Bismilahir Rahmanir rahiim
Alhamdulillah…Alhamdulillah…Alhamdulillah
Satu
Melaksanakan perintah Allah, menjauhi larangan-Nya, dan ridho atas ketentuan-Nya
Tiga hal yang harus dimiliki dan diamalkan oleh setiap mukmin dalam segala ruang dan waktu yaitu:
1. Menjaga dan melaksanakan perintah-perintah Allah dengan tulus ikhlas;
2. Menghindari diri dari segala yang haram baik nyata maupun samar;
3. Ridha menerima takdir Allah Yang Mahakuasa.
Dengan demikian, minimal seseorang yang beriman harus memiliki tiga
hal sebagaimana tersebut di atas dan harus diusahakan untuk dapat
mendarah daging dalam tubuhnya. Ia harus mengikatkan diri kepada tiga
hal ke mana dan di mana dia berada serta dalam keadaan bagaimanapun
juga.
Dua
Mengikuti sunnah Rasul SAW, menjauhi bid’ah, dan bersikap istiqamah
1. Seorang muslim harus mengikuti sunnah Rasul SAW dengan penuh keyakinan (keimanan).
2. Seorang muslim tidak sekali-kali melakukan perbuatan bid’ah
3. Seorang muslim harus mematuhi segala yang diperintahkan dan dilarang Allah SWT serta rasul-Nya
4. Seorang muslim harus menjunjung tinggi tauhid, jangan sekali-kali menyekutukan Dia (Allah SWT)
5. Seorang muslim harus menyucikan Dia (Allah) senantiasa, dan jangan sekali-kali menisbahkan suatu keburukan pun kepada-Nya
6. Seorang muslim harus mempertahankan kebenaran-Nya dan hendaklah jangan meragukan sedikitpun atas kebenaran tersebut.
7. Seorang muslim harus bersabar selalu, dalam setiap keadaan dan jangan sekali-kali menunjukan sifat ketidaksabaran.
8. Seorang muslim hendaknya mempunyai sifat isqtiqamah
9. Seorang muslim harus mempunyai pengharapan kepada Allah dengan sabar dan jangan kesal
10. Seorang muslim harus bekerja sama dengan sesama muslim dalam
menjalankan amal dan ketaatan, jangan berpecah-pecah, saling
mencintai, dan jangan mendendam
11. Seorang muslim harus menjauhi kejahatan dan jangan sekali-kali ternoda oleh kejahatan tersebut
12. Seorang muslim harus menghiasi dirinya dengan ketaatan kepada Rabbmu, Allah swt.
13. Seorang muslim jangan sekali-kali menjauhi pintu-pintu Allah Swt.
14. Seorang muslim jangan sekali-kali berpaling dari-Nya.
15. Seorang muslim hendaknya menyegerakan bertobat atas dosa yang telah dilakukan, jangan ditunda-tunda.
16. Seorang muslim tidak bosan-bosan untuk memohon ampunan kepada Allah siang dan malam.
Apabila seorang muslim telah berlaku demikian, ia akan mendapatkan
rahmat dari Nya dan dijauhkan dari api neraka. Hidup bahagia di surga
yang kekal. Kelak di akhirat, ia akan bertemu Allah, menikmati
rahmat-Nya.
Di surga, ia bersama bidadari, mengendarai kuda-kuda yang berwarna
putih. Bersuka ria dengan hurhur bermata putih, menghirup aneka aroma,
dan diiringi melodi-melodi para hamba sahaya wanita yang cantik. Ia akan
dimuliakan bersama Nabi, para siddiqin, para syahiddin, dan para
salihin lainnya di surga yang tertinggi.
Tiga
Memohon pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla
Seandainya seorang hamba Allah mendapatkan kesulitan dalam hidupnya,
pertama sekali ia harus berusaha mengatasinya dengan daya dan upayanya
sendiri. Jika tak mampu mengatasi kesulitanya sendiri, hendaknya ia
meminta pertolongan kepada sesamanya, misalnya kepada pejabat, hartawan,
dan penguasa lainnya, atau tetangganya. Jika ia sakit hendaknya pergi
ke tabib (dokter). Apabila masih juga tak berhasil, pertolongan terakhir
yang diharapkan hendaknya kepada Khaliq-nya (Allah swt), Tuhan Yang
Mahabesar lagi Mahakuasa. Caranya ialah dengan memanjatkan doa dengan
diiringi kerendahan hati serta pujian-pujian untuk-Nya.
Apabila pertolongan itu tiada kunjung data dari Allah, jangan
berputus asa. Ia harus menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, memuji
dan memohon dengan penuh harap dan cemas. Apabila Allah tidak kunjung
mengabulkan permohonannya dan doanya, ia harus meninggalkan segala yang
berurusan dengan duniawi. Kemudian ia mencurahkan segala-galanya untuk
kepentingan rohaninya (kepentingan akhirat).
Pada tingkatan ini, ia akan merasakan atau melihat dengan mata
batinya atas kehendak Allah. Dan, sampailah ia kepada keesaan-Nya dan
kekuasaan-Nya.
Pada tahap ini ia akan menduduki haqqul yaqin (keyakinan yang hak/tinggi). Keyakinan tentang apakah itu?
Keyakinan yang dimaksudkan ialah tentang hakikat bahwa segala sesuatu
itu tiada yang menggerakannya, kecuali Allah, tiada yang menghentikan,
kecuali Allah Swt. Tiada kekayaan dan kemiskinan, kecuali Allah yang
menghendakinya. Di hadapan Allah, seseorang bagaikan bayi di tangan
dukun beranak atau mayat yang dimandikan, atau bola di kaki pemainnya.
Tak kuasa apapun, kecuali kehendak Allah Swt. Dengan demikian, ia tak
akan melihat, kecuali hanya kepada Allah. Tak akan mendengar, kecuali
hanya dari Allah; jika mendapat sesuatu – menyenangkan atau menyedihkan –
diyakini semata karena Allah belaka. Jika mendengarkan sesuatu, yang
didengar adalah firman Allah melalui ilmu-Nya. Ia akan mendapatkan
karunia-Nya dan mendapatkan keberuntungan karena mampu mendekatkan diri
kepada-Nya. Ia menjadi mulia, rida atas segala yang dijumpainya. Ia
merasa puas atas segala yang menimpanya, baik yang menyenangkan maupun
yang menyakitkan .
Akhirnya, ia rindu selalu kepada Allah, ingin terus memuji dan
berzikir. Segala sesuatu dalam hidupnya bertumpu kepada Allah semata. Ia
mendapatkan nur dari Allah karena ilmu Allah itu sendiri. Ia dimuliakan
karena ilmu Allah juga. Dengan begitu, senantiasa puji dan syukur
tercurahkan kepada Allah Yang Mahakuasa saja.
Empat
Mengharap rahmat Allah Azza wa Jalla
Jika engkau abaikan ciptaan, semoga Allah merahmatimu . Semoga Allah
membunuh kehendakmu (yang tak baik) dan Dia menempatkanmu dalam
kehidupan yang baru dan mulia.
Sekarang dirimu mendapatkan karunia berupa kehidupan yang abadi,
mendapat kekayaan dan kebahagian yang abadi, dan mendapat rahmat dan
ilmu sehingga tak mengenal kebodohan.
Engkau dilindungi Allah dari rasa takut. Engka dimuliakan sehingga tidak
hina lagi dan selalu dekat kepada Allah sehingga menjadi tumpuan
harapan bagi orang2 yang memohon kepada Allah melalui dirimu.
Kau menjadi pengganti rasul, para nabi dan shadiqqin. Kau adalah
puncak wilayat dan para wali yang masih hidup mengerumunimu. Segala
masalah dapat engkau selesaikan dan kau temukan jalan keluarnya. Sawah
ladang berpanen melimpah ruah berkat doamu. Lenyapnya penderitaan umat
juga melalui doamu. Orang-orang banyak yang datang dan bergegas
menemuimu membawa bingkisan dan hadiah serta mengabdi kepadamu.
Pengabdian dalam segala hal kehidupan. Semua itu karena ijin Sang
Pencipta. Mereka senantiasa mendoakanmu. Tak ada dua mukmim yang
memperselisihkan engkau. Inilah rahmat Allah SWT, wahai manusia. Dan
Allah Pemilik segala rahmat.
Lima
Menghindari dunia
Jika engkau melihat dunia ini berada di tangan orang lain, janganlah
takjub Dunia itu memang penuh dengan hiasan, tetapi di sisi lain penuh
dengan racun yang mematikan. Tampaknya lembut, tetapi membahayakan bagi
yang merabanya. Dunia pada hakikatnya mengecoh dan membuat manusia
menyepelekan keburukan dari tipu daya dan janji-janji palsunya.
Apabila melihat yang demikian itu, hendaknya kau berlaku seakan-akan
menghadapi orang yang sombong, sewenang-wenang, dan berbau busuk.
Ibaratkanlah dunia itu seperti demikian. Jika melihat situasi yang
demikian, berpalinglah dari kebusukannya. Tutuplah hidungmu agar tak
menghirup bau amisnya. Tutuplah hidung dan telingamu dari bau dan suara
hawa nafsu walaupun segala kenikmatan yang tersimpan di dalamnya
menghampirimu. Allah SWT telah berfirman kepada nabi pilihannya
(Muhammad saw)
وَلا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَى مَا مَتَّعْنَا بِهِ
أَزْوَاجًا مِنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ
وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَى
Janganlah engkau tujukan kedua matamu kepada (perhiasan) yang kami
berikan kepada bermacam-macam orang di antara mereka, sebagai bunga
kehidupan di dunia, supaya mereka Kami cobai denganya. Dan rezeki
Allah-mu (dalam surga) lebih baik dan lebih kekal (QS 20:131)
Enam
Beribadah hanya karena Allah SWT
Apabila melaksanakan perintah Allah, tanggalkan pandangan manusia yang
tertuju kepadamu dan tanggalkan kepentingan pribadimu dan hendaknya
engkau tujukan kepada Allah saja.
Untuk menghindari pandangan manusia – yang memuji – atas amalanmu
dalam melaksanakan perintah Allah, menghindarlah dari mereka, asingkan
diri sepenuhnya dan bebaskan jiwamu dari segala harapan mereka.
Lenyapkanlah segala nafsumu. Adapun tanda lenyapnya nafus ialah:
1. meninggalkan kesibukan mengejar duniawi;
2. berhubungan dengan mereka hanya untuk mendapatkan manfaat;
3. cenderung menghindarkan diri dara kemudaratan;
4. tidak mengntungkan diri sendiri dalam masalah pribadi.
5. tidak membantu melindungi diri sendiri, tetapi memasrahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT, karena Dia-lah Yang Mahakuasa.
Kemauan itu dapat lenyap dari jiwamu. Kemauan yang dimaksud ialah
yang didorong oleh hawa nafsu. Adapun lenyapnya kemauan atas kehendak
Allah itu ditandai sebagai berikut:
1. Tidak pernah menurutkan keinginan, tak merasa butuh, tidak
mempunyai tujuan, kecuali hanya satu tujuan dan satu kebutuhan, yakni
kepada Allah SWT belaka;
2. kehendak Allah akan berwujud pada dirimu, sehingga jika
kehendaknya bereaksi, tubuhmu menjadi pasif, namun hatimu tenang,
pikiranmu jernih, nurani dan rohanimu menjadi berseri. Dengan demikian,
kebutuhanmu tentang kebendaan kau pasrahkan dan engkau bergantung kepada
Allah SWT saja;
3. gerakanmu digerakan oleh kekuasaan-Nya, lidah keabadian memberi
hiasan kepadamu berupa nur-Nya yang menempatkan kedududukanmu sejajar
dengan ulama hikmah yang telah mendahuluimu.
Jika mampu seperti demikian, niscaya engkah berhasil menaklukan diri
sendiri, sehingga dalam ragamu tidak ada “kedirianmu”, laksana bejana
yang hancur, bersih dari air dan endapan.
Engkau akan terpisahkan dari segala gerak manusiawi karena rohanimu
menolak segala sesuatu. Rohmu hanya menerima kehendak Allah saja. Pada
peringkat dan kedudukan seperti ini, engkau akan mendapatkan suatu
keajaiban. Hal ini seolah-olah hanya usahamu dalam melatih diri dan
rohmu, padahal sebenarnya adalah kehendak Allah belaka.
Pada kedudukan ini, engkau mampu menjadi orang yang dapat menundukan
hati sendiri, sifat hewanimu telah musnah. Dengan demikian, engkau akan
mendapat ilham atas kehendak Ilahi dan dambaan-dambaan baru dalam
kenyataan sehari-hari.
Allah Yang Mahatinggi tak akan bersamamu, jika kedirianmu (nafsu
duniawi, hewani, sifat yang merusakan/membutakan hati) belum sirna. Jika
ke-dirianmu telah sirna, lalu kau menganggap sesuatu di dunia ini tak
ada artinya kecuali Allah, Dia akan memberikan kebugaran dan kesegaran
rohani. Allah akan memberi kekuatan rohani dan dengan rohani tersebut,
engkau berkehendak.
Jika di dalam dirimu masih juga terdapat noda meskipun sekecil biji
dzarah, Allah akan menolakmu agar engkau terus berusaha untuk diterima
Allah. Allah pun terus menciptakan kemauan baru dalam dirimu agar engkau
tidak merasa puas dengan amal dan ibadah yang kau lakukan, hal ini
sampai pada akhir hayatmu.
Dalam sebuah hadis Qudsi, Allah SWT berfirman,
“Hamba-Ku yang beriman senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku, yaitu
dengan mengerjakan shalat-shalat sunnah yang diutamakan sehingga Aku
mencintainya, maka Aku menjadi telinganya, dengannya ia mendengar, dan
menjadi matanya, dengannya ia melihat, dan menjadi tangannya, dengannya
ia bekerja, dan menjadi kakinya, dengannya ia berjalan. Tak diragukan
lagi, demikianlah keadaan fana.”
Oleh sebab itu, Dia menyelamatkanmu dari kejahatan para mahluk-Nya,
kemudian mendorongmu dalam kebaikan-Nya. Dengan begitu, engkau akan
menjadi pusat kebaikan, sumber rahmat, kebahagian, kenikmatan, semangat,
damai dan sentosa.
Para wali terdahulu pun menunaikan ibadah untuk mendekatkan dirinya
sedekat mungkin kepada Allah SWT. Itulah yang menjadi tujuannya, tujuan
terakhir. Mereka senantiasa beralih dari kehendak yang timbul dari
pribadinya sendiri, mengubahnya menjadi kehendak dari Allah. Itulah
sebabnya, mereka kemudian disebut “badal” (berubah).
Bagi mereka ini, menggabungkan kehendak dirinya sendiri dengan kehendak Allah adalah dosa.
Apabila mereka terbawa tipuan perasaan2nya sendiri sehingga lalai
atau takut, Allah menolong mereka dengan kasih sayang – Nya. Allah akan
mengingatkan mereka dan akhirnya mereka sadar dan berlindung kepada
Tuhannya. Merekea berlindung dari kemauan pribadinya karena menyadari
bahwa mereka tak akan mampu membersihkan dirinya sampai sebersih mungkin
dari nafsu dan kemauan, kecuali malaikat. Para malaikat memang suci
dari nafsu dan kehendak, para nabi terbebas dari kedirian, sedangkan jin
dan manusia tak terlepaskan dari nafsu yang kelak menuntut
pertanggungjawaban moral. Akan tetapi, meskipun manusia itu tak dapat
terbebas dari nafsu, para wali mampu melemahkan nafsunya sehingga
dengan, bantuan Allah, mereka mendapatkan rahmat yang menguatkan
akalnya.
Tujuh
Terlepas dari Ketertarikan Dunia
Perbaiki dirimu dan tinggalkan olehmu kegelisahan dunia sesuai
kemampuanmu. Nabi Muhammad saw bersabda,” Lepaskan dirimu dari
bingungnya urusan dunia, sejauh kemampuanmu “
Kalau kau mengetahui apa yang kau cari, kalau dunia kau peroleh,
engkau akan menjumpai kelelahan. Kalau kau menaruh perhatian yang
berlebihan pada dunia niscaya kau akan merugi. Bebaskan diri dari urusan
dunia, lepaskan perhiasan dunia, lucuti pakaian hawa nafsu. Karena
kesungguhan diri beribadah pada Allah adalah sebuah hidayah.
Kalau ingin bahagia, engkau harus memiliki ketenangan lahir dan
batin. Bersabarlah atas pemberian Allah, hindari prasangka buruk
atasNya, karena Dia menyayangimu. “ Boleh jadi engkau membenci sesuatu,
padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi pula engkau menyukai
sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu” (Al Baqarah 216)
Barangsiapa menginginkan jalan menuju keridhaan Allah , maka didiklah
hawa nafsumu sebelum mendidik perbuatanmu. Bersungguh2lah sampai engkau
mendapat ketenangan. Jangan turuti nafsu kecuali engkau telah melatih
nafsumu dengan pelajaran dan perilaku baik. Dengan bersungguh2 mata akan
terbuka dan kebodohan tak akan menghampiri kita. Hal ini membutuhkan
pengikat dan waktu yang panjang, tidak dating begitu saja.
Pukullah nafsumu dengan cambuk lapar, cegahlah kehendaknya. Engkau
harus bisa bertahan, karena nafsu hanya bisa berdusta dan tak pernah
benar. Janjinya bohong dan Iblis adalah pentolannya. Dia tak punya
kekuatan untuk memusuhi orang yang beriman.
Allah tidak memberi cobaan kepadamu kecuali disana ada hikmah dan faedah.
Kalau kau didera musibah, ingatlah dosa2mu. Mohonlah kesabaran
padaNYA, perbanyak istigfar dan bertaubat lah segera. Bergaulah dengan
para kekasih Allah, alim ulama dan teman yang bila kau melihatnya,
mengingatkanmu akan Allah.
Wahai para pelanglang buana, Wahai para pelancong dunia, Peganglah
erat-erat petunjukKu, Hingga sampai ditujuan, jangan kau keluar dari
petunjuk, maka kau akan Kuberi petunjuk.
Bagaimana kau akan berperilaku baik, kalau tak berteman dengan Kawan yang berperilaku sopan santun
Bagaimana kau akan menimba ilmu, kalau kau tak senang dengan gurumu.
Syekh Abdul Qadir Jailani,
“Dudukkanlah dirimu bersama kehidupan duniawi, sedangkan kalbumu bersama kehidupan akhirat, dan rasamu bersama Rabbmu.”
delapan
Lepas dari kemaksiatan
Wahai orang muda, janganlah engkau berputus asa daripada Rahmat Allah
‘Azza wa Jall kerana kemaksiatan yang telah engkau lakukan. Bersihkanlah
kotoran dari pakaian agamamu dengan air taubat, dengan taubat yang
istiqomah dan ikhlas. Kemudian, harumkanlah pakaian agamamu itu dengan
(air wangi) ma‘rifah. Berhati-hatilah engkau dengan kedudukanmu sekarang
kerana ke arah mana pun engkau toleh, terdapat hewan-hewan yang buas
sedang berada di sekeliling dirimu, dan pengaruh-pengaruh jahat yang
merusak pula sedang bertindak ke atas dirimu. Lepaskanlah dirimu
daripadanya dan kembalikanlah hatimu kepada al-Haqq ‘Azza wa Jall.
Ada seorang insan yang telah berkata: “Aku ingin menjadi salah
seorang daripada orang-orang yang mencari WajahNya. Hatiku telah
terpandang Pintu Kedekatan (Bab al-Qurb) dan aku telah melihat para
kekasih memasukinya dan kemudian telah keluar memakai pakaian-pakaian
yang telah dianugerahkan oleh al-Malik (Raja, yakni Allah Ta‘la.) Apakah
balasan untuk memasukinya?”
Kepadanya, aku telah menjawab: “Hendaklah engkau korbankan seluruh
dirimu. Tinggalkan segala kehendak syahwat dan segala rasa kelazatan.
Lenyapkan dirimu di dalamNya. Ucapkan selamat tinggal kepada segala
taman syurga dan segala isi kandungannya, dan tinggalkanlah ia. Ucapkan
selamat jalan kepada nafsu, hawa dan tabiat-tabiat. Ucapkan selamat
jalan kepada segala keinginan, sama ada yang berbentuk keduniaan ataupun
keakhiratan. Ucapkan selamat tinggal kepada setiap sesuatu dan engkau
tinggalkannya di belakang hatimu. Setelah itu, masuklah. Engkau akan
melihat apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, yang tidak pernah
didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah terlintas di hati manusia.”
Sufi ialah seorang manusia yang telah bersih batinnya dan juga
zahirnya, dengan mengikuti kitab Allah ‘Azza wa Jall dan sunnah
rasulNya. Dan jika kebersihannya sudah bertambah, dia akan keluar dari
lautan kewujudannya, dan meninggalkan segala kehendak, ikhtiar dan
keinginannya, kerana kebersihan hatinya.
Asas kebaikan ialah dengan menuruti an-NabÏ SallAllahu ‘alaihi wa sallam pada (seluruh) perkataannya dan perbuatannya.
Apabila hati si hamba (qalb al-‘abd) telah bersih, dia akan dapat
melihat an-Nabi SallAllahu ‘alaihi wa sallam di dalam tidurnya, yang
akan memberitahunya tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus
dijauhkan.
Seluruh dirinya akan menjadi sekeping hati, dan terpisah dengan
niatnya. Dia akan menjadi sebuah rahsia tanpa penyataan, satu kebersihan
tanpa kekeruhan. Kulit zahirnya akan tertanggal dari dirinya, sehingga
yang tinggal adalah isi (lubb) tanpa kulit.
Dia akan bersama an-Nabiyullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam dari segi
maknawi, yang akan melatih hatinya dan berada di hadapannya. Tangannya
berada di dalam tangan baginda Sallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan an-Nabi
Sallallahu ‘alaihi wa sallam akan menjadi penasihat mengenaiNya, dan
penjaga pintuNya.
Di dalam sebuah mimpi, seorang lelaki tua telah bertanya kepada
diriku , “Apakah yang dapat membawa seorang hamba itu dekat dengan Allah
‘Azza wa Jalla?”
Maka aku telah menjawab, “Baginya satu permulaan dan satu kesudahan.
Permulaannya ialah wara’ dan kesudahannya ialah penerimaan, penyerahan
(at-taslim) dan persandaraan (at-tawakkul).”
Apabila seseorang itu bersikap benar dan ikhlas dengan Tuhan, dia
tidak lagi mempedulikan setiap sesuatu selain daripadaNya, pada siang
atau malam hari.
Wahai manusia, janganlah mengaku apa yang bukan milikmu. Esakanlah
Allah dan janganlah mempersekutukanNya. Demi Allah (dengan melakukan
yang demikian), apabila sampai panah takdir kepadamu, ia hanya akan
mencalar dan tidak pula membunuhmu.
Siapa saja yang menginginkan kejayaan (al-falah), hendaklah dia
menjadi sekeping tanah di bawah tapak kaki para masyaikh (para Mursyid).
Apakah ciri-ciri para masyaikh itu? Mereka adalah orang-orang yang telah
menceraikan dunia dan segala makhluk, dan telah mengucapkan selamat
tinggal kepada kedua-duanya (yakni dunia dan segala makhluk). Mereka
juga telah mengucapkan selamat tinggal kepada setiap sesuatu, dari bawah
al-‘arsy hinggalah ke dasar bumi . Mereka telah meninggalkan setiap
sesuatu itu di belakang mereka, dan telah mengucapkan selamat tinggal
sebagai seorang yang tidak akan kembali lagi. Mereka telah mengucapkan
selamat tinggal kepada seluruh makhluk, termasuk diri mereka sendiri.
Wujud mereka adalah bersama-sama Allah, pada setiap keadaan.
Siapa yang menuntut kecintaan Allah (namun masih) disertai dengan
kewujudan nafsunya, maka dia sedang berkhayal dan berangan-angan.
Kebanyakan daripada mereka dari golongan al-mutazahhidin al-muta‘abbidin
(orang-orang yang cuba menyerupai kaum Zuhud dan ahli ibadah), pada
hakikatnya, adalah hamba-hamba para makhluk, yang telah mereka syirikkan
(yakni menjadikannya sekutu bagi Allah).
Berdirilah engkau sekelian di hadapanNya di atas tapak-tapak kaki
(aqdam) yang telah muflis daripada akal-akal fikiranmu dan ilmu-ilmumu,
agar engkau sekalian dapat mengambil ilmu daripadaNya.
Janganlah merasa sangsi terhadapNya apabila Dia menunda Ijabah.
Janganlah berputus asa dalam berdoa kepadaNya. Jika engkau tidak
menerima apa-apa keuntungan, maka tidak pula engkau menanggung apa-apa
kerugian. Jika Dia tidak memperkenankannya dengan serta-merta, maka Dia
akan memberikan engkau gantinya di Hari Kemudian.
Selagi kecintaan kepada dunia kekal di hatimu, tiada akan melihat
engkau sesuatu daripada ahwal as-Salihin. Selagi engkau meminta-minta
dari makhluk dan mempersekutukan (Allah) dengan mereka, tiada akan
terbuka mata hatimu. Tiadalah kata-kata itu sehingga engkau berzuhud
dari dunia dan makhluk. Bersungguh-sungguhlah engkau. Engkau akan
melihat apa yang tidak dilihat oleh orang lain, dan akan terlepas bagimu
adat.
Jika engkau tinggalkan apa yang di dalam hitunganmu (hisab) akan
datang kepadamu apa yang bukan di dalam hitunganmu. Apabila engkau
bergantung penuh kepada al-Haqq ‘Azza wa Jall, dan bertaqwa di dalam
khalwah dan di khalayak ramai, Dia akan mengaruniakanmu rezeki yang
tidak disangka-sangka (la yahtasib). Engkau tinggalkan, Dia berikan.
Engkau berzuhud, Dia temukan hajatmu.
Di peringkat permulaan, (ialah) meninggalkan. Di peringkat akhir,
(ialah) pengambilan. Di awal urusan ini, ialah pemberatan kalbu dengan
meninggalkan segala syahwat dan dunia, dan di akhirnya ialah
pengambilannya. Yang pertama ialah bagi al-Muttaqin, dan yang kedua
ialah bagi al-Abdal, yang telah sampai (al-wasilinn) kepada ketaatan
(kepada) Allah ‘Azza wa Jall.
Kata-kata itu tidak sesuai untuk diucapkan sehingga segala
tuhan-tuhanmu menjadi Tuhan yang satu, sehingga segala keinginanmu
menjadi satu, dan sehingga segala tumpuan cintamu menjadi satu.
Hatimu hendaklah dijadikan satu. Bilakah kedekatan kepada al-Haqq
dapat mendirikan kemahnya di dalam hatimu? Kapan hatimu akan menjadi
majdhub (tertarik) dan sirr-mu menjadi muqarrab (didekatkan)? Dan
kapankah segera engkau dapat menemui Tuhanmu, setelah engkau mengucapkan
selamat tinggal kepada segala makhluk?
“Di dalam sebuah Mimpi seorang lelaki tua telah bertanya kepadaku. . ..
Wahai WaliulLah apakah yg dapat membawa seorang hamba itu dekat dengan
Allah SWT . . . . ?!
lalu aku telah menjawab kepadamu wahai Mubarok !
baginya ada 2 perkara yaitu . . .
1.PERMULAAN
yaitu jadi lah kamu org yg Wara’
(senantiasa menjauhkan diri dr segala macam Dosa)
2.KESUDAHAN
jadilah Org Yg Qona’ah !
Mendengar jawaban yg singkat dan padat tersebut . . .
Lelaki tua itupun Pergi dgn hati yg damai !
dan nampak Bersinar wajah yg sudah dimakan usia tersebut ”
Mudah2 kisah diatas dapat menjadikan kita yang di Tarekat Qodiriyah
ini di berikan kekuatan Islam,Iman Dan Ikhsan dan di Anugerahkan oleh
Al-Haqq Allah azza wa jalla . Amin.
No comments:
Post a Comment