أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله
TAKHALLI
sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (Q.S As Syams (91) : 9-10)
Takhalli adalah mensucikan diri. Dalam
hal ini disimbolkan dengan kisah pembedahan hati Nabi oleh Malaikat
Jibril dengan air zam-zam. Harap dipahami bahwa pembedahan hati tersebut
hanya simbol!. Maksud dari simbol itu adalah untuk menemui Allah harus
bersih/suci dari penyakit hati. Artinya adalah manusia harus berusaha
mensucikan dirinya. Kenapa? Karena Allah itu Maha Suci. Dia hanya akan
menerima hamba-Nya yang suci. Mereka yang belum suci ya belum bisa
kembali kepada-Nya. Ini berarti mereka masih
berada di alam surga dan neraka-Nya. Sebagian dari mereka masih
melakukan kejahatan. Sebagian dari mereka beribadah karena takut neraka
(mental budak) dan sebagian mereka lagi beribadah karena berharap surga
(mental pedagang). Jadi masih harus dilatih! Masih harus disempurnakan!
Bertakhalli adalah jihad yang paling besar karena harus
mengalahkan diri sendiri. Harus mengendalikan hawa nafsunya sendiri.
Sifat-sifat iri, dengki, munafik, tamak, dan perbuatan lain yang
merugikan orang haruslah dibuang jauh-jauh. Jelas bahwa musuh terbesar
manusia bukanlah siapa-siapamelainkan dirinya sendiri. Ada sebuah
ungkapan bijak dari Walt kelly yang mengatakan :
“Kita telah menemukan sang musuh, dan ternyata dia adalah diri kita sendiri”.
Dalam suatu Hadistnya, Nabi juga mengatakan bahwa orang mukmin yang
kuat bukanlah yang kuat fisiknya melainkan yang mampu mengalahkan hawa
nafsunya.
TAHALLI
Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S An Nahl(16) : 90)
Tahallli adalah mengisi hidup kita dengan kebajikan atau
perbuatan yang baik seperti jujur, kasih sayang, sabar, ikhlas, mudah
memberi maaf, menegakan perdamaian dan menebar salam kepada sesama
manusia. Nah, sekarang ini sebagian umat Islam memposisikan dirinya
ekslusif. Paling benar. Merasa paling masuk surga sendirian sehingga
mengharamkan menjawab salam dari umat non muslim.
Padahal fatwa tersebut jelas menyalahi perintah Allah. Bahkan di Al
Quran surah An Nisaa (4):94, pada saat berperang orang mukmin itu
dilarang mengatakan “kamu bukan mukmin” terhadap orang yang mengucapkan
salam. Dalam situasi perang saja kita diperintahkan demikian apalagi
dalam situasi damai!. Ayat lain di Al Quran juga memerintahkan hal yang
sama :
Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pemurah ialah mereka yang berjalan dimuka bumi ini dengan rendah hati. Apabila orang jahil menyapa mereka, maka mereka berkata “Salam” (kata-kata yang baik). (Q.S Al Furqan (25) : 63)
Coba kita baca kembali ayat diatas. Sangat jelas bahwa orang mukmin
yang rendah hati pun akan membalas salam bahkan dari orang jahil atau
iseng sekalipun. Inilah mukmin yang mampu mengajak orang lain ke sorga
dengan menebar salam. Ayat diatas adalah ayat Quran, jadi tidak perlu
ditanya lagi keshahihannya. Sayangnya oleh para ulama, ayat diatas
dibatalkan oleh Hadist yang melarang menjawab salamnya orang non muslim.
Tidaklah mengherankan jika kemudian Islam dipandang sebagian orang non
muslim sebagai agama yang tidak bersahabat. Sungguh aneh jika Al Quran
dihapus oleh Hadist. Seharusnya kita hanya mengambil Hadist yang tidak
bertentangan dengan Quran. Kalau ada Hadist yang bertentangan dengan
Quran sebaiknya tidak masuk hitungan meski diriwayatkan oleh perawi yang
terkenal sekalipun. Perbuatan dan perkataan Rasul tentu disesuaikan
dengan kondisinya pada saat itu. Kita harus melihat kemungkinannya bahwa
Hadist itu sifatnya kasus per kasus () dan tidak bisa digeneralisasi untuk
semua keadaan. Dalam hal perintah Nabi untuk membunuh cecak misalnya,
Hadist ini tidak bisa digeneralisasi bahwa semua cecak harus dibunuh
sebab Nabi mengatakan perintah demikian karena pada saat itu Nabi
terkena kotoran cecak. Malah dalam Hadist lainnya, Nabi justru
memerintahkan kita untuk tidak membunuh binatang yang tidak mengganggu.
Begitu juga dengan Hadist yang melarang menjawab salam dari
kalangan non muslim harusnya jangan kita telan bulat-bulat. Jadi dalam
hal ini kita harus berhati-hati dengan Hadist. Bukan berarti kita ingkar
Hadist. Bukan!! Tapi berhati-hati dalam berfatwa menggunakan Hadist.
Jangan kita terjebak mengagung-agungkan (taklid) kepada perawinya. Tidak
ada jaminan dari Allah atau Nabi Muhammad yang menyatakan bahwa perawi A
atau B adalah perawi yang harus ditaati, dipercaya karena bebas dari
kesalahan.
Sejarah Hadist sendiri dimulai pada tahun 100 H dimana
Khalifah Umar bin Abdul Aziz mendorong penulisan Hadist. Jika Al
Qurannya pada masa itu sudah baku dan hanya ada satu yakni versi Ustman
bin Affan -versi lainnya dibakar agar tidak terjadi perbedaan-, tidaklah
demikian dengan Hadist. Di masa Umar bin. Abdul Aziz -yang wafat 101 H-
riwayat, dongeng, sabda Yesus, dan doktrin di luar Al Quran menjamur
dan tak terkontrol sehingga pemalsuan Hadist sulit untuk bisa di edit kembali.
Lebih dari 125 tahun kemudian, Bukhari baru muncul di permukaan bumi.
Tak alang kepalang jumlah Hadist, lebih dari sejuta Hadist. Bukhari
sendiri menyeleksi sekitar
600.000 Hadis. Dan dari yang terseleksi pun banyak yang miring kepada daulat Abbasiyah.
Coba bayangkan, menguji validitas Hadist setelah 200 tahun Nabi
wafat, tentunya merupakan pekerjaan yang hampir mustahil dikerjakan
manusia. Karena itu, tumbuhlah ilmu-ilmu untuk menyaring Hadist,
misalnya uji isnad/rijal, cara periwayatan, dan juga matan. Jika Alquran
yang ribuan ayat saja perlu kejelian untuk menjadikannya kitab di masa
Umar bin Khatthab, bagaimana membakukan Hadist yang jumlahnya lebih dari
sejuta? Secara logis, “Pesan berantai” dari Nabi Muhammad hingga
ratusan tahun ke depan tentu akan sulit ditelusuri keasliannya. Tidak
heran jika ada kelompok yang saling berbeda pendapat akhirnya saling
menuduh bahwa kelompok itu menggunakan Hadist palsu. Pertengkaran dalil
seperti ini jelas akan mengorbankan ukhuwah Islam demi ego kelompoknya
masing-masing.
Setelah pembakuan Hadist secara besar-besaran, terbukti umat
Islam malah kian tertinggal dibandingkan umat agama lain karena patokan
mereka cukup dengan Hadist saja, bahkan sebagian lagi malah ada yang
“menuhankan” Hadist dan melupakan Quran. Dengan demikian, dalam
menyikapi Hadist, harusnya kita sangat berhati-hati karena walau
bagaimanapun ada Hadist yang sifatnya kasuistis (per kasus) dan ini bisa
berbahaya bila digeneralisasi dan dijadikan hukum.
Hanya Al Quranlah yang dijamin keasliannya oleh Allah. Yang
terbaik adalah menafsirkan Quran dengan Quran. Boleh saja kita
menafsirkan Quran dengan Hadist asal Hadistnya tidak bertentangan dengan
Quran. Kalau semua Quran ditafsirkan dengan Hadist ya umat Islam
bakalan mandeg. Al Quran akhirnya cuma dikeramatkan. Orang
malah lebih sering ngaji Quran ketimbang mengkaji Quran. Umat Islam jadi
malas berpikir untuk mengkaji kembali Quran karena merasa sudah cukup
ditafsirkan oleh Hadist. Al Quran jadinya
malah tertutup untuk bisa ditafsirkan kembali sesuai perubahan
jaman. Jadilah kita umat Islam abad ke-21 dengan produk pemikiran di
abad silam. Islam akhirnya tidak bisa menjadi rahmatan lil ‘alamin yang
mampu menjadi solusi di segala jaman. Sungguh kita membutuhkan
ulama-ulama reformis yang mampu membenahi citra Islam sebagai agama yang
terbuka terhadap perkembangan jaman.
TAJALLI
Maka Kami bukakan tirai yang menutupi engkau, oleh sebab itu pandangan engkau amatlah terangnya. (Q.S. Qaaf (50) : 22)
Pada proses takhalli dan tahalli,
seseorang berarti telah makrifat kepada Af’al, Asma dan Sifat-Nya.
Puncak dari seagala makrifat adalah makrifat Dzat. Inilah yang disebut tajalli. Dalam istilah lain disebut juga Musyahadah atau Mukhasafah. Manusia yang sudah mencapai tajalli berarti ia telah bermikraj.
Dalam peristiwa Isra Mikraj, Nabi diceritakan telah sampai ke
“Pohon Sidrah” (Pohon Lotus) yang biasa dikenal dengan sebutan Sidratul
Muntaha. Dengan Mikraj berarti beliau telah sampai kepada bayt Allah lalu menemui-Nya. Nabi mengatakan : Ra’aitu Robbii fii ahsani su’uura (Aku
telah melihat Tuhanku yang seelok-eloknya rupa yang tiada umpamanya).
Dengan demikian, tidak ada hijab lagi antara diri dan Tuhannya. Yang
ditemui adalah Cahaya diatas cahaya!
Allah adalah cahaya semua langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus yang didalamnya ada pelita besar. Pelita itu didalam kaca (dan) kaca itu bak bintang yang memancarkan sinar gemerlapan yang dinyalakan (dengan minyak) dari pohon yang diberkati –yaitu pohon zaitun yang tidak tumbuh di timur maupun barat. Minyaknya pun bercahaya meski tidak disentuh api. Cahaya diatas cahaya. Allah memberikan cahaya pada orang yang menghendaki cahaya-Nya. (Q.S An Nuur (24):35)
Nah, sholatnya orang-orang beriman (makrifat) sangatlah khusyu
karena ketika mereka sholat, tidak ada hijab antara ia dan Tuhannya.
Nabi bersabda :
“Sholat adalah mikrajnya orang-orang yang beriman”. Ya! Hanya orangorang berimanlah yang mengalami Mikraj ketika sholatnya Ini artinya mereka tidak menyembah adam sarpin (kekosongan). Mereka bashar (melihat) Allah ketika sholat dan Allah pun bashar kepada
mereka. Sunan Bonang –salah satu walisongo, penyebar agama Islam di
nusantara- pernah bertutur, seperti yang tertulis dalam Suluk Wujil
sebagai berikut :
Endi ingaran sembah sejati
Aja nembah yen tan katingalan
Temahe kasor kulane
Yen sira nora weruh
Kang sinembah ing dunya iki
Kadi anulup kaga
Punglune den sawur
Manuke mangsa kenaa
Awekasa amangeran adam sarpin
Sembahe siya-siya
Artinya : “manakah yang disebut sholat yang sesungguhnya?
Janganlah menyembah bila tidak tahu siapa yang disembah. Akibatnya akan
direndahkan martabat hidupmu. Apabila engkau tidak mengetahui siapa yang
disembah didunia ini, engkau seperti menyumpit burung. Pelurunya
disebar tetapi tak ada satupun yang mengenai burungnya. Akhirnya cuma
menyembah adam sarpin, penyembahan yang tiada berguna”
Dalam beragama, ada golongan orang ‘alim dan ada golongan orang
‘arif (telah makrifat). Perbedaannya adalah, kalau orang ‘alim mengenal
Tuhan hanyalah sebatas percaya saja. Syahdatnya pun hanya diucapkan di
bibir. Sedangkan orang ‘arif mengenal Tuhannya adalah melalui (penyaksian).
Syahadatnya bukan hanya diucapkan belaka melainkan telah dibuktikannya.
Jika seseorang sudah mencapai tahap alim maka seyogyanya
ia meningkatkan kualitas dirinya menjadi seorang yang ‘arif. Orang yang
telah mengenal Tuhannya akan mampu sholat terus menerus dalam keadaan
berdiri, duduk, bahkan tidur nyenyak Intinya adalah segala perbuatannya
adalah sholat. Inilah yang disebut “sholat daim”. Aladzina hum ‘ala sholaatihim daa’imuun. Yaitu mereka yang terus menerus melakukan sholat (Q.S Al-Ma’aarij : 70:23)
Mereka yang mampu sholat daim adalah mereka yang tidak akan
berkeluh kesah dalam hidupnya dan senantiasa mendapat kebaikan
sebagaimana disampaikan Q.S 70 : 19-22. Nah, sholat daim ini modelnya
seperti apa? Ah.. tentu saja tidak bisa dibeberkan disini karena sholat
daim adalah “oleh-oleh” dari hasil pencarian spiritual manusia. Tidak
bisa diceritakan ke semua orang kecuali mereka yang telah memiliki
kematangan spiritual. Ibarat pelajaran fisika S3, ya tentu tidak bisa
diajarkan kepada anak SMP. Harus lulus dulu S2- nya agar menerima ilmu
tersebut lebih mudah.
Sholat daim adalah sholatnya orang ‘arif yang telah mengenal
Allah. Ini adalah sholatnya para Nabi, Rasul, dan orang-orang ‘arif.
Ilmu ini memang tidak banyak diketahui orang awam. Lantas bagaimana
dengan sholat lima waktu? Nah sholat lima waktu sebenarnya adalah jumlah
minimal saja yang harus dikerjakan manusia untuk mengingat Allah. Pada
hakekatnya kita malah harus terus menerus untuk mengingat Allah
sebagaimana firman-Nya :
Dan ingatlah kepada Allah diwaktu petang dan pagi (Q.S Ar-Ruum (30) : 17)
Dan sebutlah nama Tuhanmu pada pagi dan petang. (Q.S Al-Insaan (76) : 25)
Ayat diatas bukan berarti mengingat Allah hanya dua kali saja
yaitu waktu pagi dan petang sebab makna ayat diatas justru
sehari-semalam! Yakni pagi dimulai dari jam 12 AM-12 PM, sampai dengan
petang jam 12 PM-12 AM, begitu seterusnya. Nah, karena tidak semua orang
sanggup untuk mengingat Allah dalam sehari-semalam maka sholat lima
waktu itu adalah merupakan event khusus untuk mengingat-Nya.
Jika orang awam tidak ada perintah sholat lima waktu maka tentu saja
Allah akan mudah terlupakan. Kalau Allah
terlupakan maka bumi ini bisa rusak oleh berbagai kejahatan
yang dilakukan manusia. Orang awam perlu dilatih disiplin melalui sholat
lima waktu ini untuk mengingat Allah. Dengan mengingat Allah, kontrol
diri akan lebih kuat.
Namun demikian, janganlah merasa cukup puas hanya dengan sholat lima waktu.
Tingkatkanlah agar kita mampu melakukan sholat daim. Mari kita simak
kembali ungkapan Sunan Bonang yang tertulis dalam Suluk Wujil :
Utaming sarira puniki
Angawruhana jatining salat
Sembah lawan pujine
Jatining salat iku
Dudu ngisa tuwin magerib
Sembahyang araneka
Wenange puniku
Lamun aranana salat
Pan minangka kekembaning salat daim
Ingaran tata krama
Artinya : “Unggulnya diri itu mengetahui hakekat sholat, sembah
dan pujian. Sholat yang sebenarnya bukan mengerjakan isya atau magrib.
Itu namanya sembahyang, apabila disebut sholat maka itu hanya hiasan
dari sholat daim. Hanyalah tata krama”
Dari ajaran Sunan Bonang diatas, maka kita bisa memahami bahwa
sholat lima waktu adalah sholat hiasan dari sholat daim. Sholat lima
waktu ganjarannya adalah masuk surga dan terhindar neraka. Tentu yang
mendapat surga pun adalah mereka yang mampu menegakan sholat yaitu
dengan sholat tersebut, ia mampu mencegah dirinya dari berbuat keji dan
mungkar.
Sayangnya, saat ini banyak orang yang hanya meributkan sholat
fisiknya saja dan melupakan hakekat sholat itu sendiri. Seringkali jika
terdapat perbedaan pada gerakan ataupun bacaan sholat, mereka saling
ribut mengatakan sholatnya paling benar dengan menyebut sejumlah Hadist
yang diyakininya benar.
Harap diingat! Perbedaan gerak maupun bacaan adalah hal yang
wajar karena Nabi sendiri tidak mengajarkan sholat secara khusus
melainkan hanyamengatakan “Sholatlah sebagaimana aku sholat”. Nah karena
banyak orang yang menyaksikan sholatnya Nabi, maka penglihatan
masing-masing orang bisa berbeda sehingga tidaklah aneh jika ada
perbedaan dikemudian hari.
Mengapa Nabi tidak mengajarkan sholat secara khusus? karena
gerakan sholat yang dicontohkan Nabi sudah tidak asing lagi bagi
masyarakat Arab. Gerakan sholat yang dicontoh Nabi berasal dari agama
Kristen Ortodoks Syiria yang telah muncul satu abad sebelum Nabi lahir.
Ritual sholat mereka dikerjakan dalam tujuh waktu. Gerakannya ada
berdiri, ruku dan sujudnya mirip sekali dengan sholat lima waktu umat
Islam. Cara sholat umat Kristen Ortodoks Syiria sampai hari ini pun
masih bisa kita saksikan. Bagi umat Islam yang tidak mengerti sejarah,
pasti akan sewot dan mengatakan mereka telah mencontek sholatnya orang
Islam atau menuduh mereka melakukan kristenisasi gaya baru. Padahal,
justru kitalah yang mengadopsi sholat dari mereka.
Dengan demikian, Nabi ternyata tidak membawa syariat baru. Nabi
hanya memodifikasi berbagai syariat yang telah ada sebelumnya. Contoh
lainnya adalah Ibadah Haji dan Umroh. Ibadah ini sudah menjadi kelaziman
pada jaman pra Islam. Hampir seluruh ritualnya sama dengan yang
dilakukan umat Islam pada saat sekarang, yakni memakai pakaian ihram,
wukuf, melempar jumrah, sa’i dll. Nabi hanya mewarisi saja dengan
menyingkirkan ibadah ini dari kesyirikan dan diganti dengan kalimah thoyibah.
Begitu juga dengan
pengagungan bulan Ramadhan, perkumpulan di hari jum’at, telah
ada sebelumnya pada jaman pra Islam. Aturan pra Islam lainnya yang
diadopsi dari tradisi hanifiyyah antara lain : pengharaman
minum arak, riba, zina, memakan babi, kemudian ada juga pemotongan hukum
tangan pelaku pencuri dlsb. Dengan demikian, Nabi hanya melakukan
modifikasi saja pada beberapa syariat dan aturan. Termasuk dalam hal
poligami yang tadinya dilakukan orang Arab pra Islam tanpa batas
kemudian oleh Nabi dibatas menjadi empat
istri sesuai perintah dari Allah.
Nah, fakta-fakta diatas dapat Anda baca secara lebih luas
melalui buku-buku yang mengulas sejarah dan peradaban pra Islam,
misalnya karangan Khalil Abdul Karim dengan judulnya Al-Judzurat at-Tarikhiyyah la asy-syariah al Islamiyyah.
Nah, pertanyaannya sekarang adalah, mengapa Nabi tidak membawa syariat
yang sama sekali baru? Jawabannya mudah saja, karena jika membawa
syariat baru maka hampir bisa dipastikan dakwah Nabi gagal. Sama halnya
jika Nabi mengenalkan kesenian wayang di tanah Arab tentulah akan gagal
karena ketidakcocokan budaya. Meski Islam itu untuk seluruh
umat manusia, namun dalam konteks mengenalkan agama tersebut haruslah
tetap mengacu dan berkompromi pada ritual dan budaya lokal Arab agar
tetap bisa diterima masyarakat pada saat itu. Perhatikan firman Allah
berikut ini :
Dan jikalau Kami jadikan Al Quraan itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat ayatnya?” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (Rasul adalah orang) Arab? (Q.S Fushishilat (41) : 44)
Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. (Q.S Ibrahim (14) : 4)
Kalau Nabi membawa syariat baru maka sudah pasti akan ditolak
oleh orang Arab karena syariat itu akan menjadi sangat asing bagi
mereka. Coba kita ingat kembali misi utama Nabi yaitu memperbaiki ahlak
dan mengajarkan tauhid. Bayangkan jika Nabi harus mengenalkan syariat
baru, maka tentunya dakwah Nabi malah akan dipenuhi oleh pengajaran
ritual-ritual ibadah yang baru. Bisa jadi nantinya fokus pada pembinaan
ahlak akan terbengkalai karena umat lebih sibuk belajar ibadah ritual
tanpa memahami hakekat ritual itu sendiri. Padahal semua ritual
tersebut, tujuannya adalah untuk membentuk ahlak yang baik.
Hal yang sama juga telah dilakukan oleh para wali songo.
Contohnya Sunan Kudus membuat Masjid dengan atapnya sama seperti pura
(rumah ibadah umat Hindu). Syekh Siti Jenar tidak mengajarkan “sholat
ala Arab” kepada orang jawa. Sujud bagi orang Arab adalah penghormatan
yang tertinggi, sedangkan bagi orang jawa, penghormatan tertinggi adalah
duduk dengan tangan ditangkupkan diatas kepala. Wali lain seperti Sunan
Kalijaga juga mengenalkan Islam melalui sekatenan, muludan, selametan,
wayang dll.
Sampai saat ini, kita masih mendapati Islam jawa yang diajarkan
oleh Siti Jenar dan Sunan Kalijaga yang kemudian lebih dikenal dengan
nama Islam abangan atau kejawen. Dengan demikian, para wali ini
sebenarnya telah mengikuti sunnah Nabi yakni tidak merubah kebiasaan
masyarakat setempat melainkan memodifikasi sedemikian rupa agar
dakwahnya bisa diterima. Bagi para wali, yang terpenting dari ibadah itu
adalah tujuannya sedangkan “wadahnya” bisa fleksibel sesuai dengan
tradisi setempat.
Sekarang, sudah saatnya bagi kita tidak lagi perang syariat
antar aliran agama. Yang terpenting dari syariat adalah isinya bukan
kulitnya!. Syariat tanpa hakekat adalah sia-sia. Hakekat tanpa syariat?
Nah ini yang sebenarnya tidak ada!, orang yang sudah mencapai hakekat,
sudah pasti syariatnya ikut meski penerapannya berbeda antar tiap
kelompok, aliran dan agama. Adanya perbedaan haruslah dihargai, bukan
diperangi! Sebab cuma Allah-lah yang mengetahui sesat atau tidaknya
seseorang (Q.S 53 : 32, 6 : 117).
Kita harus mampu melampaui batasan yang sifatnya lahiriah.
Jangan melulu meributkan ritual fisik sholat! Tapi lihatlah tujuan dari
sholat itu sendiri. Jangan pula hanya berhenti pada tataran sholat lima
waktu saja. Sholat yang sejati adalah sholat yang terus menerus selama
24 jam (sholat daim) karena sholat inilah yang mampu melampui alam surga
sehingga dapat kembali kepada-Nya. Disanalah nanti orang-orang ‘arif
akan mendapatkan kebahagiaan yang kekal, manunggal bersama-Nya!
Bagi mereka yang ingin mendalami sholat daim maka silahkan
mencari ulama tauhid (guru mursyid). Ulama ini cukup banyak hanya saja
mereka tidak muncul ke permukaan. Mereka hanya mau mengajari orang-orang
yang mau mencapai maqam makrifat saja. Sama halnya Nabi
Muhammad pun hanya mengajari orang-orang tertentu saja misalnya para
sahabat seperti Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar dll. Nah karena tidak
mengajarkan secara terang-terangan inilah maka kemudian sebagian umat
Islam menghakimi bahwa tasawuf yang
bermunculan adalah sesat. Padahal ajaran tasawuf yang
bermunculan semuanya bermuara ke para sahabat Nabi seperti Ali, Abu
Bakar dll. Bahkan ada kelompok tasawuf yang mewajibkan murid-muridnya
harus hafal silsilah dari guru mursyidnya hingga ke Rasulullah. Ini
menandakan bahwa Rasulullah memang mengajarkan tasawuf atau cara
mencapai makrifat kepada sahabatnya
lalu diwariskan kembali oleh sahabat tersebut kepada generasi
selanjutnya. Para imam mazhab sendiri mengakui tasawuf sebagai ajaran
yang sangat penting. Imam Syafi’i Ra mengatakan : “Aku diberi rasa cinta
melebihi dunia kalian semua. Meninggalkan hal-hal yang memaksa, bergaul
dengan sesama penuh kelembutan dan mengikuti ahli tasawuf”.
Imam Ahmad bin Hambal Ra sebelum bertasawuf mengatakan “Hai
anakku, hendaknya engkau berpijak kepada Hadist. Kamu harus berhati-hati
bersama orang yang menamakan dirinya kaum sufi. Karena kadang diantara
mereka sangat bodoh dengan agama”. Kemudian setelah berguru tasawuf
kepada Abu Hamzah Al Baghdady, beliau meralat ucapannya : “Hai anakku,
hendaknya engkau bermajlis kepada para sufi karena mereka bisa
memberikan tambahan bekal kepada kita melalui ilmu yang banyak,
muroqobah, rasa takut kepada Allah, zuhud dan himmah yang luhur. Aku
tidak pernah melihat suatu kaum yang lebih utama ketimbang kaum sufi”.
Jadi, cara, usaha atau wasilah apapun sepanjang itu bisa
mendekatkan diri kepada Allah tidaklah dilarang. Malah di Al Quran, kita
dianjurkan mencari jalan yang mampu mendekatkan diri kepada-Nya :
Hai, orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan bersungguh-sungguh lah pada jalan- Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan (Q.S Al Maaidah (5) : 35)
Belajar tasawuf dengan berguru kepada ulama tauhid
merupakan usaha atau jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Mengapa
berguru itu penting? Keutamaan seorang guru mursyid adalah mampu
membimbing kita lebih terarah ketimbang kita melakukan pencarian seorang
diri. Dari sisi efisiensi waktu, jelas belajar kepada seorang guru akan
lebih cepat ketimbang belajar tanpa guru. Meski demikian guru mursyid
hendaknya tidak dikultuskan sedemikian rupa. Kita menimba pelajaran dari
beliau dan kita sendirilah yang
akan menjalankannya. Kita tetap menjaga hubungan yang baik dengan dengan guru mursyid sebagai sesama orang yang beriman.
Diluar sana, banyak juga orang yang melakukan
perjalanan spiritual seorang diri. Tentunya ia akan membutuhkan waktu
yang panjang dan hasilnya pun belum pasti bahkan bisa terperosok kepada
jalan yang keliru. Imam Ghozali adalah salah seorang filsuf yang
melakukan perjalanan panjang (salik) dalam menemui Tuhannya. Ia bahkan harus mengasingkan diri dari keramaian orang banyak (uzlah) agar tidak terganggu tirakatnya.
Tentu hidup di jaman sekarang sangat sulit mengasingkan diri
dari keramaian orang. Uzlah yang harus dilakukan manusia modern
hendaknya tidak harus menyendiri dari keramaian dan tidak harus melepas
tanggung jawab dunia dengan meninggalkan anak, istri. Seorang sufi
bernama Abu Said Al Khudri bahkan mengatakan :
“Manusia sempurna adalah orang yang duduk diantara semua mahluk, berdagang bersama mereka, menikah serta bercampur dengan sesama manusia. Namun mereka tidak lengah sedetikpun dari mengingat Allah”.
Dengan uraian diatas, jelaslah bahwa usaha untuk menemui Allah
tidak mesti harus memutus hubungan bermasyarakat. Allah bisa ditemui
siapapun, ditempat apapun. Untuk menemui Allah ternyata ada jalan
terpendek (mazhud) yakni dengan mendapat bimbingan dari guru
mursyid. Rasullullah sendiri telah mencontohkan dalam hal menemui Allah
yaitu dengan mikraj yang dilakukan cukup semalaman saja. Bandingkan
dengan Sidharta Gautama yang membutuhkan waktu 6 tahun untuk mencapai
mikraj. Guru mursyid inilah yang mampu mengajarkan mikraj dengan cepat
sebagaimana yang telah dicontohkan Nabi Muhammad. Carilah guru mursyid
yang mampu memberikan jalan tercepat dan paling efektif dalam usaha
menemui-Nya sebagaimana yang dinyatakan dalam Al Quran :
Aku dapat membawa singgasana-Nya dalam sekejab mata (Q.S An Naml (27) : 40)
Jalan pendek ini pun akhirnya diakui jauh lebih efektif oleh
Imam Ghozali dalam bukunya yang berjudul “misykat cahaya”. Sebab Allah
selalu memberi kemudahan kepada umat-Nya khususnya bagi mereka yang
memiliki keinginan kuat untuk menemui-Nya. Nabi Muhammad, dalam
Hadistnya mengatakan :
“Barang siapa ingin menjumpai Allah, maka Allah pun ingin menjumpainya”
“Barang siapa yang tidak ingin menjumpai Allah, maka Allah pun tidak ada
keinginan untuk menjumpainya”
”berjalan kamu menuju Allah, maka berlari Allah menghampirimu. Sejengkal
kamu mendatangi Allah, maka sedepa Allah mendatangimu”.
No comments:
Post a Comment