Saturday, July 21, 2012

Struktur Buah yang Penuh Misteri

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

SERI MERENUNGI PENCIPTAAN SEMESTA [8]


 
Struktur Buah yang Penuh Misteri
Sangat sedikit dari buah-buahan memiliki warna, bentuk dan khasiat yang banyak seperti anggur. Seuntai anggur dimana satu dengan yang lainnya tersusun dengan rapih, bisa menarik perhatian setiap yang melihatnya. Setiap biji dari untaian keemasan ini mengandung sejumlah unsur makanan yang dibutuhkan manusia. Oleh karenanya setiap ilmuan yang menjelaskan dan meneliti buah-buahan, tentang anggur mereka berkata demikian: Setelah apel yang dijuluki rajanya buah, anggur termasuk yang paling bermanfaat.
Anggur memenuhi panas yang cukup bagi badan manusia, dimana setiap kilo anggur sama dengan dua kilo daging.
Anggur bisa mencegah racun dari badan manusia, dimana satu kilo anggur sama dengan satu liter susu.
Anggur, karena memiliki vitamin penguat jantung, dan karena mengandung kalsium, ia bisa mencegah kerapuhan pada tulang.
Anggur bermanfaat bagi darah, dan disebabkan anggur memiliki zat besi dan magnesium, anggur bisa manjadi obat bagi kurang darah.
Anggur merupakan penghalus dan mengurangi fermentasi pada saluran makanan.
Anggur dikarenakan begitu banyak memiliki faedah sehingga bisa dinamakan sebagai apotek alam.
Anggur merupakan faktor utama kembalinya energi myositic, dan merupakan konsumsi sempurna bagi saluran saraf.
Anggur selain mengandung zat besi, juga mengandung zat gula, vitamin-vitamin khusus serta vitamin B2. Air anggur berdasarkan susunannya lebih mendekati kepada air susu ibu. Perhatikan perbandingan susunan air anggur dengan air susu ibu berikut ini:
Jenis Kandungan (%):         Air Anggur            Air Susu Ibu
1. Air                                        83                        89             
2. Kandungan Nitrogen           1,7                       1,5
3. Zat Garam                           1,3                       1,4
4. Zat Gula Alami                     12                        12 
Menurut keyakinan sebagian dokter, anggur memiliki efek-efek seperti mencegah rusaknya pencernaan, asam, pendarahan dan munculnya batu dalam ginjal, keracunan, sebagian penyakit kulit dan sebagian jenis-jenis penyakit lainnya.
Anggur bisa mengobati sebagian penyakit seperti penyakit urat, phlebitis, encok, tekanan darah dan darah tinggi.
Poin-poin di atas yang berkenaan dengan anggur telah dikemukakan oleh para ilmuan setelah eksperimen yang berulang-ulang. Dan poin yang menarik dari kajian ini adalah; apakah munculnya unsur-unsur tersebut di atas yang dikandung oleh buah-buahan adalah karena kebetulan dan tidak ada rancangan sebelumnya ? Apakah anggur-anggur yang tersusun dan membentuk untaian anggur muncul dari kebetulan ? Apakah keberadaan biji di dalam setiap anggur  tidak dimaksudkan bahwa biji ini harus tertanam di dalam tanah,  sehingga untuk selamanya buah pemilik kelebihan  dan penuh manfaat ini senantiasa tetap ada di dalam bumi  serta hidangan baik ini selamanya tersaji bagi para tamu? Jika ini bukan dalil ilmu, hikmah dan kudrat, lalu apa dalil ilmu, hikmah dan kudrat ?
 
Akal Pikiran akan Keheranan dengan Kumpulan Yakut Delima
meskipun delima tidak memiliki manfaat sebanyak anggur, akan tetapi terkhusus untuk mensterilkan darah sangatlah berguna. Di samping itu susunan dari delima memiliki pelajaran tauhid, yang menjadi kajian kita dan kaya dengan manfaat:
Kulit warna delima terdiri dari dua lapisan yang berbeda; pertama, lapisan luar yang keras dan kuat ibarat pelapis dan pelindung yang kuat menjaga bagian-bagian dalam delima yang halus. Kedua, lapisan dalam yang halus ibarat pembungkus yang melindungi biji-biji delima yang lembut. Di atas lapisan ini terdapat susunan teratur, dimana biji-biji delima bersambung dengannya, juga sebagai saluran bagi bahan-bahan makanan. Selain itu juga terdapat lembaran-lembaran putih dan halus di dalam delima yang memisahkan tingkatan-tingkatan biji delima. Lembaran putih itu ibarat gabus yang ada disela-sela barang-barang mudah pecah didalam sebuah kotak, dan menjaga biji-biji delima. Setiap biji delima ibarat yakut yang disimpan dalam satu tempat khusus dan diproduksi oleh sebuah pabrik. Bangunan serta susunan rapih dan teratur ini, disatu sisi mempermudah kita memakan seluruh biji ini dan dari sisi lain sangat bermanfaat untuk menjaga biji-biji delima. Jika seandainya susunan biji-biji dalam delima tidak seperti ini, maka unsur-unsur halus yang ada di dalam delima akan lepas dengan sedikit tekanan, dan dalam jangka waktu cepat akan membusuk.
Apakah rancangan yang profesional dan susunan detail ini; buka pertanda dari ilmu, hikmah dan kudrat dari pencipta alam ini ? Jika seandainya kita tidak melihat semua wujud yang ada di alam ini dan hanya melihat serta meneliti susunan dari delima, itu sudah cukup untuk menuntun kita kepada sang pencipta yang maha bijaksana dan Tuhan yang maha tahu.
Walhasil di dalam buah-buahan terkandung tanda-tanda hikmah dan kudrat Sang Pencipta alam.
Unsur-unsur sederhana yang terdapat pada air dan tanah, bagaimana bisa berubah dalam bentuk yang beraneka ragam ? Faktor-faktor apa yang berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan mereka ? Dan dengan aturan bijak yang bagaimana mereka tetap terjaga ? Dari segi bentuk, rasa dan khasiat mereka memiliki kualitas yang berbeda-beda, dimana akal dan kecerdasan kita diajak untuk mengungkap Sang Pencipta yang Maha Mengetahui dan Maha Kuasa.
 
Manfaat Maknawi dan Materi
Para pembaca yang budiman! Sesuatu yang paling sering kita hadapi, dan termasuk sebagai kebutuhan primer kita adalah mengkonsumsi makanan. Al-Qur'an ingin mengajak kita untuk melihat dan merenungi dengan teliti terhadap jenis-jenis makanan kita dan mengambil manfaat maknawi darinya. Yaitu hendaklah kita perhatikan, apa faktor-faktor dan sebab-sebab yang membuat sehingga suapan makanan dan minuman dapat kita rasakan. Oleh karenanya al-Qur'an memperingati kita kepada tahapan-tahapan yang dilalui oleh buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, sehingga dengan jalan ini kita bisa mengenal Tuhan yang menyajikan hidangan baik yang sarat dengan kenikmatan ini.
      “Maka hendaklah manusia melihat kepada makanannya“ yaitu hendaklah manusia melihat kepada makanannya dengan teliti dan seksama. “Sesungguhnya kami telah cucurkan air dengan cucuran". Kita sering kali melihat derasnya hujan, akan tetapi kita tidak pernah merenungkan aturan bijak apa yang ada dalam hal ini. Pertama, air tersimpan di samudra kemudian dengan cahaya matahari, air berubah menjadi uap dan berbentuk awan dan mega yang bertebaran, dan melalui perantaraan angina, awan dan mega menyebar ke berbagai tempat dan berubah menjadi percikan-percikan air yang jatuh kepermukaan bumi. Aturan ini selamanya tetap berjalan sehingga lewat ini, sumber kehidupan dapat dibagi-bagi dan dirasakan oleh semua makhluk hidup.
      “Kemudian kami membelah bumi dengan belahan“. Tumbuhan kecil yang lembut dan halus pun membelah tanah, dia memunculkan dirinya dan keluar dari tanah meskipun harus melawan daya grafitasi bumi, karena mendambakan cahaya dan udara. Jika kita menelaah hal ini. dimana tanpa kehendak dan pengaturan kita, bagaimana air bisa turun dari langit dan bagaimana tanah dapat terbelah dengan munculnya tumbuhan kecil dari dalamnya. Mau tidak mau mesti kita akui bahwa ada kudrat, aturan dan kehendak yang menguasai peristiwa ini, dan itu adalah kudrat dan aturan Tuhan. Oleh karenanya Tuhan menyatakan bahwa semua itu merupakan hasil dari kudrat-Nya, seperti dalam firman-Nya: “Maka kami telah tanam di dalamnya biji anggur, sayuran, zaitun, kurma dan kebun-kebun yang lebat serta buah-buahan dan rerumputan”. Ini semua merupakan peringatan yang diberikan oleh al-Qur'an kepada manusia sehingga dengan kemanusiaanya, ia bisa menelaahnya serta dengan jalan memakrifati keesaan Tuhan ia bisa menyempurnakan dirinya.
Keberadaan  awan, angin, matahari serta planet
Membuat engkau bisa mendapat sepotong roti
Jangan engkau memakannya dengan lalai
Meskipun mereka semunya pasrah dan taat untuk engkau santap
Tapi harapan mereka jangan sampai engkau tidak taat pada sang Pencipta.
Post a Comment