Friday, October 5, 2012

KITAB ISTIQAL BAB 5 BAGIAN 2

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

 D. Empat Simbolik Spaces

Ketika saya pertama kali bertemu Pamijahan dan mulai bergulat dengan banyak masalah, saya paling terkesan dengan cara penduduk desa mengelola ribuan pengunjung yang datang ke situs suci setiap hari. Berbicara tentang masalah organisasi di Pamijahan adalah berbicara tentang aspek-aspek tertentu dari masa lalu dan tentang silsilah. Dari penjelasan penjaga kepala suku dari serikat penjaga (pakuncenan) menjadi jelas bagaimana silsilah digunakan secara metaforis untuk pengaturan spasial.

Para penjaga telah menerbitkan sebuah buku kecil yang disebut 'Sejarah Perjuangan Syaikh Abdul Muhyi Haji Waliyullah Pamijahan, atau' Sejarah Perjuangan Syaikh Abdul Muhyi dari 'Pamijahan. (Khaerussalam 1992) Buku ini dianggap sebagai sejarah tertulis resmi di Pamijahan kontemporer. Ini terdiri dari empat bab yang mewakili urutan sejarah, mulai dari kelahiran sang Syaikh, misinya, kegiatan di Jawa Barat, dan manajemen berikutnya dari situs suci. Poin yang paling penting mengenai tanda-tanda spasial, yang menghubungkan silsilah dengan konsep ruang di desa, ditemukan dalam Bab III dan IV. Dalam Bab III kustodian melaporkan bahwa,'' Dewan desa awalnya menyetujui pembagian hak pengelolaan situs dan wilayah di sekitar desa untuk tiga kelompok (pongpok), berasal dari tiga Abdul Muhyi anak-anak dari istri pertamanya yang bernama ayu Bakta ". (Khaerussalam 1992:39) Kemudian kelompok keempat ditambahkan.
Gambar 11. Genealogi dan pongpok tersebut.

 
The 'sumber sungai', kokocoran, seperti yang terlihat dari diagram di atas, merupakan tempat yang dibayangkan dan ruang ritual. Kemudian, seperti yang akan dibahas di bawah, keempat sumber, kokocoran, yang melekat metaforis ke empat sisi makam Wali.Silsilah ditemukan dalam abstraksi ruang, atau pongpok. Pongpok harfiah berarti 'sisi'. Sangat mudah bagi penduduk desa untuk membayangkan hubungan sosial mereka didasarkan pada sistem hubungan warisan. Pola hubungan telah diwujudkan dalam bentuk empat sisi, atau pongpok makam persegi panjang. Pongpok tidak hanya mengacu pada dinding atau sisi kuil persegi panjang atau makam, tetapi juga adalah sebuah metafora untuk struktur sosial dan ruang budaya di mana berbagai ritual dapat dilakukan. Apa yang unik untuk Pamijahan adalah bahwa garis keturunan, atau pongpok, sebagai kelompok sub metaforis berhubungan dengan bentuk persegi panjang dari makam.Syaikh Abdul Muhyi memiliki empat istri. Wilayah suci didominasi oleh keluarga keturunan dari istri pertama yang melahirkan empat anak. Tapi, anak keempat Muhyi itu, Paqih Ibrahim, pindah luar desa dan seorang putra dari istri kedua diasumsikan haknya untuk ruang sakral. Dari sana, empat sub-kelompok berasal di mana didahulukan dalam mengendalikan pongpok dari kuil itu diberikan kepada kelompok dari istri pertama. Dari informasi yang diberikan oleh penjaga, divisi ruang diciptakan kemudian setelah peziarah dari luar desa mulai mengunjungi kuburan. Berikut adalah narasi yang disampaikan oleh A.A. Khaerusalam berkaitan dengan berdirinya pongpok empat.

    
Setelah diskusi (musyawarah) dewan desa memutuskan bahwa Tomb (Makam) dan sekitarnya dipertahankan. Pertama, tugas-tugas ini ditawarkan kepada tiga keluarga atau sisi (pongpok) yang berasal dari tiga putra Kangjeng Syaikh Abdul Muhyi Haji dari istri pertamanya, Ayu Bakta. Anak-anak adalah (1) Sembah Dalem Bojong, (2) Syaikh Abdulloh dan (3) Media Kusuma ... Selain itu mereka juga sepakat untuk memberikan status pengurus untuk keluarga lain, bahwa istri yang Muhyi, Sembah Ayu Salamah ... Jadi pembagian perawatan makam Muhyi yang didistribusikan di antara empat keluarga utama (Khaerussalam: 38-39).Keputusan dewan desa memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial desa. Ini tidak hanya ditentukan hubungan antara anggota keluarga masing-masing, tetapi juga secara simbolis didistribusikan berkat wali di antara pongpok tersebut. Hal ini juga menciptakan tubuh atau 'serikat' dari kustodian (pakuncenan) yang terdiri dari empat keturunan Muhyi itu.The kapongpokan, organisasi spasial simbolik didasarkan pada empat pongpok bukan merupakan hak formal untuk tanah berdasarkan kebijakan pemerintah. Justru itu adalah klaim simbolis di lahan yang menunjukkan wilayah tradisional berbasis loyalitas, karumaosan, dari orang-orang yang tinggal di daerah ini. Wilayah tradisional di bawah kapongpokan dapat dibagi menjadi empat bagian imaginaary.Di masa lalu, semua daerah yang disebut 'tanah amal' perdikan atau Tanah pasidkah. (Quinn 2002) ini 'lahan amal' digunakan untuk bebas dari pajak tanah, tapi hari ini pemerintah telah memberlakukan pajak di daerah ini. Tanah Istilah pasidkah sekarang tidak lagi digunakan melainkan kapamijahanan. Dalam bahasa setempat, kapamijahan adalah nominalisation lanjut dari Pamijahan, dan dalam pandangan penduduk desa yang tidak kalah penting daripada Tanah pasidkah.Hal ini tercermin dalam loyalitas orang-orang yang tinggal di empat wilayah di timur, utara, barat, dan selatan dari kuil. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan tempat suci itu dengan menyumbangkan uang mereka, keterampilan dan tenaga kerja. Orang-orang di daerah ini memiliki seorang pemimpin yang disebut 'pemimpin pongpok' yang akan memimpin mereka dalam melakukan ritual. Orang luar tidak dapat mengontrol sistem pongpok. Tidak ada yang dapat memodifikasi sistem ini karena, menurut kesaksian para leluhur ', "daun hijau tidak akan tumbuh di bagian atas pohon, atau akar akan tumbuh di bagian bawah". (Ajengan Endang 1997)Pembagian ruang di Pamijahan menunjukkan hirarki dalam sistem tanda. Menurut gagasan pongpok, kuil terletak di pusat desa yang dikelilingi oleh sub-desa terkait dengan pongpok tersebut. The pongpok pertama menempati sisi Selatan, pongpok kedua, ketiga, dan keempat menempati Timur, Utara, dan Barat masing-masing sisi.Pongpok Masing-masing memiliki seorang pemimpin (ketua pongpok). Gagasan fungsi pongpok terutama dalam ritual, khususnya ziarah, perayaan Islam dan ritual tahunan yang terkait dengan kuil. Dalam ritual, pongpok masing-masing memainkan peran yang sangat penting. Untuk renovasi ritual suci Muhyi, misalnya, setiap pongpok membawa bahan sendiri ke kuil untuk menjaga bagian dari kuil yang berhubungan dengan pongpok mereka.Selanjutnya, dalam ritual haji, konsep pongpok mempengaruhi interaksi sosial. Perwalian, atau pakuncenan, adalah terjemahan nyata dari silsilah ke ruang ritual di desa, karena penjaga kuil berasal dari sistem pongpok. Posisi kustodian utama adalah seumur hidup dan sebuah pos terpilih. Para penjaga yang bertanggung jawab atas staf dan menjalankan sehari-hari ziarah, diputar mingguan antara pongpok empat.
The 'sumber sungai', kokocoran, seperti yang terlihat dari diagram di atas, merupakan tempat yang dibayangkan dan ruang ritual. Kemudian, seperti yang akan dibahas di bawah, keempat sumber, kokocoran, yang melekat metaforis ke empat sisi makam Wali.Silsilah ditemukan dalam abstraksi ruang, atau pongpok. Pongpok harfiah berarti 'sisi'. Sangat mudah bagi penduduk desa untuk membayangkan hubungan sosial mereka didasarkan pada sistem hubungan warisan. Pola hubungan telah diwujudkan dalam bentuk empat sisi, atau pongpok makam persegi panjang. Pongpok tidak hanya mengacu pada dinding atau sisi kuil persegi panjang atau makam, tetapi juga adalah sebuah metafora untuk struktur sosial dan ruang budaya di mana berbagai ritual dapat dilakukan. Apa yang unik untuk Pamijahan adalah bahwa garis keturunan, atau pongpok, sebagai kelompok sub metaforis berhubungan dengan bentuk persegi panjang dari makam.Syaikh Abdul Muhyi memiliki empat istri. Wilayah suci didominasi oleh keluarga keturunan dari istri pertama yang melahirkan empat anak. Tapi, anak keempat Muhyi itu, Paqih Ibrahim, pindah luar desa dan seorang putra dari istri kedua diasumsikan haknya untuk ruang sakral. Dari sana, empat sub-kelompok berasal di mana didahulukan dalam mengendalikan pongpok dari kuil itu diberikan kepada kelompok dari istri pertama. Dari informasi yang diberikan oleh penjaga, divisi ruang diciptakan kemudian setelah peziarah dari luar desa mulai mengunjungi kuburan. Berikut adalah narasi yang disampaikan oleh A.A. Khaerusalam berkaitan dengan berdirinya pongpok empat.

    
Setelah diskusi (musyawarah) dewan desa memutuskan bahwa Tomb (Makam) dan sekitarnya dipertahankan. Pertama, tugas-tugas ini ditawarkan kepada tiga keluarga atau sisi (pongpok) yang berasal dari tiga putra Kangjeng Syaikh Abdul Muhyi Haji dari istri pertamanya, Ayu Bakta. Anak-anak adalah (1) Sembah Dalem Bojong, (2) Syaikh Abdulloh dan (3) Media Kusuma ... Selain itu mereka juga sepakat untuk memberikan status pengurus untuk keluarga lain, bahwa istri yang Muhyi, Sembah Ayu Salamah ... Jadi pembagian perawatan makam Muhyi yang didistribusikan di antara empat keluarga utama (Khaerussalam: 38-39).Keputusan dewan desa memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial desa. Ini tidak hanya ditentukan hubungan antara anggota keluarga masing-masing, tetapi juga secara simbolis didistribusikan berkat wali di antara pongpok tersebut. Hal ini juga menciptakan tubuh atau 'serikat' dari kustodian (pakuncenan) yang terdiri dari empat keturunan Muhyi itu.The kapongpokan, organisasi spasial simbolik didasarkan pada empat pongpok bukan merupakan hak formal untuk tanah berdasarkan kebijakan pemerintah. Justru itu adalah klaim simbolis di lahan yang menunjukkan wilayah tradisional berbasis loyalitas, karumaosan, dari orang-orang yang tinggal di daerah ini. Wilayah tradisional di bawah kapongpokan dapat dibagi menjadi empat bagian imaginaary.Di masa lalu, semua daerah yang disebut 'tanah amal' perdikan atau Tanah pasidkah. (Quinn 2002) ini 'lahan amal' digunakan untuk bebas dari pajak tanah, tapi hari ini pemerintah telah memberlakukan pajak di daerah ini. Tanah Istilah pasidkah sekarang tidak lagi digunakan melainkan kapamijahanan. Dalam bahasa setempat, kapamijahan adalah nominalisation lanjut dari Pamijahan, dan dalam pandangan penduduk desa yang tidak kalah penting daripada Tanah pasidkah.Hal ini tercermin dalam loyalitas orang-orang yang tinggal di empat wilayah di timur, utara, barat, dan selatan dari kuil. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan tempat suci itu dengan menyumbangkan uang mereka, keterampilan dan tenaga kerja. Orang-orang di daerah ini memiliki seorang pemimpin yang disebut 'pemimpin pongpok' yang akan memimpin mereka dalam melakukan ritual. Orang luar tidak dapat mengontrol sistem pongpok. Tidak ada yang dapat memodifikasi sistem ini karena, menurut kesaksian para leluhur ', "daun hijau tidak akan tumbuh di bagian atas pohon, atau akar akan tumbuh di bagian bawah". (Ajengan Endang 1997)Pembagian ruang di Pamijahan menunjukkan hirarki dalam sistem tanda. Menurut gagasan pongpok, kuil terletak di pusat desa yang dikelilingi oleh sub-desa terkait dengan pongpok tersebut. The pongpok pertama menempati sisi Selatan, pongpok kedua, ketiga, dan keempat menempati Timur, Utara, dan Barat masing-masing sisi.Pongpok Masing-masing memiliki seorang pemimpin (ketua pongpok). Gagasan fungsi pongpok terutama dalam ritual, khususnya ziarah, perayaan Islam dan ritual tahunan yang terkait dengan kuil. Dalam ritual, pongpok masing-masing memainkan peran yang sangat penting. Untuk renovasi ritual suci Muhyi, misalnya, setiap pongpok membawa bahan sendiri ke kuil untuk menjaga bagian dari kuil yang berhubungan dengan pongpok mereka.Selanjutnya, dalam ritual haji, konsep pongpok mempengaruhi interaksi sosial. Perwalian, atau pakuncenan, adalah terjemahan nyata dari silsilah ke ruang ritual di desa, karena penjaga kuil berasal dari sistem pongpok. Posisi kustodian utama adalah seumur hidup dan sebuah pos terpilih. Para penjaga yang bertanggung jawab atas staf dan menjalankan sehari-hari ziarah, diputar mingguan antara pongpok empat.
Figure 11. Genealogy and the pongpok.'sumber sungai', kokocoran, seperti yang terlihat dari diagram di atas, merupakan tempat yang dibayangkan dan ruang ritual. Kemudian, seperti yang akan dibahas di bawah, keempat sumber, kokocoran, yang melekat metaforis ke empat sisi makam Wali.Silsilah ditemukan dalam abstraksi ruang, atau pongpok. Pongpok harfiah berarti 'sisi'. Sangat mudah bagi penduduk desa untuk membayangkan hubungan sosial mereka didasarkan pada sistem hubungan warisan. Pola hubungan telah diwujudkan dalam bentuk empat sisi, atau pongpok makam persegi panjang. Pongpok tidak hanya mengacu pada dinding atau sisi kuil persegi panjang atau makam, tetapi juga adalah sebuah metafora untuk struktur sosial dan ruang budaya di mana berbagai ritual dapat dilakukan. Apa yang unik untuk Pamijahan adalah bahwa garis keturunan, atau pongpok, sebagai kelompok sub metaforis berhubungan dengan bentuk persegi panjang dari makam.Syaikh Abdul Muhyi memiliki empat istri. Wilayah suci didominasi oleh keluarga keturunan dari istri pertama yang melahirkan empat anak. Tapi, anak keempat Muhyi itu, Paqih Ibrahim, pindah luar desa dan seorang putra dari istri kedua diasumsikan haknya untuk ruang sakral. Dari sana, empat sub-kelompok berasal di mana didahulukan dalam mengendalikan pongpok dari kuil itu diberikan kepada kelompok dari istri pertama. Dari informasi yang diberikan oleh penjaga, divisi ruang diciptakan kemudian setelah peziarah dari luar desa mulai mengunjungi kuburan. Berikut adalah narasi yang disampaikan oleh A.A. Khaerusalam berkaitan dengan berdirinya pongpok empat.

    
Setelah diskusi (musyawarah) dewan desa memutuskan bahwa Tomb (Makam) dan sekitarnya dipertahankan. Pertama, tugas-tugas ini ditawarkan kepada tiga keluarga atau sisi (pongpok) yang berasal dari tiga putra Kangjeng Syaikh Abdul Muhyi Haji dari istri pertamanya, Ayu Bakta. Anak-anak adalah (1) Sembah Dalem Bojong, (2) Syaikh Abdulloh dan (3) Media Kusuma ... Selain itu mereka juga sepakat untuk memberikan status pengurus untuk keluarga lain, bahwa istri yang Muhyi, Sembah Ayu Salamah ... Jadi pembagian perawatan makam Muhyi yang didistribusikan di antara empat keluarga utama (Khaerussalam: 38-39).Keputusan dewan desa memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial desa. Ini tidak hanya ditentukan hubungan antara anggota keluarga masing-masing, tetapi juga secara simbolis didistribusikan berkat wali di antara pongpok tersebut. Hal ini juga menciptakan tubuh atau 'serikat' dari kustodian (pakuncenan) yang terdiri dari empat keturunan Muhyi itu.The kapongpokan, organisasi spasial simbolik didasarkan pada empat pongpok bukan merupakan hak formal untuk tanah berdasarkan kebijakan pemerintah. Justru itu adalah klaim simbolis di lahan yang menunjukkan wilayah tradisional berbasis loyalitas, karumaosan, dari orang-orang yang tinggal di daerah ini. Wilayah tradisional di bawah kapongpokan dapat dibagi menjadi empat bagian imaginaary.Di masa lalu, semua daerah yang disebut 'tanah amal' perdikan atau Tanah pasidkah. (Quinn 2002) ini 'lahan amal' digunakan untuk bebas dari pajak tanah, tapi hari ini pemerintah telah memberlakukan pajak di daerah ini. Tanah Istilah pasidkah sekarang tidak lagi digunakan melainkan kapamijahanan. Dalam bahasa setempat, kapamijahan adalah nominalisation lanjut dari Pamijahan, dan dalam pandangan penduduk desa yang tidak kalah penting daripada Tanah pasidkah.Hal ini tercermin dalam loyalitas orang-orang yang tinggal di empat wilayah di timur, utara, barat, dan selatan dari kuil. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan tempat suci itu dengan menyumbangkan uang mereka, keterampilan dan tenaga kerja. Orang-orang di daerah ini memiliki seorang pemimpin yang disebut 'pemimpin pongpok' yang akan memimpin mereka dalam melakukan ritual. Orang luar tidak dapat mengontrol sistem pongpok. Tidak ada yang dapat memodifikasi sistem ini karena, menurut kesaksian para leluhur ', "daun hijau tidak akan tumbuh di bagian atas pohon, atau akar akan tumbuh di bagian bawah". (Ajengan Endang 1997)Pembagian ruang di Pamijahan menunjukkan hirarki dalam sistem tanda. Menurut gagasan pongpok, kuil terletak di pusat desa yang dikelilingi oleh sub-desa terkait dengan pongpok tersebut. The pongpok pertama menempati sisi Selatan, pongpok kedua, ketiga, dan keempat menempati Timur, Utara, dan Barat masing-masing sisi.Pongpok Masing-masing memiliki seorang pemimpin (ketua pongpok). Gagasan fungsi pongpok terutama dalam ritual, khususnya ziarah, perayaan Islam dan ritual tahunan yang terkait dengan kuil. Dalam ritual, pongpok masing-masing memainkan peran yang sangat penting. Untuk renovasi ritual suci Muhyi, misalnya, setiap pongpok membawa bahan sendiri ke kuil untuk menjaga bagian dari kuil yang berhubungan dengan pongpok mereka.Selanjutnya, dalam ritual haji, konsep pongpok mempengaruhi interaksi sosial. Perwalian, atau pakuncenan, adalah terjemahan nyata dari silsilah ke ruang ritual di desa, karena penjaga kuil berasal dari sistem pongpok. Posisi kustodian utama adalah seumur hidup dan sebuah pos terpilih. Para penjaga yang bertanggung jawab atas staf dan menjalankan sehari-hari ziarah, diputar mingguan antara pongpok empat.
E. Kokocoran dan Notion dari Kedekatan

Sebagaimana telah kita lihat, lanskap imajiner Pamijahan, abstraksi ruang, memiliki pengaruh signifikan dalam interaksi sosial dan simbolik. Oleh karena itu, sebagai lanskap teks harus dipahami, meminjam kata-kata Umberto Eco, sebagai teks terbuka, opera aperta. (Eco 1962: 240) Ada titik di mana orang dapat menegosiasikan struktur teks. Diutamakan dalam waktu ditegaskan dan bahkan diperebutkan oleh berbagai 'konvensi membaca'. Untuk mengelola 'negosiasi', narasi lain telah datang menjadi ada. Menurut penduduk desa, desa juga harus dipahami sebagai sebuah lingkaran di mana pusat di mana kuil terletak adalah ruang paling suci. Sebagai bukti, kustodian lain telah menarik berbagai jenis peta (bawah).
Gambar 12. Peta lainnya ditarik oleh penjaga

Figure 12. The other map drawn by custodians
Gambar 13. The, bersarang, atau konsentris suci domain dari Pamijahan
Figure 13. The nested, or concentric, sacred domains of Pamijahan
 Sebuah ruang, yang sebelumnya kosong atau hanya 'hutan liar', telah menjadi arena di mana representasi berbagai 'didirikan'. Seperti yang terlihat dalam peta kedua (gambar 12), pusat diyakini oleh warga desa untuk menjadi tempat paling suci di desa di mana berkat Wali langsung terwujud. Peta itu juga ditarik oleh seorang anggota staf dari penjaga. Berbeda dengan peta sebelumnya, penjaga di sini berfokus secara lebih rinci pada topografi yang lebih luas. Peta ini juga jelas memasok penanda untuk batas desa suci, atau Pamijahan. Dalam pandangan kustodian itu, kapamijahanan adalah konsep budaya mengacu pada ruang berbingkai persegi panjang di peta.Ini penataan ruang dikaitkan dengan dua faktor. Pertama, menurut penduduk desa, daerah suci didirikan sebelum Syaikh Abdul Muhyi dimakamkan di sana. Tradisi lisan mengatakan bahwa setelah Wali 'pergi' ke Mekkah untuk melakukan shalat Jumat bersama-sama dengan yang lain wali. [4] Syaikh Abdul Muhyi bepergian di bawah laut, sementara rekannya berwisata bersama permukaan. Menurut penduduk desa, Syekh Abdul Muhyi tiba di Mekkah lebih dari temannya, karena ia berhenti untuk merokok selama perjalanan. Dia tidak bisa melihat jalan ke Mekah melalui asap dan hanya setelah ia meletakkan rokoknya ia bisa melanjutkan. Setelah ia kembali ke Pamijahan, ia memerintahkan keluarganya, serta pengikut, untuk menahan diri dari merokok di wilayahnya.'Non-smoking area' di pusat Pamijahan memiliki akar dalam cerita ini. Para kerabat dekat dari Wali, termasuk penjaga, sebagian besar menempati daerah ini di mana Wali dimakamkan.Untuk menjaga ruang batin, Pamijahanese telah membangun sebuah batas yang jelas antara domain luar dan dalam. Tanda-tanda yang paling jelas yang membedakan desa suci dari yang profan, adalah gerbang masuk melengkung, atau Kaca-Kaca. Pada setiap pilar larangan gerbang ditulis, mengingatkan warga dan pengunjung bahwa mereka memasuki desa suci. Menurut pedoman yang ditulis pada pilar, yang dikenal sebagai tali paranti, penduduk desa dan pengunjung dilarang merokok, memakai topi, untuk menggunakan payung, dan untuk mendorong kendaraan ke daerah dalam. Selanjutnya, setelah melewati gerbang, kita harus mengenakan pakaian yang sesuai berdasarkan tradisi Islam. Masyarakat dan pengunjung percaya bahwa melanggar kebiasaan ini memalukan dan menempatkan mereka pada risiko tidak menerima berkat Syaikh.The Kaca-Kaca, seperti artefak lainnya di desa, ditemukan oleh kerabat kontemporer orang suci. Menurut Mama Satibi, kustodian senior, beberapa kerabat Wali tinggal di luar desa, ulama Islam terkemuka, mengumpulkan dana untuk membangun gerbang. Abdul Muhyi sendiri tidak melaksanakannya. Namun, kerabat dibangun dalam menanggapi kesaksian Wali bahwa semua penduduk desa dan pengunjung yang datang ke tempatnya, Kampung Pamijahan, harus mematuhi aturan itu. Daerah yang dicakup oleh tradisi ini ditandai dengan batas aslinya: sungai kecil di Utara dan Timur, masjid suci kecil (masjid) di Barat dan bukit di Selatan.Di kontemporer Pamijahan, batas-batas adalah subyek dari membentuk kembali dan perdebatan. Anggota dari satu pongpok telah menyatakan bahwa batas ini mencakup wilayah yang lebih besar daripada yang asli tapi kelompok lain percaya bahwa margin saat ini yang asli. Kontroversi ini memiliki konsekuensi, terutama bagi penduduk desa yang memilih untuk hidup baik di dalam dan di luar kawasan suci. Menurut kelompok pertama, gerbang harus didirikan di luar batas, namun, untuk kelompok kedua, harus persis di perbatasan. Pada saat dia, kelompok yang terakhir masih tinggal dalam kawasan suci tetapi banyak yang tidak sesuai dengan aturan yang ditentukan untuk kawasan suci. Mereka merokok di daerah ini tanpa takut larangan nenek moyang mereka.
 F. Tempata. Makam Syekh (Makom Kangjeng Syaikh)Mengikuti jalan, setelah lima menit berjalan kaki dari kantor penjaga, satu melintasi sebuah jembatan sempit di atas sungai Ci Pamijahan. Melewati gerbang kecil, jalan mengarah ke sebuah bukit kecil, di atas mana kuil itu berada. Di kaki bukit, keran dan kamar mandi (Pancuran) yang digunakan untuk wudhu (wudhu). Setengah jalan di sepanjang jalur tersebut, ada juga fasilitas mandi dan toilet untuk pengunjung yang ingin tinggal untuk waktu yang lebih lama. Dari kaki bukit pengunjung dapat berjalan jalan ke tempat suci itu berada.Mendekati kuil, ada yang lain, lebih kecil Kaca-Kaca dihiasi dengan kaligrafi, memberikan nama wali dimakamkan di sana. Kaligrafi ini telah dimodifikasi dan sekarang berbeda dari apa yang dilaporkan oleh Rinkes (1909). Dalam mengubah prasasti, penjaga telah mengabaikan kritik dari apa yang disebut modernis, yaitu anggota Persis dan Muhammadiyah, yang telah membuat tuduhan bahwa Pamijahan adalah 'pamujaan' atau tempat untuk menyembah sesuatu selain Allah. Para penjaga telah dihapus kaligrafi sebelumnya dan menggantinya dengan frase Indonesia mengingatkan pengunjung untuk menunaikan ibadah haji berdasarkan ajaran Islam.Tempat suci itu sendiri dibangun di quadrangle, sekitar 18 meter persegi. Bangunan itu memiliki tiga kamar utama, dipisahkan oleh dinding, setiap kamar yang dihubungkan oleh sebuah pintu yang terbuka sepanjang waktu kecuali untuk pintu terhubung ke kuburan utama, Makom itu sendiri. Makam Wali menempati sebuah ruangan kecil.Ruang pertama disebut tempat untuk peziarah (klien untuk membuka posisi nu ziarah) dan digunakan oleh pengunjung untuk membaca Quran. Peziarah juga dapat menggunakannya untuk membaca nyanyian rumusan tertentu (amalan) yang diberikan oleh kustodian, atau mereka mungkin melakukan pembacaan mereka sendiri di sana. Peziarah biasanya beristirahat di sana juga. Sebelum memasuki ruang kedua, ada ruangan lain yang disebut tempat pertama untuk berziarah (klien untuk membuka posisi penziarahan PERTAMA). Berikut dimakamkan tiga istri Syaikh Abdul Muhyi, anak dan pengikut yang terkenal aristokrat dari Sukapura, Subamanggala. Ironisnya, meskipun Sembah Abdullah, putra Syekh Abdul Muhyi dan penggantinya sebagai pemimpin urutan Shattariyyah, yang dimakamkan di sini, hanya beberapa pengunjung memberikan penghormatan di makam itu. Subamanggala, bangsawan dari Sukapura, terkubur di sudut timur dari kuil, juga menerima sedikit minat dari pengunjung. Keluarganya bahkan menempatkan simbol aristokrat, payung (Payung) di atas makam untuk menarik perhatian pengunjung, tetapi tidak muncul untuk menambah kekudusannya.Ruang kedua, disebut ruang tawassul, sering digunakan untuk ritual utama, yang dilakukan oleh pengunjung di bawah bimbingan seorang Kuncen. Pengunjung dan duduk kustodian sekitar Makom tersebut. Ada rak untuk membuat persembahan atau untuk meletakkan parfum, dupa, dan bahan lainnya untuk diberkati. Pengunjung dilarang untuk beristirahat atau tidur di ruangan ini kedua karena pengunjung selalu datang dan keluar. Ruang ketiga adalah bagian dari wilayah Makom. Di daerah ini, ada sebuah makam yang diatapi oleh kanopi yang terbuat dari kain katun putih (kulambu). Kuburan (Paesan) dari Syekh Abdul Muhyi ditandai dengan batu nisan (tetengger). Log kayu memperpanjang sepanjang setiap sisi kubur. Tidak seperti banyak tempat-tempat suci lainnya di Jawa, makam Syekh Abdul Muhyi yang tidak memiliki suprastruktur permanen, atau Paesan / cungkup terbuat dari beton atau batu. Fitur-fitur ini sampai batas tertentu merupakan suatu pandangan ortodoks mengenai struktur makam Islam, yang juga dapat ditemukan di makam Nabi Muhammad. Menurut penduduk desa, tidak wajib untuk membangun Paesan permanen karena akan membebani orang mati [5].Gambar 14. Bagian dalam makam Wali. Hanya sedikit orang yang diizinkan masuk ruang ini.
Figure 14. The interior of the Wali's tomb. Few people are allowed to enter this space.
 Makam Syekh Abdul Muhyi adalah lima meter kali lima meter di daerah. Hal ini dikelilingi oleh kanopi kain putih yang melekat pada sebuah bingkai yang terbuat dari papan kayu. Sebuah 8,7 meter panjang dinding beton mengelilingi Paesan, juga ditutupi oleh kain putih, kulambu. Antara kuburan (Paesan) dan tembok ini, ada juga ruang sekitar satu meter dengan lebar di mana keluarga dekat Syaikh Abdul Muhyi dapat melakukan ritual mereka secara pribadi.b. Kampung PanyalahanDusun terbesar kedua di Pamijahan adalah Panyalahan. Di sini ada sebuah makam penting kedua yang disebut Makom Syaikh Khatib Muwahid.Syaikh Khatib Muwahid menikah Syaikh Abdul Muhyi adik Sembah Kudrat. The kustodian tua di Panyalahan menceritakan bahwa Syaikh Khatib juga disebut Syaikh Abd al-Sembah Kedu atau Syaikh Abdul dari Kedu. Dia berasal dari Jawa dan merupakan pengikut ajaran Syekh Abdul Muhyi itu. Narasi lokal juga menceritakan bahwa Syaikh Khatib Muwahid adalah pendamping Syaikh Abdul Muhyi terdekat, yang digunakan untuk mengajar murid master. Panyalahan penjaga mengatakan bahwa Khatib Muwahid berarti 'guru terbaik' (dalam bahasa Arab, khatib, 'guru'; 'satu' muwahid, atau, 'pertama'). Oleh karena itu, makamnya terkenal di kalangan mahasiswa Islam (santri) yang ingin mempelajari Al-Qur'an dan buku-buku dari interpretasi dan komentar (kitab).Mendekati makam dari gua ke utara, yang melewati pertama melalui dusun Panyalahan kemudian berjalan ke bagian barat Panyalahan melalui sawah. Syaikh Khatib Muwahid dimakamkan di kaki bukit, dikelilingi oleh deretan pohon mahoni. Mendekati makam, satu melewati gerbang lain (Kaca-Kaca) pada pilar yang tertulis nama orang suci. Sebelum memasuki kuil, kita harus membuat wudhu dari air mancur di sebelah kanan, dekat pintu gerbang. Kuil ini memiliki dua ruang utama. Yang pertama adalah tempat untuk persembahan (klien untuk membuka posisi nu ziarah) dan yang kedua di tengah adalah Makom (kuburan) yang tertutup oleh kerangka beton. Berbeda dengan Makom Syekh Abdul Muhyi, pengunjung dapat melihat dengan jelas makam orang suci melalui ruang dalam frame.Menurut penjaga Panyalahan, hanya sepuluh persen dari peziarah yang datang ke kuil Syaikh Abdul Muhyi lanjutkan ziarah mereka ke Panyalahan. Dari sudut pandang Pamijahanese tersebut, tidak wajib untuk menunaikan ibadah haji di situs ini. Penduduk desa Kampung Pamijahan (tengah) mengatakan bahwa Syaikh Khatib Muwahid menetap di tempat yang salah, dan itulah sebabnya mereka menyebutnya tempat yang salah atau Panyalahan. [6] Legenda lain mengatakan bahwa Syaikh Khatib Muwahid tidak mematuhi instruksi Syaikh Abdul Muhyi ini sempurna. Memang, ada bukti yang signifikan dari interpretasi yang berbeda penduduk desa ini.The Panyalahanese cenderung menghindari Panyalahan nama karena konotasi negatif. Menurut mereka, nama dikaitkan dengan dua narasi. Yang pertama adalah narasi lokal tentang asal usul desa dan yang kedua adalah sejarah lokal mengenai pesiar pembuatan peta Belanda yang bingung dengan topografi daerah tersebut.Menurut Panyalahanese tersebut, pernah ada beberapa petani yang tinggal di tempat ini. Mereka adalah petani hanya di daerah. Mereka memiliki beberapa hewan peliharaan, salah satunya adalah harimau. Setelah beberapa tahun, mereka menemukan lebih banyak kebahagiaan dalam hidup mereka setelah mereka memiliki bayi. Mereka bekerja lebih keras dari sebelumnya sehingga mereka mencapai panen bumper di setiap musim. Jika mereka pergi ke sawah, harimau peduli untuk bayi mereka. Suatu hari, mereka menemukan harimau menunggu di gerbang dengan darah di giginya. Petani itu sangat marah. Dia berkata, "Kau mengutuk hewan! Aku peduli untuk Anda tetapi Anda merebut bayi saya di rahang Anda "petani kemudian mengeluarkan goloknya (bedog) dan berkata," Ini adalah hukuman Anda, dan darah harus dibayar dengan darah "Dia memukul harimau yang mati seketika...Ketika mereka masuk ke pondok mereka, mereka menemukan bayi masih hidup dengan ular berbisa mati di lehernya. Mereka menyadari bahwa harimau telah menyelamatkan anak mereka dari ular. Setelah itu, tempat itu disebut Panyalahan atau 'tempat menebak salah'.Cerita kedua berhubungan dengan tema kedatangan Belanda. Menurut penjaga Panyalahan, Belanda datang ke desa mereka untuk tujuan membuat peta. Dengan beberapa pengikutnya, mereka membuat beberapa koordinat pada peta yang terkait dengan sungai yang melintasi desa. Setelah mereka selesai menggambar garis-garis pada peta baru mereka, mereka mencoba untuk mencocokkan dengan situasi nyata. Namun, mereka menemukan bahwa mereka tidak pernah bisa menemukan pola yang sama yang telah digambar pada peta mereka. Memang, mereka tidak dapat mengidentifikasi dua sungai serupa yang melintasi desa. Mereka telah menempatkan hanya satu sungai di peta mereka. Oleh karena itu, itu, menurut warga, mengapa Belanda menyebutnya 'tempat koordinat diketahui' atau panyalahan.Penduduk desa belum legenda lain. Menurut mereka, desa mereka sering digunakan oleh Syekh Abdul Muhyi dan temannya untuk memecahkan masalah (masalah) tentang bagaimana mengkonversi orang-orang kafir di sekitar mereka. Menurut kustodian, nama asli untuk kampung mereka adalah Pamasalahan ('tempat untuk pemecahan masalah'). Jadi, daripada menggunakan Panyalahan nama mereka lebih suka menggunakan Pamasalahan, nama yang muncul dalam narasi kemudian mereka. Hari ini ada Masjid Pamasalahan, Sekolah Dasar Pamasalahan dan dusun Pamasalahan. Ironisnya, nama Panyalahan sudah tercatat dalam arsip-arsip pemerintah dan mereka tidak bisa menghapusnya. Kemudian dalam bab ini kita akan kembali ke usaha rakyat Panyalahan / Pamasalahan untuk menciptakan tradisi mereka sendiri, sesuatu yang sulit untuk dilakukan sejak Pamijahan memiliki simbol-simbol sakral yang dominan.The Wali adalah pusat dan teman-temannya dan kerabat (qaraba) adalah cincin kedua dan ketiga dari lanskap. Panyalahan terletak dalam cincin kedua dalam budaya desa karena pendiri desa adalah saudara ipar dari Wali. Dengan demikian, Panyalahanese tidak memiliki akses ke perwalian dari kuil suci itu. Situasi ini menciptakan kebencian di Panyalahan, terutama karena jumlah peziarah yang datang ke kuil ini terus meningkat.c. Makom YudanagaraYudanagara adalah adik ipar Abdul Muhyi. Makam Yudanagara ini terletak dalam Kampung Pamijahan tetapi di luar daerah non-merokok. Beberapa pengunjung terus ziarah mereka ke makam ini untuk melakukan puasa di mana asupan makanan dibatasi untuk makanan beras atau tidak berwarna dan minuman, terutama singkong dan air. Praktek pertapa disebut tirakat atau mutih. Beberapa peziarah percaya bahwa Yudanagara adalah tangan kanan dari Muhyi di kekuatan spiritual. Hal ini tercermin dalam namanya. Yuda berarti 'perang' dan nagara berarti 'negara'. Yudanagara kemudian adalah sosok yang memiliki kekuatan spiritual baik dalam perang dan merupakan wali negara.Meskipun tempat yang relatif dekat ke kuil dan daerah non-merokok, penjaga di daerah non-merokok tidak mengelola situs.d. Makom PandawaSitus suci keempat adalah makam Syekh Abdulqohar di Kampung Pandawa. Situs ini terletak di bagian utara Desa Pamijahan. Makam Pandawa adalah contoh lain tentang bagaimana sebuah situs suci marjinal telah mencoba dengan afiliasi ke makam Syekh Abdul Muhyi itu. Rinkes melaporkan bahwa Syaikh Abdulqohar adalah saudara Muhyi, tetapi Pamijahanese sendiri tidak pernah mengklaim ini. Begitu juga dengan penjaga makam Pandawa, yang menggambarkan Shaykh Abdulqohar hanya sebagai pendamping Syaikh Abdul Muhyi itu. Menurut kustodian Pandawa, Syaikh Abd Abdulqohar adalah pendamping Abdul Muhyi terdekat tidak Syaikh Khatib Muwahid atau Yudanagara. Dia adalah tangan kanan dari Muhyi.Dari penjelasan di atas tampak bagi saya bahwa jumlah makam keramat terkait terbatas pada sejumlah tokoh diklasifikasikan sebagai pendiri desa meskipun dua dari mereka, Yudanagara dan Pandawa, tidak memiliki hubungan darah dengan Syaikh Abdul Muhyi.
Enhanced by Zemanta

No comments: