Saturday, August 25, 2012

Kuburan 70 Nabi di Masjid Khaif

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

Kuburan 70 Nabi di Masjid Khaif

Tanya : Apakah benar riwayat yang menyatakan bahwa Masjid Khaif itu di dalamnya ada makan 70 orang Nabi ? dan apakah bisa dijadikan dalil boleh mendirikan masjid di atas kubur dan shalat di dalamnya ?.
Jawab : Alhamdulillahi rabbil-‘aalamiin wash-shalaatu was-salaamu ‘alaa nabiyyinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa ashhaabihi wa man tabi’aum bi-ihsaan ilaa yaumid-diin, wa ba’d. Akan coba saya jawab – dengan mengharapkan pertolongan Allah – sebagai berikut :
Al-Bazzaar rahimahullah berkata :

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُسْتَمِرِّ الْعُرُوقِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُحَبَّبٍ أَبُو هَمَّامٍ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ قُبِرَ سَبْعُونَ نَبِيًّا ".
Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-Mustamir Al-‘Uruuqiy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhabbab Abu Hammaam : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Thahmaan, dari Manshuur, dari Mujaahid, dari Ibnu ‘Umar : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Di masjid Khaif, telah dikubur tujuhpuluh orang Nabi” [Kasyful-Astaar no. 1174].
Diriwayatkan juga oleh Abu Ya’laa sebagaimana disebutkan Ibnu Hajar[1] dalam Al-Mathaalibul-‘Aliyyah no. 1332, Al-Faakihiy[2] dalam Akhbaar Makkah no. 2594, Ath-Thabaraaniy[3] dalam Al-Kabiir no. 13525, dan Abu Thaahir as-Silafiy[4] dalam Al-Haadiy wal-‘Isyruun minal-Masyaikah Al-Baghdaadiyyah no. 9; semuanya dari jalan Muhammad bin Muhabbab Abu Hammaam Ad-Dalaal, selanjutnya seperti riwayat di atas. Kecuali dalam riwayat As-Silafiy, Ad-Dalaal membawakan secara mursal pada Manshuur (tanpa menyebutkan perantara Ibraahiim bin Thahmaan).
Berikut keterangan para perawinya :
1.     Muhammad bin Muhabbab bin Ishaaq Al-Qurasyiy, Abu Hammaam Ad-Dalaal Al-Bashriy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 221 H. Dipakai oleh Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 893 no. 6305].
2.     Ibraahiim bin Thahmaan bin Syu’bah Al-Khurasaaniy, Abu Sa’iid Al-Harawiy; seorang yang tsiqah, yughrib. Termasuk thabaqah ke-7, dan wafat tahun 168 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 109 no. 191].
3.     Manshuur bin Al-Mu’tamir bin ‘Abdillah bin Rabii’ah, Abu ‘Attaab Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 132 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 973 no. 6956].
4.     Mujaahid bin Jabr, Abul-Hajjaaj Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy; seorang yang tsiqah lagi imam di bidang tafsir. Termasuk thabaqah ke-3 dan wafat tahun 101/102/103/104 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 921 no. 6523].
5.     ‘Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhumaa, adalah salah seorang shahabat Nabi yang mulia.
Dhahir sanadnya adalah shahih. Namun beberapa muhaqqiq/peneliti mengkritiknya dan menghukuminya ma’lul dengan alasan bahwa dalam jalan riwayat lain dibawakan dengan lafadh : ‘shalat di masjid Khaif tujuhpuluh Nabi’. Riwayat tersebut adalah :
1.     Dari jalan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu :
قَالَ مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ، حَدَّثَنِي عَطَاءٌ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: " صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا، وَبَيْنَ حِرَاءَ وَثَبِيرٍ سَبْعُونَ نَبِيًّا
Musaddad berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa, dari ‘Abdul-Malik : Telah menceritakan kepadaku ‘Athaa’, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Telah shalat di masjid Khaif tujuhpuluh orang nabi. Antara Hiraa’ dan Tsabiir ada tujuhpuluh orang nabi” [Diriwayatkan oleh Musaddad sebagaimana dibawakan Ibnu Hajar dalam Al-Mathaalibul-‘Aliyyah no. 1331].
Berikut keterangan para perawinya :
a.      Musaddad bin Musarhad bin Musarbal bin Mustaurid Al-Asadiy Abul-Hasan Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi haafidh. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 228 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 935 no. 6642].
b.      Yahyaa bin Sa’iid bin Farruukh Al-Qaththaan At-Tamiimiy; seorang yang tsiqah,mutqin, haafidh, imaam, lagi qudwah. Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 198 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1055-1056 no. 7607].
c.      ‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Juraij Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abul-Waliid atau Abu Khaalid Al-Makkiy - terkenal dengan nama Ibnu Juraij; seorang yang tsiqah, faqiih, lagi faadlil, akan tetapi banyak melakukan tadlis dan irsal. Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 150 H, atau dikatakan setelahnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 624 no. 4221].
d.      ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah (namanya Aslam) Al-Qurasyiy Al-Fihriy, Abu Muhammad Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, faqiih, lagi faadlil, akan tetapi banyak melakukan irsal. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 114 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 677 no. 4623].
e.      Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, salah seorang shahabat Nabi yang mulia.
Riwayat ini shahih.
2.     Dari jalan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي خَيْثَمَةَ، قَالَ: نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ هَاشِمٍ الطُّوسِيُّ، قَالَ: نَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا.....
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Abi Khaitsamah, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Haasyim Ath-Thuusiy, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Fudlail, dari ‘Athaa’ bin As-Saaib, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Telah shalat di masjid Khaif tujuhpuluh orang nabi....” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath no. 5407 dan dalam Al-Kabiir 11/452-453 no. 12283].
Berikut keterangan para perawinya :
a.      Muhammad bin Ahmad bin Abi Khaitsamah Zuhair bin Harb, Abu ‘Abdillah An-Nasaa’iy. Al-Khaathib berkata : “Ia seorang yang mempunyai pemahaman dan pengetahuan”. Ibnu Kaamil berkata : “Ada empat orang yang aku senangi keberadaannya : Abu Ja’far Ath-Thabariy, Al-Barbariy, Abu ‘Abdillah bin Abi Khaitsamah, dan Al-Ma’mariy. Aku tidak pernah melihat orang yang lebih paham dan lebih hapal daripada mereka”. Wafat tahun 297 H [Taariikh Baghdaad, 2/137-139 no. 122].
b.      ‘Abdullah bin Haasyim bin Hayyaan Al-‘Abdiy, Abu ‘Abdirrahmaan/Abu Muhammad Ath-Thuusiy Ar-Raadzakaaniy; seorang yang tsiqah shaahibul-hadiits. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 255 H. Dipakai oleh Muslim [Taqriibut-Tahdziib, hal. 553-554 no. 3699].
c.      Muhammad bin Fudlail bin Ghazwaan bin Jariir Adl-Dlabbiy, Abu ‘Abdirahmaan Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 295 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 889 no. 6267].
d.      ‘Athaa’ bin As-Saaib bin Maalik/Zaid/Yaziid, Abu Muhammad/Saaib/Zaid/Yaziid Ats-Tsaqafiy Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq, namun mengalami ikhtilath (di akhir usianya). Termasuk thabaqah ke-5, dan wafat tahun 136 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 678 no. 4625]. Namun yang benar ia seorang yang tsiqah, dan ia dikritik karena ikhtilaath-nya di akhir usianya. Riwayatnya sebelum ikhtilaath adalah shahih [Tahriir At-Taqriib, 3/14-15 no. 4592 dan Al-Mukhtalithiin hal. 82-84 no. 33].
e.      Sa’iid bin Jubair bin Hisyaam Al-Asadiy Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faqiih. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 95 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 374-375 no. 2291].
f.      Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, salah seorang shahabat Nabi yang mulia
Diriwayatkan juga oleh Al-Faakihiy[5] dalam Akhbaar Makkah no. 2593 dan Adl-Dliyaa’[6] dalam Al-Ahaadiitsul-Mukhtarah no. 3638 dari jalan Muhammad bin Fudlail bin Ghazwaan.
Muhammad bin Fudlail bukan termasuk perawi yang dinashkan para ulama mendengar riwayat ‘Athaa’ bin As-Saaib sebelum ikhtilaath-nya.
Diriwayatkan secara mauquuf dari Ibnu ‘Abbaas dari dua jalan :
a.      ‘Ikrimah; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Faakihiy[7] dalam Akhbaar Makkah no. 2603 dan Al-Azraaqiy[8] dalam Akbaar Makkah 1/94 & 2/567; semuanya dari jalan Marwaan bin Mu’aawiyyah Al-Fazaariy, dari Asy’ats bin Sawwaar, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu. Semua perawinya tsiqaat, kecuali Asy’ats bin Sawwaar.
Asy’ats bin Sawwaar  Al-Kindiy An-Najjaar Al-Kuufiy Al-Afraq As-Saajiy; seorang yang dla’iif. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat tahun 136 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 149 no. 528].
b.      Miqsam bin Bajrah; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Haakim[9] 2/598 dan darinya Al-Baihaqiy[10] dalam Al-Kubraa 5/177. Sanadnya lemah karena kelemahan Ahmad bin ‘Abdil-Jabbaar dan ‘an’anah Muhammad bin Ishaaq – dimana ia seorang mudallis [Thabaqaatul-Mudallisiin no. 125].
Ahmad bin ‘Abdil-Jabbaar bin Muhammad bin ‘Umair bin ‘Uthaarid bin Haajib bin Zuraarah At-Tamiimiy Al-‘Uthaaridiy; Abu ‘Umar Al-Kuufiy; seorang yang dla’iif, namun penyimakannya terhadap sirah shahih. Termasuk thabaqah ke-10, lahir tahun 177 H, dan wafat tahun 272 H. Dipakai oleh Abu Daawud [Taqriibut-Tahdziib, hal. 93 no. 64].
Dua jalan mauquuf di atas dapat saling menguatkan karena kelemahannya ringan. Oleh karena itu riwayat marfuu’ di atas kemungkinan keliru dengan sebab ikhtilaath ‘Athaa’ bin As-Saaib, sehingga riwayat tersebut dibawa kepada jalan mauquuf.
Kesimpulannya, riwayat mauquuf Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa ini hasan atau bahkan shahih (lighairihi).
Sanad riwayat Abu Hurairah dan Ibnu ‘Abbaas meskipun mauquuf, namun dihukumi marfuu’ (marfuu’ hukman), karena khabar tujuhpuluh orang Nabi pernah shalat di masjid Khaif tidak mungkin berasal dari ijtihad. Wallaahu a’lam. Dua jalur ini sangat kuat mengindikasikan adanya ‘illat dalam riwayat Ibnu ‘Umar di atas, yaitu dalam penyebutan ‘dikubur tujuhpuluh orang Nabi’. Qarinah lain yang dianggap menjadi penguat adanya ‘illat dalam riwayat Ibnu ‘Umar di atas adalah riwayat Mujaahid – yang notabene sebagai pembawa riwayat Ibnu ‘Umar di awal – :
أنبأ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو قَالا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ هُوَ الأَصَمُّ، ثنا يَحْيَى بْنُ أَبِي طَالِبٍ، ثنا عَبْدُ الْوَهَّابِ، أنبأ سَعِيدُ بْنُ أَبِي عَرُوبَةَ أَنَّهُ سَمِعَ مُجَاهِدًا، يَقُولُ: " صَلَّى فِي هَذَا الْمَسْجِدِ مَسْجِدِ الْخَيْفِ، يَعْنِي مَسْجِدَ مِنًى، سَبْعُونَ نَبِيًّا لِبَاسُهُمُ الصُّوفُ، وَنِعَالُهُمُ الْخُوصُ "
Telah memberitakan Abu ‘Abdillah Al-Haafidh dan Abu Sa’iid bin Abi ‘Amru, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Al-Asham : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Abi Thaalib : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab : Telah memberitakan kepada Sa’iid bin Abi ‘Aruubah, bahwasannya ia mendengar Mujaahid berkata : “Telah shalat di masjid ini - masjid Khaif – yaitu masjid Minaa, tujuhpuluh orang Nabi. Pakaian-pakaian mereka dari bulu domba, dan sandal-sandal mereka dari daun kurma” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/420].
Berikut keterangan perawinya :
1.     Muhammad bin ‘Abdillah bin Muhammad bin Hamdawaih bin Nu’aim bin Al-Hakam Adl-Dlabbiy Ath-Thuhmaaniy An-Naisaabuuriy, Al-Haafidh Abu ‘Abdillah Al-Haakim; seorang imam, tsiqah, pemilik banyak tulisan. Lahir tahun 321 H dan wafat tahun 405 H [Ittihaaful-Murtaqiy bi-Taraajimi Syuyuukh Al-Baihaqiy, hal. 460-462 no. 161].
2.     Abu Sa’iid bin Abi ‘Amru, ia adalah : Muhammad bin Muusaa bin Al-Fadhl bin Syaadzaan, Ash-Shairafiy An-Naisaabuuriy; seorang yang tsiqah lagi ma’muun. Wafat tahun 421 H [Ittihaaful-Murtaqiy bi-Taraajimi Syuyuukh Al-Baihaqiy, hal. 500-503 no. 178].
3.     Muhammad bin Ya’quub bin Yuunus bin Ma’qil bin Sinaan, Abul-‘Abbaas – terkenal dengan nama Al-Asham; seorang muhaddits di jamannya, tsiqah, ma’muun, tidak diperselisihkan tentang kejujuran dan keshahihan penyimakan haditsnya [lihat : Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 15/452-460 no. 258].
4.     Yahyaa bin Abi Thaalib, namanya adalah : Yahyaa bin Ja’far bin ‘Abdillah Az-Zibriqaan. Termasuk thabaqah ke-11, lahir tahun 182 H, dan wafat tahun 275 H. Abu Haatim berkata : “Tempatnya kejujuran”. Abu Ahmad Al-Haakim berkata : “Tidak kokoh/kuat”. Muusaa bin Haaruun berkata : “Aku bersaksi bahwasannya ia berdusta”. Adz-Dzahabiy menjelaskan bahwa yang dimaksudkan Muusaa bin Haaruun ini adalah (dusta) dalam perkataannya, bukan dalam riwayatnya. Ad-Daaruquthniy berkata : “Tidak mengapa dengannya. Tidak seorang pun yang mencelanya berdasarkan hujjah”. Al-Khathiib berkata : “Aku pernah bertanya kepada Abu Bakr Al-Barqaaniy tentang Yahyaa bin Abi Thaalib dan Al-Haarits bin Abi Usaamah, lalu ia (Al-Barqaaniy) melebihkan Yahyaa (atas diri Al-Haarits)[11]. Kemudian ia berkata : ‘Abul-Hasan Ad-Daaruqthniy menyuruhkan untuk mengeluarkan riwayatnya dalam Ash-Shahiih”. Al-Haakim dalam Al-Mustadrak berkata : “Tsiqah”. Maslamah bin Al-Qaasim berkata : “Tidak mengapa dengannya, dan orang-orang memperbincangkannya” [lihat : Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 12/619-620 no. 242, Mausu’ah Aqwaal Ad-Daaruquthniy hal. 704 no. 3822, dan Lisaanul-Miizaan 2/262-263 no. 921]. Kesimpulan yang terambil dari perkataan para ulama tersebut ia seorang yang shaduuq, hasan haditsnya. Wallaahu a’lam.
5.     ‘Abdul-Wahhaab bin ‘Athaa’ Al-Khaffaaf, Abu Nashr Al-‘Ijliy; seorang yang shaduuq, namun kadang keliru. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 204 H atau 209 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Khalqu Af’aalil-‘Ibaad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 633 no. 4290].
‘Abdul-Wahhaab, ia adalah Ibnu ‘Athaa’ Al-Khaffaaf; seorang yang diperselisihkan. Ahmad berkata : “Dla’iiful-hadiits, mudltharib” [Mausu’ah Aqwaal Al-Imam Ahmad, 2/399]. Telah berkata ‘Utsmaan bin Sa’iid Ad-Daarimiy dan Abu Bakr bin Abi Khaitsamah, dari Yahyaa bin Ma’iin : “Tidak mengapa dengannya”. Telah berkata Al-Ghallaabiy dari Yahyaa bin Ma’iin : “Ditulis haditsnya”. Dan telah berkata ‘Abbaas Ad-Duuriy dari Yahyaa bin Ma’iin : “Tsiqah”. As-Saajiy berkata : “Shaduuq, namun tidak kuat”. Ibnu Abi Haatim berkata : Aku pernah bertanya kepada ayahku tentangnya, lalu ia menjawab : ‘Tempatnya kejujuran’. Aku bertanya lagi : ‘Apakah ia lebih engkau senangi ataukah Abu Zaid An-Nahwiy dalam riwayat Ibnu Abi ‘Aruubah ?’. Ia menjawab : ‘’Abdul-Wahhaab di sisi mereka bukanlah seorang yang kuat dalam hadits”. Ibnu Sa’d berkata : “Ia seorang yang shaduuq, insya Allah”. Ibnu Hibbaan dan Ibnu Syaahiin menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Ad-Daaruquthniy berkata : “Tsiqah”. Al-Bukhaariy berkata : “Ditulis haditsnya,….aku harapkan (haditsnya dapat dipergunakan sebagai hujjah)”. An-Nasaa’iy dan Ibnu ‘Adiy berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Al-Hasan bin Sufyaan berkata : “Tsiqah”. Al-Bazzaar berkata : “Tidak kuat. Namun para ulama telah membawakan haditsnya” [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 6/450-453 no. 838]. Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq” [Miizaanul-I’tidaal, 2/681 no. 5322]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, kadang keliru” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 633 no. 4290]. Kesimpulannya, ia seorang yang shaduuq.
Catatan : ‘Abdul-Wahhaab mendengar riwayat Ibnu Abi ‘Aruubah sebelum ikhtilaath-nya, dan ia orang yang paling tahu hadits Ibnu Abi ‘Aruubah – sebagaimana dikatakan Ahmad bin Hanbal rahimahumullah.
6.     Sa’iid bin Abi ‘Aruubah Mihraan Al-‘Adawiy, Abun-Nadlr Al-Yasykuriy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah haafidh, mempunyai banyak tulisan, akan tetapi banyak melakukan tadliis dan tercampur hapalannya (di akhir usianya). Ia orang yang paling tsabt dalam periwayatan hadits Qataadah. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat tahun 156 H/157 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 384 no. 2378 dan Ar-Ruwaatuts-Tsiqaat Al-Mutakallamu fiihim bimaa Laa Yuujibu Raddahum oleh Adz-Dzahabiy, hal. 97 no. 37]. Ibnu Hajar memasukkannya dalam thabaqah kedua perawi mudallis [Thabaqaatul-Mudallisiin, no. 50].
7.     Mujaahid bin Jabr, Abul-Hajjaaj Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy; telah lewat keterangan tentangnya.
Kesimpulannya : Riwayat ini sanadnya hasan.
Sa’iid bin Abi ‘Aruubah mempunyai mutaabi’ dari Yaziid bin Abi Ziyaad; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Faakihiy[12] dalam Akhbaar Makkah no. 2320. Sanadnya lemah dikarenakan Yaziid bin Abi Ziyaad.
Yaziid bin Abi Ziyaad; seorang yang dla’iif dari karena berubah hapalannya saat masa tuanya. Termasuk thabaqah ke-5, lahir tahun 47 H, dan wafat tahun 136/137 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1075 no.7768].
Riwayat ini bisa menjadi qarinah ‘illat bahwa sebenarnya riwayat Ibnu ‘Umar di atas lafadhnya : ‘telah shalat tujuhpuluh orang Nabi’.
‘Illat lain, bahwa siyaaq lafadh hadits Ibnu ‘Umar mengindikasikan tafdliil, yaitu dikarenakan Masjid Khaif terdapat kuburan tujuhpuluh orang Nabi. Ini bertentangan dengan banyak hadits dari banyak jalan. Di antaranya :
عَنْ جُنْدَب، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ أَنْ يَمُوتَ بِخَمْسٍ، وَهُوَ يَقُولُ: ..... أَلَا وَإِنَّ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، كَانُوا يَتَّخِذُونَ قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ وَصَالِحِيهِمْ مَسَاجِدَ، أَلَا فَلَا تَتَّخِذُوا الْقُبُورَ مَسَاجِدَ، إِنِّي أَنْهَاكُمْ عَنْ ذَلِكَ "
Dari Jundab, ia berkata : Aku pernah mendengar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam lima hari sebelum wafatnya, bersabda : “.....Ketahuilah, sesungguhnya umat-umat sebelum kalian telah menjadikan kubur nabi-nabi dan orang shalih mereka sebagai masjid. Maka, janganlah kalian menjadikan kuburan sebagai masjid. Sesunguhnya aku melarang kalian melakukan hal tersebut [Diriwayatkan oleh Muslim no. 532, Ibnu Hibbaan 14/334, Al-Haakim 2/549, dan yang lainnya].
عَنْ عَائِشَةَ، وَعَبْد اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ، قَالَا: لَمَّا نَزَلَ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَفِقَ يَطْرَحُ خَمِيصَةً لَهُ عَلَى وَجْهِهِ، فَإِذَا اغْتَمَّ بِهَا كَشَفَهَا عَنْ وَجْهِهِ، فَقَالَ: " وَهُوَ كَذَلِكَ، لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الْيَهُودِ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ يُحَذِّرُ مَا صَنَعُوا "
Dari ‘Aisyah dan Ibnu ‘Abbas, mereka berdua berkata : Ketika Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kesehatannya menurun pada saat-saat akhir hidupnya, beliau menutupkan kain khamishah-nya (selimut wolnya) pada wajahnya, namun beliau melepas kain tersebut dari wajahnya ketika bapasnya semakin terganggu seraya bersabda : Laknat Allah atas orang-orang Yahudi dan Nashara yang telah menjadikan kubur para nabi mereka sebagai masjid”. Aisyah berkata : “Beliau memperingatkan agar tidak melakukan seperti apa yang mereka lakukan”[Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 435 & 436, Muslim no. 531, Ibnu Hibban no. 6619, Abu ‘Awaanah 1/399, An-Nasa’i 1/115; dan yang lainnya].
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا الْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ "
Dari Abu Sa’iid Al-Khudriy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Bumi ini semuanya merupakan masjid (tempat sujud untuk shalat) kecuali kuburan dan toilet” [Diriwayatkan oleh Ahmad 3/83 & 96, Abu Dawud no. 492, At-Tirmidziy no. 317, Ibnu Maajah no. 745, Abu Ya’laa no. 1350, Ibnu Khuzaimah no. 791-792, dan yang lainnya; shahih].
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ قَبْرِي وَثَنًا، لَعَنَ اللَّهُ قَوْمًا اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ "
Dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam (beliau bersabda) : Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kuburku sebagai berhala. Allah melaknat kaum yang menjadikan kubur para Nabi mereka sebagai masjid” [Diriwayatkan oleh Ahmad 2/246, Al-Humaidiy no. 1020, Ibnu Sa’d 2/241-242, Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 5/43-44, Al-Bukhari dalam At-Taariikh Al-Kabiir 3/47, dan yang lainnya; shahih].
Dan lainnya.
Siyaaq tafdlil hadits Ibnu ‘Umar sulit dipahami bersamaan dengan hadits-hadits di atas, namun sangat mudah dipahami dengan lafadh ‘shalat’ dalam atsar Abu Hurairah dan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum.
Oleh karena itu, sampai saat ini saya masih memegang perkataan beberapa muhaqqiq yang menghukumi riwayat Ibnu ‘Umar dsi atas ghariib ma’luul – walau dhahir sanadnya shahih. Ada kemungkinan perawi keliru dalam penyebutan sebagian lafadh riwayat[13].
Seandainya riwayat ini benar (dan yang raajih adalah ma’lul), maka kubur tujuhpuluh Nabi tersebut sudah tidak nampak lagi bekasnya sehingga tidak masuk dalam pelarangan, sebagaimana dijelaskan oleh Al-Albaaniy rahimahullah.
Bagi para Pembaca yang belum pernah melihat masjid Khaif, berikut gambarnya :




Berikut simak adzan maghrib yang dikumandangkan di Masjid Khaif :
Wallaahu a’lam.
Semoga jawaban ini ada manfaatnya.

[1]      Riwayat :
وَقَالَ أَبُو يَعْلَى: أَخْبَرَنَا الرَّمَادِيُّ أَبُو بَكْرٍ، ثنا أَبُو هَمَّامٍ الدَّلالُ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " بِمَسْجِدِ الْخَيْفِ قَبْرُ سَبْعِينَ نَبِيًّا "
[2]      Riwayat :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ: ثنا أَبُو هَمَّامٍ الدَّلالُ، قَالَ: ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ قَبْرُ سَبْعِينَ نَبِيًّا "
[3]      Riwayat :
حَدَّثَنَا عَبْدَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثنا عِيسَى بْنُ شَاذَانَ، ثنا أَبُو هَمَّامٍ الدَّلالُ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ قَبْرُ سَبْعِينَ نَبِيًّا "
[4]      Riwayat :
حدثني عمي أبو طاهر الحسين بن محمد بن الحسن الجوهري، نا أبو علي إسماعيل بن محمد بن إسماعيل النحوي، نا أحمد بن منصور بن سيار الرمادي، نا محمد بن محبب أبو همام الدلال، عن منصور، عن مجاهد، عن ابن عمر، عن النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: " في مسجد الخيف قبر سبعين نبيا "
[5]      Riwayat :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمُنْذِرِ الْكُوفِيُّ، وَعَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ، قَالا: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلِ بْنِ غَزْوَانَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، قَالَ عَبْدَةُ فِي حَدِيثِهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " قَدْ صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا فِيهِمْ مُوسَى عَلَيْهِ السَّلامُ، وَكَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَيْهِ عَلَيْهِ عَبَاءَتَانِ قَطَوَانِيَّتَانِ وَهُوَ مُحْرِمٌ عَلَى بَعِيرٍ مِنْ أَزْدِ شَنُوءَةَ مَخْطُومٍ "، وَلَمْ يَقُلْ عَبْدَةُ مِنْ أَزْدِ شَنُوءَةَ: " بِخِطَامٍ مِنْ لِيفٍ وَلَهُ ضَفْرَانِ "
[6]      Riwayat :
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ نَصْرٍ، بِأَصْبَهَانَ، وَفَاطِمَةُ بِنْتُ سَعْدِ الْخَيْرِ، بِالْقَاهِرَةِ، أَنَّ فَاطِمَةَ الْجَوْزِدَانِيَّةَ أَخْبَرَتْهُمْ، أبنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، أبنا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الطَّبَرَانِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي خَيْثَمَةَ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ هَاشِمٍ الطُّوسِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا، مِنْهُمْ مُوسَى، كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَيْهِ، وَعَلَيْهِ عَبَاءَتَانِ قَطَوَانِيَّتَانِ، وَهُوَ مُحْرِمٌ عَلَى بَعِيرٍ مِنْ إِبِلِ شَنُوءةَ، مَخْطُومٌ بِخِطَامِ لِيفٍ لَهُ ضِفْرَانِ
[7]      Riwayat :
وَحَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ، قَالَ: ثنا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنْ أَشْعَثَ بْنِ سَوَّارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا كُلُّهُمْ مُخْطِمِينَ بِاللِّيفِ " قَالَ مَرْوَانُ: يَعْنِي رَوَاحِلَهُمْ
[8]      Riwayat :
1/94 :
حَدَّثَنِي جَدِّي، قَالَ: حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنِ الأَشْعَثِ بْنِ سَوَّارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا، كُلُّهُمْ مُخْطَمُونَ بِاللِّيفِ ". قَالَ مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ: يَعْنِي رَوَاحِلَهُمْ "
2/567 :
حَدَّثَنِي جَدِّي أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ أَبِي عُمَرَ الْعَدَنِيُّ، قَالا: حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ الْفَزَارِيُّ، عَنْ أَشْعَثَ بْنِ سَوَّارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا، كُلُّهُمْ مُخْطَمُونَ بِاللِّيفِ "، قَالَ مَرْوَانُ: يَعْنِي رَوَاحِلَهُمْ
[9]      Riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ، ثنا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ مِقْسَمٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، أَنَّهُ قَالَ: " لَقَدْ سَلَكَ فَجَّ الرَّوْحَاءَ سَبْعُونَ نَبِيًّا حُجَّاجًا عَلَيْهِمْ ثِيَابُ الصُّوفِ، وَلَقَدْ صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا "
[10]     Riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ إِمْلاءً، ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ، ثنا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ مِقْسَمٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ قَالَ: " لَقَدْ سَلَكَ فَجَّ الرَّوْحَاءِ سَبْعُونَ نَبِيًّا حُجَّاجًا عَلَيْهِمْ ثِيَابُ الصُّوفِ، وَلَقَدْ صَلَّى فِي مَسْجِدِ الْخَيْفِ سَبْعُونَ نَبِيًّا "
[11]     Al-Haarits bin Abi Usaamah adalah seorang yang tsiqah !!. Telah di-tsiqah-kan oleh Ibraahiim Al-Harbiy, Abul-‘Abbaas An-Nabaatiy, Ibnu Hibbaan, Ahmad bin Kaamil, Ibnu ‘Abdil-Barr, dan Al-Khathiib Al-Baghdaadiy. Sedangkan Ad-Daaruquthniy mengatakannya shaduuq.
[12]     Riwayat :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمُنْذِرِ الْكُوفِيُّ، قَالَ: ثنا ابْنُ فُضَيْلٍ، قَالَ: ثنا يَزِيدُ بْنُ أَبِي زِيَادٍ، قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ مُجَاهِدٍ نَسِيرُ حَتَّى إِذَا خَرَجْنَا مِنَ الْحَرَمِ نَحْوَ عَرَفَاتٍ قَالَ: " هَلْ لَكُمْ فِي مَسْجِدٍ كَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَسْتَحِبُّ أَنْ يُصَلِّيَ فِيهِ قَالَ: قُلْنَا: نَعَمْ، فَصَلَّيْنَا فِيهِ، ثُمَّ قَالَ: " لَقَدْ صَلَّى فِيهِ سَبْعُونَ نَبِيًّا كُلُّهُمْ يَؤُمُّ الْخَيْفَ "
[13]     Hadits Ibnu ‘Umar radliyallaalhu ‘anhu ini ghariib karena hanya diriwayatkan dari jalan Abu Hammaam Ad-Dalaal, dari Ibraahiim bin Thahmaan, dari Manshuur, dari Mujaahid, dari Ibnu ‘Umar secara marfuu’. Ibnu Hajar mengatakan bahwa Ibnu Thahmaan ini banyak meriwayatkan riwayat ghariib (yughrib). Wallaahu a’lam.
Keghariiban sendiri bukan secara mutlak menjadi faktor kelemahan riwayat atau ‘illat. Ia menjadi ‘illat dengan adanya tambahan qarinah sebagaimana telah diterangkan dalam beberapa buku ilmu hadits. Dan di sini, qarinah tersebut ada.

No comments: