أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله
FASAL X
MENGAMBIL PELAJARAN
Hal 103
Saat-saat Mengambil pelajaran
وينبغى أن يكون طالب العلم مستفيدا فى كل وقت حتى يحصل له الفضل
والكمال فى العلم. وطريق الإستفادة أن يكون معه فى كل وقت محبرة حتى يكتب
ما يسمع من الفوائدالع لمية.
Pelajar hendaknya menggunaka n setiap kesempatan waktunya untuk belajar, terus-mene rus sampai memperoleh keutamaan. Caranya dilakukan bisa dengan selalu menyediaka n botol wadah tinta untuk mencatat segala hal-hal ilmiah yang didapatiny a.
قيل: من حفظ فر ومن كتب قر. وقيل: العلم ما يؤخذ من أفواه الرجال، لأنهم
يحفظون أحسن ما يسمعون، ويقولون أحسن ما يحفظون. وسمعت عن شيخ الإمام
الأديب الأستاذ زين الإسلام المعروف بالأديب المختار يقول: قال هلال [بن
زيد] بن يسار: رأيت النبى صلى الله عليه وسلم يقول لأصحابه شيئا من العلم
والحكمة، فقلت يا رسول الله أعد لى ما قلت لهم، فقال لى: هل معك محبرة؟
فقلت: ما معى محبرة، فقال النبى عليه السلام: ياهلال لا تفارق المحبرة لأن
الخير فيها وفى أهلها إلى يوم القيامة
Ada dikatakan : Hapalan akan lari, tapi tulisan tetap berdiri”
dikatakan lagi: “Yang disebut ilmu yaitu segala apa yang didapat dari
ucapan ahli ilmu, karena mereka telah menghafal hal-hal yang bagus dari
hasil pendengara nnya dan mengucapka n
yang bagus itu dari hafalan tersebut” saya mendengar ucapan Syaikhul
Ustadz Zainul Islam yang terkenal dengan gelar Adibul Mukhtar : Hilal
bin Yasar berkata : “Kulihat Nabi saw. Mengemukak an sepatah ilmu dan hikmah kepada sahabat beliau, lalu usulku: “Ya Rasulullah ,
ulangilah untukku apa yang telah tuan sampaikan kepada mereka” beliau
bertanya kepadaku : “apakah engkau bawa botol dawat?” jawabku : “tidak”
beliaupun lagi bersabda : “Oh Hilal, janganlah engkau berpisah dari
botol dawat, karena sampai hari kiamat kebagusan itu selalu disana dan
pada yang membawanya ”.
ووصى الصدر الشهيد حسام الدين إبنه شمس الدين أن يحفظ كل يوم شيئا من
العلم والحكمة فإنه يسير، وعن قريب يكون كثيرا. واشترى عصام بن يوسف قلما
بدينار ليكتب ما يسمعه فى الحال، فالعمر قصير والعلم كثير.
Yang mulya Hasanudin berwasiat kepada Syamsuddin putra beliau, agar setiap hari menghafal sedikit ilmu dan sepatah hikmah. Hal itu mudah dilakukan,
dan dalam waktu singkat menjadi semakin banyak. Isham bin Yusuf membeli
pena seharga satu dinar guna mencatat apa yang ia didengar seketika
itu. Umur cukup pendek, sedang pengetahua n cukup banyak.
فينبغى أن لا يضيع طالب العلم الأوقات والساعات ويغتنم الليالى
والخلوات. يحكى عن يحيى بن معاذ الرازى [أنه قال] الليل طويل فلا تقصره
بمنامك، والنهار مضيئ فلا تكدره بآثامك.
Pelajar jangan sampai membuang-b uang waktu dan saatnya, serta hendaknya mengambil kesempatan di malam hari dan di kala sepi. Dari Yahya bin Mu’adz Ar-Razi disebutkan : “malam itu panjang, jangan kau potong dengan tidur; dan siang itu bersinar cemerlang, maka jangan kau kotori dengan perbuatan dosa”.
Mengambil Pelajaran Dari Para Sesepuh
وينبغى أن يغتنم الشيوخ ويستفيد منهم، وليس كل ما فات يدرك، كما قال
أستاذنا شيخ الإسلام فى مشيخته: كم من شيخ كبير أدركته وما استخبرته. وأقول
على هذا الفوت منشئا هذا البيت:
لهفا على فوت التلاقى لهفا ما كل ما فات ويفنى يلفى
Hendaknya pelajar bisa mengambil pelajaran dari para sesepuh
dan mencecap ilmu mereka. Tidak setiap yang telah berlalu bisa
didapatkan kembali, sebagaiman a yang dikemukaka n oleh Ustadz Syaikhul Islam dimsa tua beliau : Banyaklah orang-oran g tua yang agung ilmu dan keutamaann ya,
saya ketemu tapi tidak mengambil sesuatu yang baik dari padanya, maka
atas kelewatan tersebut, kuberkata dalam mengubah satu bait syi’ir
dibawah ini:
Sayang seribu sayang, aku terlambat dan tak mendapat
Apapun yang pana dan terlewat, tak mesti bisa didapat
قال على رضى الله عنه: إذا كنت فى أمر فكن فيه، وكفى بالإعراض عن علم الله خزيا وخسارا واستعذ بالله منه ليلا ونهارا.
Ali ra berkata : Jikalau kamu menghadapi suatu perkara, maka tekunilah ia; berpaling dari ilmu Allah itu cukup akan membuat hina dan menyesal; mohonlah perlindung an Allah di waktu siang dan malam agar tidak melakukan tersebut diatas.
Prihatin Dan Rendah Di Mata Manusia
ولا بد لطالب العلم من تحمل المشقة والمذلة فى طلب العلم، والتملق مذموم
إلا فى طلب العلم فإنه لا بد له من التملق للأستاذ والشريك وغيرهم
للإستفادة منهم
Pelajar harus sanggup menanggung derita hidup yang terpandang
rendah di mata manusia, selama menuntut ilmu, karena seorang murid itu
harus bercumbu rayu dengan guru, temannya dan juga orang-oran g lain untuk mengambil pelajaran dari mereka.
قيل: العلم عز لا ذل فيه، لا يدرك إلا بذل لا عز فيه.
وقال القائل: أرى لك نفسا تشتهى أن تعزها فلست تنال العز حــتى تذلها
Ada dikatakan : ilmu itu mulya tak bercampur hina, dan tak didapati hanya lewat kehinaan tak bercampur kemulyaan” (maksudnya didapat dengan penuh derita yang terpandang rendah dimata manusia).
Orang berkata :
Kulihat kamu, ingin supaya mulya dirimu
Tak bakal bisa, kecuali dengan tundukkan nafsumuفصل
فى الورع فى حالة التعلم
FASAL XI
WARO’ PADA MASA BELAJAR
Waro’
روى بعضهم حديثا فى هذا الباب عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال:
من لم يتورع فى تعلمه ابتلاه الله تعالى بأحد ثلاثة أشياء: إما أن يميته
فى شبابه، أو يوقعه فى الرساتيق، أو يبتليه بخدمة السلطان؛ فكلما كان طالب
العلم أورع كان علمه أنفع، والتعلم له أيسر وفوائده أكثر.
Dalam masalah waro’, sebagian ulama meriwayatk an hadist dari Rasulullah saw. : “Barang siapa tidak berbuat waro’ waktu belajarnya , maka Allah memberinya ujian dengan salah satu tiga perkara : dimatikan masih berusia muda, ditempatka n pada perkampung an orang-oran g bodoh atau dijadikan pengabdi sang pejabat”. Jikalau mau membuat waro’ maka ilmunya lebih bermanfaat , belajarpun mudah dengan banyak-ban yak berfaedah.
ومن الورع [الكامل] أن يتحرز عن الشبع وكثرة النوم وكثرة الكلام فيما لا ينفع
Termasuk berbuat waro’ adalah memelihara dirinya jangan sampai perutnya kenyang amat, terlalu banyak tidur dan banyak membicarak an hal yang tak bermanfaat .
وأن يتحرز عن أكل طعام السوق إن أمكن، لأن طعام السوق أقرب إلى النجاسة
والخباثة، وأبعد عن ذكر الله وأقرب إلى الغفلة، ولأن أبصار الفقراء تقع
عليه ولا يقدرون على الشراء منه، فيتأذون بذلك فتذهب بركته.
Dan menyingkir i makanan masak di pasar jika mungkin karena makanan ini lebih mudah terkena najis dan kotor, jauh dari dzikrillah , bahkan membuat lengah dari Allah, juga orang-oran g fakir mengetahui sedang tidak mampu membelinya yang akhirnya berduka lara, sehingga berkahnyap un menjadi hilang karena hal-hal tersebut.
وحكي أن الإمام الشيخ الجليل محمد بن الفضل كان فى حال تعلمه لايأكل من
طعام السوق، وكان أبوه يسكن فى الرساتيق ويهيئ طعامه ويدخل أليه يوم
الجمعة، فرأى فى بيت ابنه خبز السوق يوما فلم يكلمه ساخطا على ابنه فاعتذر
ابنه، فقال: ما اشتريت أنا ولم أرض به ولكن أحضره شريكى، فقال أبوه: لو كنت
تحتاط وتتورع عن مثله لم يجرؤ شريكك على ذلك. وهكذا كانوا يتورعون فلذلك
وفقوا للعلم والنشر حتى بقى اسمهم إلى يوم القيامة.
Suatu hikayat, syaikhul Jalil Muhammad Ibnul Fadl di waktu masa belajarnya , adalah tidak pernah makan makanan pasar. Ayahnya sendiri seorang dusun yang selalu mengirimin ya setiap hari jum’at. Pada suatu hari, sang ayah mengetahui
ada roti pasar di kamar muhammad. Iapun marah, dan tidak mau berbicara
dengan sang putra. Muhammad matur dan katanya : saya tidak membeli roti
itu dan memang tidak mau memakannya , tetapi itu pemberian temanku, ayah. Jawabnya : bila kau berhati-ha ti dan waro’ niscaya temanmu takkan sembaranga n memberikan roti seperti itu. Demikianla h pelajar-pe lajar zaman dulu berbuat waro’ dan ternyata banyak-ban yak bisa memperoleh ilmu dan mengajarka nnya, hingga keharuman nama mereka tetap abadi sampai kiamat.
ووصى فقيه من زهاد الفقهاء طالب العلم أن يتحرز عن الغيبة وعن مجالسة المكثار، وقال: من يكثر الكلام يسرق عمرك ويضيع أوقاتك.
Ada seorang zuhud ahli fiqh berwasiat kepada seorang murid:
Jagalah dirimu dari ghibah dan bergaul dan bergaul dengan orang yang
banyak bicaranya. Lalu katanya lagi : orang yang banyak bicara itu mencuri umurmu dan membuang sia-sia waktumu.”
ومن الورع أن يجتنب من أهل الفساد والمعاصى والتعطيل، [ويجاور الصلحاء]
فإن المجاورة مؤثرة، وأن يجلس مستقبل القبلة ويكون مستنا بسنة النبى عليه
الصلاة والسلام، ويغتنم دعوة أهل الخير، ويتحرز عن دعوة المظلومين.
Termasuk waro lagi hendaknya menyingkir i kaum perusak, maksiat dan penganggur , sebab perkumpula n itu membawa pengaruh. Menghadap kiblat waktu belajar, bercermink an
diri dengan sunah Nabi, mohon dido’akan oleh para ulama ahli kebajikan
dan jngan sampai terkena do’a tidak baiknya orang teraniaya kesemuanya itu termasuk waro’.
Menghadap Qiblat
وحكي أن رجلين خرجا فى طلب العلم للغربة وكانا شريكين فرجعا بعد
سنين إلى بلدهما وقد فقه أحدهما ولم يفقه الآخر، فتأمل فقهاء البلاد وسئلوا
عن حالهما وتكرارهما وجلوسهما فأخبروا أن جلوس الذى تفقه فى حال التكرار
كان مستقبل القبلة والمصرالذى
[حصل العلم فيه] والآخر كان مستدبرا القبلة ووجهه إلى غير المصر. فاتفق
العلماء والفقهاء أن الفقيه فقه ببركة استقبال القبلة إذ هو السنة فى
الجلوس إلا عند الضرورة، وببركة دعاء المسلمين فإن المصر لا يخلو من العباد
وأهل الخير والزهد، فالظاهر أن عابدا دعا له فى الليل.
Suatu hikayat.
Ada dua orang pergi merantau untuk mencari ilmu. Merekapun belajar bersama-sa ma. Setelah berjalan bertahun-t ahun, mereka kembali pulang. Ternyata satu alim, sedang satunya lagi tidak. Kemudian pernyataan ini menarik perhatian para ulama’ ahli fiqh daerah tersebut, lalu mereka bertanya kepada dua orang tadi, mengenai perbuatann ya waktu sedang mengulang sendiri pelajarann ya dan duduknya di waktu belajar. Atas hasil pertanyaan itu, mereka mengetahui bahwa orang alim tadi setiap mengulang pelajarann ya selalu menghadap qiblat dan kota di mana ia mendapat ilmu. Tapi yang tidak alim, justru membelakan ginya.
Dengan demikian ahli fiqh dan para ulama sepakat bahwa orang yang
menjadi alim tadi adalah atas berkahnya menghadap qiblat sebab itu
dihukumi sunah, kecuali bila terpaksa. Dan berkah orang-oran g muslimin disana, sebab kota tersebut tidak pernah kesepian dari orang-oran g ibadah dan berbuat kebajikan. Yang jelas, untuk setiap malam pasti ada walaupun satu orang ahli ibadah yang mendo’akan kepadanya.
Perbuatan Adab Dan Sunnah
فينبغى لطالب العلم أن لؤا يتهاون بالآداب والسنن، ومن تهاون بالأدب حرم
السنن، ومن تهاون بالسنن حرم الفرائض، ومن تهاون بالفرائض حرم الآخرة.
وبعضهم قالوا بهذا حديثا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم
Pelajar hendaknya tidak mengabaika n perbuatan- perbuatan yang berstatus adab kesopanan, dan amal-amal kesunahan. Sebab siapa yang mengabaika n adab menjadi tertutup dari yang sunah, yang mengabaika n sunah tertutup dari fardlu, dan berarti tertutup dari kebahagiaa n akhirat. Sebagian ulama’ berkata: “Seperti hadist dari Rasulullah saw.”
وينبغى أن يكثر الصلاة، ويصلى صلاة الخاشعين، فإن ذلك عون له على التحصيل والتعلم.
وأنشدت للشيخ الإمام الجليل الزاهد الحجاج نجم الدين عمر بن محمد النسفى شعرا:
كـــــــــ ــن للأوامر والنواهى حافظا وعلى الصلاة مواظبا ومحافظا
واطلب علوم الشرع واجهد واستعن بالطيبات تصر فقيها حافــــــظ ا
واسئل إلهك حفـــــــظ حفظك راغبا مــــــــن فضله فالله خير حافظ
كـــــــــ ـن للأوامر والنواهى حافـظا وعلى الصلاة مواظبا ومحافظا
واطلب علوم الشرع واجهد واستعن بالطيبات تصر فقيها حافــــــظ ا
واسئل إلهك حفـــــــظ حفظك راغبا مــــــــن فضله فالله خير حافظا
Hendaknya pula banyak-ban yak melakukan shalat dengan khusu’ sebab dengan begitu akan lebih memudahkan mencapai kesuksesan belajar. Syi’ir gubahan Syaikhul Jalil Al-Hajjaj Najmuddin Umar bin Muhammad An-Nasafi dibawakan untukku:
Jadilah engkau, pengamal perintah penjaga larangan
Jagalah selalu, ibadah shalat terus-teru san
Pelajarila h ilmu Syari’ah sesungguh hati
Pohonlah inayah dengan yang suci
Kau kan menjadi ahli agama yang mengayomi
Mohonlah agar kuat hapalan pada ilahi
Demi cintamu fi fadlihi
Dialah Allah, sebagus-ba gus yang melindungi
وقال رحمة الله عليه:
أطيعوا وجدوا ولا تكسلوا وأنتم إلــى ربكم ترجعون
ولا تهجعوا فخيار الورى قليلا من الليل ما يهجعون
Umar An-nasafi berkata :
Taatlah engkau, sesungguh hati jangan malas diri
engkau semua, ke sisi Tuhan kan kembali
Orang yang bagus, yang pendek tidur di malam hari
Karena itu, berbuat tidur agar di singkiri
وينبغى أن يستصحب دفترا على كل حال ليطالعه. وقيل: من لم يكن الدفتر فى
كمه لم تثبت الحكمة فى قلبه. وينبغى أن يكون فى الدفتر بياض ويستصحب
المحبرة ليكتب ما يسمع من العلماء. وقد ذكرنا حديث هلال بن يسار.
Pelajar hendaknya selalu membawa buku untuk dipelajari . Ada dikatakan : “Barangsia pa
tak ada buku di sakunya, maka tak ada hikmah di hatinya.” Lalu buku itu
hendaknya berwarna putih. Juga hendaknya membawa botol dawat, agar bisa
mencatat segala pengetahua n yang di dengar. Sebagaiman a di atas telah kami kemukakan Hadist riwayat Hilal bin Yasar.فصل
فيما يورث الحفظ وفيما يورث النسيان
No comments:
Post a Comment