أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله
Tulisan ini diperuntukkan hanya
bagi mereka-mereka yang telah tenggelam di lautan Samudra Ilmu Ma’rifat,
baik melalui jalan Tariqat maupun melalui jalan Hakikat untuk
memberikan pencerahan yang mengantarkan kepada sebenar-benarnya Allah
Swt.
Sesungguhnya Ma’rifat itu dari segi Rububiyah bukanlah akhir dari perjalanan melainkan masih awal perjalanan.
Nb : Dipersilahkan untuk memberikan Komentar, Saran, kritik maupun pertanyaan, agar berguna bagi kita semuanya.
================================================================
Sayyidina Ali bin Abi Tholib r.a Karamallahu Wajhah berkata :
“Tidak Syah Sholat seseorang melainkan dengan Mengenal akan Allah”.
Di dalam perjalanan Ma’rifatullah/Mengenal
akan Allah maka di mulai dengan Mengenal akan Diri sendiri (Diri yang
sebenar-benarnya Diri). Sebab diri yang dikatakan sebenar-benarnya diri
itu, yang memiliki hubungan langsung dengan Tuhannya. Tentu bagi mereka
yang sudah paham tentang Ma’rifat telah mengetahui yang mana sih…., diri
yang harus di kenal itu.
Akan tetapi dari mereka-mereka yang telah
kenal akan diri banyak yang tidak menyadari bahwasannya apa yang telah
dilaluinya/diketahuinya itu masih sebatas Kulit dalam pandangan
Arifbillah.
Kenapa demikian..? karena diri yang banyak
diketahui oleh sebagian penuntut Ma’rifatullah itu masih terbatas
kepada diri yang ada pada dirinya sendiri. Dan ada juga yang terbatas
pada pandangannya kepada orang yang diistimewakan dan diagungkannya.
Sedangkan Ma’rifat yang sebenarnya dan
sesempurna-sesempurnanya adalah Ma’rifat yang Universal, tidak ada
batasanya dan tidak terbatasi oleh diri sendiri saja maupun orang
tertentu saja.
Setiap orang yang berada di dalam lingkaran Ma’rifat merujuk kepada Sumber Pengetahuan Allah/Sumber Hakikatullah yang di sebut dengan “Nur Muhammad”,
sebagaimana dalil yang telah dipahami oleh mereka-mereka yang ber paham
Ma’rifat bahwa “Nur Muhammad” itu awal-awal dari segala sesuatu. Dengan
Nur itu maka terciptalah Seluruh sekalian Alam beserta isinya.
Rosulullah Saw bersabda :
“Bahwasannya Allah Swt telah
menjadikan akan Ruh-ku daripada Zat-Nya sedangkan sekalian Alam beserta
isinya terbit dari pada Nur-ku (Nur Muhammad)”.
Sabda Rosulullah Saw yang lain :
“Sesungguhnya Aku adalah Bapak sekalian Ruh sedangkan Adam adalah Bapak dari sekalian batang tubuh (Jasad)”.
Dari dalil tersebut telah menguraikan
bahwa Hakikat Nur Muhammad itu tidak hanya ada pada satu diri saja
melainkan ada pada setiap yang maujud. Sehingga tak terbatas bagi Nur
Muhamad itu, melainkan meliputi sekalian Alam termasuk pada diri
sendiri.
Jika seseorang mengenal akan Allah melalui
Nur-Nya (Nur Muhammad) yang ada pada dirinya sendiri maka belum lah
dikatakan mengenal akan Allah yang meliputi sekalian Alam. Begitu juga
jika seseorang mengenal akan Allah melalui Nur-Nya (Nur Muhammad) yang
ada hanya pada orang-orang tertentu yang diistimewakannnya dan
diagungkannya dari diri Ustadz-ustadznya, Guru-gurunya, Syaikhnya
ataupun Mursyidnya maka sesungguhnya ia masih terhijab oleh yang sesuatu
yang dipandangnya.
Rumus dari pada Ma’rifatulah yang sebenarnya dan Universal itu adalah :
“Syuhudul Wahdah Fil Katsroh, Syuhudul Katsroh Fil Wahdah”.
(Memandang yang Satu (Nur) ada pada yang banyak, memandang yang banyak ada pada yang Satu).
Saya katakan bahwa seseorang yang mengenal
Allah sebatas pandanganya kepada dirinya sendiri atau orang tertentu
yang diistimewakan dan diagungkannya maka mereka itu mengenal akan Allah
masih sebatas Kulit saja dari pemahaman Marifatullah yang sesungguhnya.
Jika demikian!, bagaimana mungkin ia akan
sampai kepada keikhlasan tertinggi dan bagaimana mungkin ia mengatakan
telah bertemu dengan Allah sedangan di halaman Istana Allah saja (DARKATUL QUDRAT) ia belum memasukinya, karena masih terdinding/terhijab pandangannya dari sesuatu selain Allah Swt (HAQQUL HAQIQI).
Jika anda benar-benar ingin menjumpai Allah dan bertemu dengan Allah (LIQO’) maka lepaskanlah pandangan hatimu dari sesuatu apapun. Jangan berhenti pada pandangan JAMALULLAH/ KEINDAHAN ALLAH maka niscaya engkau akan mabuk dan takjub di dalamnya.
Pandanganmu akan Hakikat Nur
yang ada hanya pada dirimu saja atau yang ada hanya pada orang yang
engkau kagumi dan istemawakan saja membuktikan bahwa tanpa engkau sadari
engkau telah tenggelam dan mabuk di dalam sifat JAMALULLAH/KEINDAHAN ALLAH.
Ketahuilah! Bahwa untuk sampai kepada Allah Swt dengan melalui EMPAT tahapan, yaitu :
JALALULLAH (Kebesaran dan Keagungan Allah)
JAMALULLAH (Keindahan Allah)
QOHARULLAH (Kekerasan/Kepastian Allah)
KAMALULLAH (Kesempurna’an Allah)
Untuk bisa menaiki tahapan-tahapan tsb agar sampai kepada KAMALULLAH (KESEMPURNAAN ALLAH), maka
wajib baginya Satu Pandangan yaitu Allah Swt tanpa melalui perantara
selain Nur Muhammad. Sedangkan Nur Muhammad itu meliputi setiap yang
Maujud termasuk pada diri sendiri.
Sehingga yang dikatakan sebenar-benarnya Guru/Mursyid Murobbi adalah Nur Muhammad Rosulullah Saw sebagai pemegang Kunci Pintu Surga/MIFTAHUL JANNAH.
Siapapun mereka itu, jika Satu yang di
pandang yaitu Allah Swt, melalui Hakikat Nur Muhammad yang meliputi
sekalian Alam maka tidak ada sebutan yang pantas baginya selain “ARIFBILLAH”.
Jika masih ada pandangan yang terbatas
atau dibatasi tentang Hakikat Nur Muhammad itu pada beberapa diri saja
maka belumlah pantas baginya menyandang sebutan “ARIFBILLAH” melainkan mereka itu masih di sebut dengan orang yang berada pada “TARIKAT/Perjalanan” menuju kepada Allah.
Mursyid Murobbi tidak hanya ada pada satu diri
Melainkan Meliputi setiap “Kaun Maujudi”
Siapa yang sanggup mematikan Diri
Itulah Langkah Awal menuju Diri Sejati
Jangan tertipu dengan apa yang dipandang
Karena semuanya hanyalah bayang-bayang
Tidak terpisah Al-Haq dengan selayang pandang
Tujulah kepada satu yang ada di dalam pandang
Belumlah dikatakan sebenar-benarnya mengenal
Sebelum engkau mengerti JALAL, JAMAL, QOHAR DAN KAMAL
Empat sifat yang maujud dan Nyata pada Nur-Nya
Alif itu menunjukkan akan Zat-Nya
Lam Awal adalah ketetapan Sifat-Nya
Lam Akhir kenyataan Asma’ Nya
Sedangkan Ha adalah bukti dari Af’al-Nya
Kesempurnaan Allah dalam keserba meliputannya
Pada Muhammad Rosulullah segala rahasianya
Sebagai inti dasar dari sekalian alam
Menjadi saksi kemaujudannya
Alif adalah jati diri Muhammad
Kaf itu adalah Ilmu Muhammad
Ba’ adalah Kelakuan Muhammad
Ro’ itu kehendak pada diri Muhammad
Dari situlah Maha Agung Allah Ta’ala
Dalam keserba meliputan sekalian Alam
Allah dan Muhammad satu Rahasia
Menjadi Kalimah ALLAH dan AKBAR
Karena itulah Rosulullah bersabda
“Agungkanlah dan besarkanlah Kalimah Allah : Allahu Akbar…. Allahu Akbar…… Allahu Akbar Walillahil hamd”.
No comments:
Post a Comment