Thursday, October 18, 2012

Hati

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله


HATI SANUBARI DAN HATI NURANI

Hati terbagi menjadi 3 jenis yaitu:
1 Hati sanubari yaitu mereka ini adalah yang mencintai dunia (Hubbu Dunia)2 Hati sanubari dan Hati Nurani yaitu mereka yang memiliki dua hati yaitu di antara Hati Sanubari dan Hati Nurani, juga masih kasih kepada dunia3 Hati Nurani adalah mereka yang tidak mencintai dunia
Adapun hati sanubari atau jantung Sanubari itu, adalah terkletak 2 "di bawah tetek kiri dan 90 derajat letaknya di sebelah kiri. Termasuk sanubari yang dimiliki pleh semua manusia dan binatang.

 
Hati Sanaburi ini di kaitkan ke dua yaitu:a) Bangsa Hewanb) Bangsa setan.
Adapun bangsa hewan atau jiwa kotor itu adalah di kenali dengan:a) Nafsu Ammarah - rupanya anjing hitamb) Nafsu Lawammah-rupanaya babic) Nafsu sawiah - rupanya kambing
Adapun bangsa setan itu adalah:a) Namanya Ajmaunb) Namanya Hawac) Namanya Syahwat dll
Adapun orang-orang yang hanya memiliki hati sanubari itu memiliki derejat:a) taraf Hewanb) taraf Iblis
 
Adapun isi dan sifat hati sanubari itu adalah:a) Biadapb) Bohongc) Chuvenismed) Darah hitame) Dengkif) Dustag) Egoismeh) Hawai) Lawammahj) Lobak) Mungkir janjil) Tamak
Maka hati sanubari ini adalah alami yang bernama makhluk. Ia bisa dilapah dan dimakan, karena segumpal daging zahir tempat nafsu yang hina.

Hati Nurani
Hati Nurani itu tidak dimiliki oleh setiap makhluk, tetapi diinginkan manusia bersifat demikian rupa. Hati nurani atau hati jamal (Mukmin) ini dikenal dengan nama-nama seperti:a) Nafsu Mulhimah adalah menjadi perangai malaikat dan nyawa malaikatb) Nafsu Mutmainnah atau Roh Mutamainnah yang tarafnya jadi jadi nafsu nabi dan perangainya jadi perangai nabi.
Maka Hati Nurani inilah yang diinginkan kepada setiap muslim yang mengucap kalimat Allah.
Hati manusia ini, ia diibaratkan sebagai sebuah negeri yang ada dua raja. Bila hati itu baik dinamakan Hati Malaikat. Kapan jahat dinamakan hati iblis. Alangkah susahnya kalau satu negeri ada dua raja, maka jadilah hati itu berbolak-balik karena diperintah oleh dua raja, maka di sinilah dikatakan perang Fisabilillah, karena nilai manusia di sisi Allah adalah hati Nurani yang bersih yang tidak setititk pun terdapat noda-noda hitam.
Firman Allah Ta'ala:"Hari yang tidak ada gunanya harta dan anak-anak, hanya yang Allah anugerahkan kepada Hati Yang Salim (hati Nurani)"
Sabda Rasulullah saw:"Bahawasnya Allah tidak memandang kepada pakaian dan rupa paras kamu, melainkan memandang hati kamu yang bersih (hati nurani)"
Maka untuk mengenali hati dan hati supaya jadi nurani atau hati Mukmin Rumah Allah, terpaksalah dengan adanya Ilmu hati yang dinamakan Ilmu tasawwuf, tanpa ilmu tasawwuf, hati seseorang itu tidak akan bersih, karena setiap satu ilmu yang jadi rahasia Tuhan adalah memiliki tingkat- tingkat dan aturan-aturan menurut pelajaran Ilmu rahasia Tuhan.Maka dasar ilmu rahasia Tuhan adalah menegnali Ilmu Rohani yang sebenar-benar Rohani yang suci yangr kelas Amar rabbi.
Sebagaimana yang di nyatakan dalam Firman Allah Ta'ala:"Bertanya mereka itu orang-orang Yahudi kepada engkau dari Roh, katakanlah oleh mu Ya Muhammad, untuk" roh itu adalah urusan Tuhan ku "
Barangsiapa yang tidak mengerti dan mengalami apa dia Rohani, yaitu Dirinya yang menjadi hakikat itu, tentulah tidak akan melangkah ke depan.Bahwa dengan mengetahui Rohani yang sebenarnya, maka tidak ada lagi tereqat padanya, karena tareqat itu hanya jalan, maka jalan itu membawa ke tempat yang di tuju, maka tempat yang dituju itu adalah hakikat diri masing-masing.Dengan mengenal Rohani yang sebenarnya dan Rohani yang sempurna yang dinamakan A'ayan sabitah, maka seseorang itu akan maju lagi selangkah ke depan berkenaan Ilmu tauhid kepada Allah Taala yang sebenarnya benar tauhid. Bukan tauhid pada orang-orang sipil atau anggota syari'at atau anggota tareqat. Maka setelah menegenal rohnya maka di sanalah mendapat hasil dinamakan hakikat dan makrifat.

Celik hati
1 Orang-orang yang memiliki hati Fu'ad adalah taraf Islam. Dan inamakan anggota makrifat Fu'ad. Itu adalah adalah ahti yang benar
2 Orang-orang yang memiliki hati Kalbun adalah tarafnya Mukmin. Dan dinamakan makrifat Kalbun. Hatinya adalah suci.
3 Orang-orang yang memiliki kalbi. Tarafnya Mukmin, dinamakan ahli makrifat Kalbun. Hatinya adalah terlebih suci.
4 Orang-orang yang memiliki hati rohani adalah orang mukmin atau dinamakan Anggota makriftat Roh, jumlah penghuni surga, sebagaiamna mereka yang telah ada memiliki dua mata hati yang melek atau dinamakan hati yang melek
5 Orang yang memiliki hati Roh Rabbani, tarafnya ahli sufi, itulah yang semulia-mulianya.

Enhanced by Zemanta
Post a Comment