah melahirkan Wahdah,Wahdah melahirkan  Wahidiyah, Wahidiyah melahirkan semua alam yang lainnya . 
Ahadiyah maqamnya dzat Wahdah maqamnya  sifat Wahidiyah maqamnya  asma  semua  yang ada dialam maqamnya Af’al dan tidak mungkin ada af'al bila tidak ada asma. Tidak ada  asma kalau tidak ada sifat ,sebab semua af'al , Asma, Sifat adalah hakekatnya  Dzat. 
Jadi apabila hamba sudah bisa fana’ Dzat dan fana’ Sifat serta  fana’ Af’al, akan bisa  Kamal. 
Kalau sudah bisa Kamal akan bisa Qohar. yaitu keadaan  dhahir dan  bathin sudah bisa  kumpul  menjadi satu .
Makanya kalian harus mengerti berkumpulnya antara jasad, roh, rasa Allah yang mendalam itu seperti bercampurnya  pria dan wanita. 

[ Kitab Ushulul Ma'rifat  terjemah : SYEKH HAJI MUHAMMAD SIROJ ARIF BILLAH ]
Enhanced by Zemanta

No comments: