Friday, June 22, 2012

SYAHADAT

SYAHADAT
S
yahadat merupakan rukun Islam yang pertama, dalam syahadat kita bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah. Dalam bersaksi ini kita harus mengerti dan memahami hakekat dari seseorang yang menjadi saksi. Untuk sanggup menjadi saksi tentunya kita harus tahu dan mengerti dengan sendirinya apa yang menjadi kesaksian kita itu, jangan sampai kita memberikan kesaksian atas dasar katanya (jarene si fulan), karena kesaksian yang dilandasi karena cerita orang lain atau menurut orang lain, maka kesaksian kita lemah sekali dan suatu saat kita sendiri menjadi tidak yakin apakah kesaksian kita itu benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya ataukah salah. Agar kita yakin akan kesaksian kita maka sudah seharusnya kita wajib untuk mengetahui dan mempelajari tentang kesaksian kita itu (dalam hal ini syahadat), sehingga kita menjadi yaqin seyaqin yaqinnya dan tidak mudah terombang-ambing dalam menjalankan kewajiban hidup didunia ini.
Syahadat kalau kita kaji dari kata yang menyusunnya terdiri dari 7 kata dan 24 huruf, yaitu:

1.      Kata لا )la(                              : 2 huruf hijaiyah.
2.      Kata  اله (Ilaha)                       : 3 huruf hijaiyah.
3.      Kata الا (Ila)                            : 3 huruf hijaiyah.
4.      Kata  الله (Allah)                      : 4 huruf hijaiyah.
                     J u m l a h           : 12 huruf hijaiyah.
5.      Kata  محمد (Muhammad)       : 4 huruf hijaiyah.
6.      Kata رسول  (Rosul)                : 4 huruf hijaiyah.
7.      Kata  الله (Allah)                      : 4 huruf hijaiyah.
                            J u m l a h          : 12 huruf hijaiyah            .
Jika kita kaji dari jumlah hurufnya maka 12 + 12 = 24 huruf, ini mengisyaratkan didalam sepanjang waktu 24 jam tersebut kita harus senantiasa Dzikrullah (Lihat QS. Al-Imron : 191), kalau jumlah kata pada syahadat tersebut kita kalikan 12 X 12 = 144 huruf, ini mengisyaratkan 144 huruf hijaiyah pada surat Al-Fateha(ayat pertama 19 huruf, ayat kedua 18 huruf, ayat ke tiga 13 huruf, ayat ke empat 12, ayat ke lima 19 huruf, ayat ke enam 19 huruf, ayat ke tujuh 44 huruf, total 144 huruf),  apabila kita lihat dari jumlah kata yang menyusun 2 kalimah syahadat yang berjumlah 7 kata, ini mengisyaratkan kepada hal yang seba 7, antara lain :
a.      7 ayat pada surat Al-Fateha ( 4 berakhiran dengan Nun merupakan haknya Allah dan 3 berakhiran dengan Mim merupakan haknya Rosul).
b.      7 sifat yang ma’ani/ yang majaz pada hambanya ( Qodrat : kuasa, Irodat : kehendak, Ilmu : serba tau, Hayat : hidup, Sama’ : mendengar, Bashor : melihat, Kalam : berbicara).
c.       7 lapis langit, 7 lapis bumi, 7, 7 lapis neraka, 7 lapis surga, 7 hari.
d.      7 tahapan proses kejadian adam (1. Turab : tanah asal, 2. Thin : Tanah dan air, 3. Hama’ : Tanah dan Hawa, 4. Fakhkhar : Tanah dan Zat panas/ api, 5. Shalshal : Bentuk, 6. Ahsanu Taqwin : bentuk yang sempurna/ jadi, 7. Ruh : Jiwa) dan 7 tahapan penciptaan anak adam ( 1. Sulalah Mintin : Rangkaian Tanah Asal, 2. Nuthfah : Air Mani, 3. ‘Alaqoh : Peleburan Sperma dengan Ovum, 4. Mudlghoh : Segumpal Darah dalam rahim ibu, 5. ‘Zhom : Tulang-belulang, 6. Laham : Daging pembungkus, 7. Khalqan Akhar : Makhluk lain / Ruh).

Alhamdulillah, berkat rakhmat dan ridho Allah, serta taufiq dan hidayah-NYA, akhirnya pengkajian surat Al-Fateha bagian I bisa saya selesaikan, tentu saja masih sangat banyak kekurangannya dan sangat jauh dari sempurna disebabkan karena kefakiran dan kebodohan saya dalam memahami Firman-NYA, akhirnya semoga kajian sederhana ini dapat bermanfaat dan menambah khasanah pengetahuan dalam memahami Firman-NYA, serta meningkatkan taqwa dan iman kita semua, amin.
Post a Comment