Thursday, October 4, 2012

Kitab Istiqal BAB 7 BAGIAN 1

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

 Bab 7. Menggenggam Ajaran WaliDaftar IsiA. PendahuluanB. Asal Pengajaran ShattariyyahC. Martabat Tujuh atau The Seven Kelas

    
1. Ahadiyyah atau Tingkat Keesaan:
    
2. Wahdat atau Individuasi
    
3. Wahidiyat
    
4. Alam Arwah
    
5. Alam Mitsal
    
6. Alam Ajsam
    
7. Insan KamilD. Kesimpulan

    
Pastikan Anda menerima dengan benar arti Satu dan cermin. Memahami hal ini dalam arti yang tepat. Jangan menerimanya dengan [cara] keliru. Memahami metafora. Dan arti dari 'return'. Jangan [mengklaim diri] menjadi Tuhan (Tuhfa, Johns 1965)A. PendahuluanPada bab-bab sebelumnya, tiga jenis narasi berfungsi di desa telah diidentifikasi: penuturan para leluhur, narasi ruang, dan tubuh narasi yang berkaitan dengan silsilah Sufi. Sementara bab sebelumnya membahas tradisi di balik silsilah dari urutan Shattariyyah, bab ini akan membahas ajaran Wali, Syekh Abdul Muhyi.Di desa, apa yang disebut 'pengajaran' dari Wali tidak sejelas seperti yang kita bayangkan. Berbagai ajaran spiritual di desa sering dianggap berasal dari Syaikh Abdul Muhyi. Ini tersebar dan dapat berkisar dari hanya sebuah pepatah berurusan dengan Syekh doktrin metafisik seluruh Shattariyyah atau Qadiriyyah-Naqshabandiyyah. Jarak dari Wali sampai kontemporer Pamijahan telah menciptakan persepsi fuzzy dari apa yang harus tepat disebut ajaran Wali. Selain itu, ada pertanyaan apakah ajaran Syekh Abdul Muhyi dapat ditunjuk sebagai doktrin tunggal, seperti yang dari Shattariyyah, atau sebagai kombinasi dari berbagai ajaran-ajaran mistis.Hal ini dimungkinkan untuk seorang sufi untuk diinisiasi ke berbagai perintah. Pada abad ke-17, misalnya, tuan Syaikh Abdul Muhyi, Abd al-Rauf al-Singkel, dilaporkan memiliki lebih dari dua akreditasi Ijazah atau Sufi (Riddell, 1984; Fathurhman 1999, Azra 2001). Master Abd al-Rauf, al-Qushashi, juga anggota tarekat berbagai Mekkah. Pada kenyataannya, sebagian besar tarekat mengijinkan pengikutnya untuk merangkul lebih dari satu order. Ada pengecualian tentu saja, tetapi mereka tidak dominan. Sebagai contoh, Tijaniyyah tarekat melarang pengikutnya untuk menjadi anggota ordo lain (Muhaimin 1995:336). Namun, dalam kasus Syekh Abdul Muhyi, ambiguitas ajarannya sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa naskah belum ada ditemukan di desa, atau di perpustakaan, yang ditulis langsung oleh dia. Kebanyakan naskah memberi kita petunjuk untuk keberadaannya tampaknya telah ditulis oleh para pengikutnya di periode selanjutnya (E. Kosim 1974; Rinkes 1909; Krauss 1995).Di sisi lain, seperti yang saya sebutkan dalam Bab 3 dan 7 (lihat juga Christomy 2002), ada bukti signifikan bahwa Syaikh Abdul Muhyi dimulai banyak pengikut dari Jawa ke Shattariyyah, atau, setidaknya, silsilah karena nama-Nya bahkan mencapai sejauh sebagai Trengganu, Malang, Surakarta, Cirebon, dan desa-desa kecil berbagai Jawa Barat.Jumlah manuskrip di perpustakaan Universitas Leiden di Belanda lebih dari tiga puluh. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bahwa sejumlah sarjana telah mempertanyakan peran Syekh Abdul Muhyi di berasal atau menyampaikan ajaran-Nya. Misalnya, Krauss (1995) berangkat untuk memperjelas identitas sejarah Muhyi itu. Bahkan sebelum Krauss menulis artikelnya, pada tahun 1974 penelitian pendahuluan yang penting telah dilakukan oleh tim sejarawan dari Universitas Padjajaran. (Kosim 1974)Hal ini penting di sini mengingat temuan mereka. Penelitian ini difokuskan pada kemajuan Islam ke bagian dataran tinggi Sunda. Salah satu penemuan mereka yang penting di sini adalah identifikasi mereka dari ajaran Wali. Menurut Kosim (E Kossim 1974)

    
Illustrasi hubungan Suami ternyata Tarekat Syaikh Abdul Muhyi termasuk Illustrasi Tarekat Shattariyyah. Setelah Amortisasi Yang menjelaskan bahwa Syaikh Abdul Muhyi menganut Tarekat Shattariyyah, bersumber bahasa Dari Kitab Syaikh Nursada bahasa Dari Sumedang Kulon sebagai murid kelima. Kitab inisial ditulis PADA years 1842. Sebaiknya kitd harus mengambil Sumber Langsung bahasa Dari kitab Yang ditulis oleh Syaikh Abdul Muhyi Sendiri, tetapi sayang bahwa sampai PENGHASILAN Kami Proforma mendapatkannya. Yang tersebar di Jawa Barat kebanyakan adalah ajaran Syaikh Abdul Muhyi Yang dituliskan oleh murid-muridnya Yang diangkat sebagai Khalifah atau pengganti-penggantinya. (Hal. 129)

    
Sehubungan dengan hal ini (apa yang telah dibahas di atas), tarekat Syekh Abdul Muhyi berada di bawah urutan Shattariyyah. Bukti bahwa ia mengikuti Shattariyyah didasarkan pada Kitab Syaikh Nursada dari West Sumedang yang adalah seorang mahasiswa generasi kelima (Syaikh Abdul Muhyi). Buku ini ditulis pada tahun 1842. Tentu kita harus mengambil sebagai sumber kami tulisan Syaikh Abdul Muhyi sendiri, tapi sayangnya, sampai saat ini, tidak ada ditemukan. Apa yang kita lakukan telah beredar di Jawa Barat terutama ajaran Syekh Abdul Muhyi ditulis oleh orang-orang dari murid-muridnya, dipromosikan ke pangkat Khalifah (Wakil) atau pengganti mereka.Proceeding dari kerangka filologi, sulit untuk mengidentifikasi naskah yang secara langsung ditulis oleh Wali. Alifya Santrie (1987: 107-113), bagaimanapun, telah mencoba untuk berspekulasi bahwa nama Syaikh Muhyidin dalam naskah Shattariyyah yang tidak lain adalah Syaikh Abdul Muhyi. Sekarang, bukti saya dari desa dan naskah Shattariyyah menunjukkan bahwa Syaikh Muhyidin adalah cucu dari Syekh Abdul Muhyi. Dalam salah satu temuannya, Kosim (1974: 1), menyatakan bahwa ajaran Syekh Abdul Muhyi adalah kombinasi dari Shattariyyah doktrin dan ajaran kabuyutan dari periode pra-Islam, seperti yang digunakan oleh Wali Sanga untuk menarik Jawa lokal Islam.

    
Doa-Doa Yang diajarkan Tarekat Syaikh Abdul Muhyi sering menggunakan percampuran Doa ANTARA "ajaran kabuyutan" Dan ajaran Islam. Adapun Yang dimaksud Artikel Baru ajaran kabuyutan inisial meliputi ajaran kabuyutan Sumedang, Cirebon, Karang Kamulyan Dan beberapa klien untuk membuka posisi Lain Bahasa Dari Jawa Barat. Doa kabuyutan terdiri Bahasa Dari susunan Kalimat Yang Sulit difahami. Mungkin Suami Yang disebut sebagai 'jangjawokan ". Doa-Doa inisial meliputi hampir seluruh keperluan kehidupan Yang Pokok, ANTARA Lain: Pertanian, hubungan seksuil, penolak Dan penyembuh penyakit, perdagangan, kekebalan supaya tidak mempan peluru atau senjata Akan tajam. (Hal. 137)

    
Doa-doa yang diajarkan oleh tarekat Syekh Abdul Muhyi sering menggunakan campuran mereka dari kabuyutan atau 'ajaran nenek moyang' dan dari Islam. Yang dimaksud dengan 'ajaran nenek moyang' di sini mencakup sumber dari pusat kuno Sumedang, Cirebon, Karang Kamulyan dan sejumlah tempat lain di Jawa Barat. Doa-doa mereka yang dikemas dalam kata-kata yang sulit dimengerti. Mungkin mereka datang di bawah istilah 'jangjawokan'. Doa-doa mencakup hampir setiap kebutuhan dasar dalam kehidupan, termasuk pertanian, hubungan seksual, pencegahan dan penyembuhan penyakit, perdagangan dan keadaan tak terkalahkan dimana seseorang tidak dapat tersentuh oleh peluru atau senjata tajam.Bahkan jika spekulasi tentang fusi Abdul Muhyi terhadap dua tradisi dapat diverifikasi, masih ada masalah mengenai bukti tangan. Tim University of Padjadjaran yang dieksplorasi apa yang telah dipelajari oleh pemilik naskah di Sumedang, Syaikh Nursada. Angka ini diidentifikasi sebagai mahasiswa generasi kelima dari Syaikh Abdul Muhyi, berdasarkan silsilah dari Shattariyyah tersebut. Salah satu naskah Syaikh Nursada, Kitab Syaikh Nursada ditulis pada tahun 1842, (Kosim 1974) tidak hanya berisi ajaran Shattariyyah berasal dari Syaikh Abdul Muhyi tetapi juga ajaran-ajaran mistis lainnya dan mantra dari sumber-sumber yang disebut kabuyutan. Argumen masih perlu dieksplorasi. Menurut Kitab Syaikh Nursada, para pengikut Shattariyyah dari Muhyi belajar kabuyutan dari sumber yang berbeda. Tim berspekulasi bahwa ajaran kabuyutan bisa juga telah diikuti oleh Syaikh Abdul Muhyi.Tim berpendapat, "

    
Kalau Sheykh Nursada di Sini dijelaskan mendapat Ilmu Kawaliannya bahasa Dari Sunan Gunung Jati. Apabila PADA Urutan silsilah guru di atasnya disebutkan bahasa Dari Syaikh Abdul Muhyi, Maka dapatlah ditarik kesimpulan bahwa ajaran Syekh Abdul Muhyi pun bersumber bahasa Dari Sunan Gunung Jati. Memang kalau kitd hanya menggunakan Fakta di Atas sukar untuk MENCARI keguruan ANTARA Syaikh Hamzah Fansuri Singkil Artikel Baru Sunan Gunung Jati, atau hubungan ANTARA Syaikh Abdul Muhyi Artikel Baru Sunan Gunung Jati. Tetapi kalau kitd telaah lebih ACLS ajarannya Yang bercampurkan Doa-Doa "kabuyutan Cirebon", jelas di Sini ADA pengaruh Yang KUAT bahasa Dari ajaran Ilmu Kawalian Yang Hidup di Jawa Barat. Ajaran inisial meliputi pandangan Politik atau pun Hal-Hal Yang menyangkut masalah PADA Pertanian, perdagangan Dan Gerakan mengebalkan Diri.

    
Mengenai Syaikh Nursada, ia menjelaskan bahwa ia menerima gelar ajaran Wali dari Sunun Gunung Jati. Jika urutan silsilah para guru kembali ke Syaikh Abdul Muhyi, kita dapat menarik kesimpulan bahwa ajaran-Nya juga berasal dari Sunan Gunung Jati. Tentu saja, jika kita membatasi diri pada fakta-fakta di atas, sulit untuk menemukan hubungan antara murid-guru Syaikh Hamzah dari Singkil dan Sunan Gunung Jati, atau hubungan antara Syaikh Abdul Muhyi dan Sunan Gunung Jati. Tetapi jika kita kaji lebih dekat dengan ajaran campuran mereka 'kabuyutan Cirebon', adalah jelas bahwa ada pengaruh yang kuat dari ajaran pengetahuan wali 'yang masih hidup di Jawa Barat. Ajaran-ajaran merangkul visi politik dan bahkan hal-hal yang berkaitan dengan pertanian, perdagangan dan gerakan untuk membuat diri tak terkalahkan untuk senjata.Kita perlu bukti tambahan mengenai apakah Syaikh Abdul Muhyi sebenarnya mengajarkan ajaran kuno (ajaran kabuyutan). Para peneliti dari Universitas Padjadjaran berusaha untuk membangun hubungan antara ajaran Syekh Abdul Muhyi dan Sunan Gunung Jati, dan antara Islam yang datang ke Pamijahan dan Islam disebarkan oleh para misionaris dari Gunung Jati, yang sering digunakan ajaran kabuyutan .Dalam Pamijahan kontemporer ada indikasi bahwa setiap ajaran spiritual selain fiqh, atau yurisprudensi, dan orang-orang dari Shattariyyah tarekat juga dikaitkan dengan Syaikh Abdul Muhyi. Namun, jika kita mengikuti Sumpah (1980) dan Azra (2001), yang sanad dalam pengajaran legalistik dan silsilah dalam tasawuf dapat digunakan sebagai bukti sejarah di belakang ulama dan jaringan Sufi masing. Tentu saja, kita harus membiarkan prioritas lebih tinggi kepada silsilah Shattariyyah untuk menggambarkan Muhyi dan ajarannya. Namun demikian, adalah bijaksana untuk mengecualikan bahan selain ajaran Shattariyyah ditemukan di Pamijahan kontemporer tidak terkait dengan ajaran Muhyi itu. Oleh karena itu, posisi saya adalah untuk melihat semua bahan, tidak dalam semangat mencari bukti sejarah melainkan untuk menemukan gambaran terbaik bagaimana orang mengatur semua bahan simbolis yang tersedia dalam budaya mereka untuk membuat makna kehidupan kontemporer mereka.Oleh karena itu saya akan pertama menggambarkan secara umum arti dari ajaran Wali Kitab. Saya kemudian akan membahas varian lain yang diyakini menjadi bagian dari ajaran Wali. Pembahasan akan fokus pada doktrin penciptaan. Doktrin ini adalah titik awal dari perjalanan mistis untuk Sufi tetapi juga titik paling penting dari perdebatan antara legalis dan sufi. Sementara Sufi memegang pandangan bahwa adalah mungkin untuk melakukan perjalanan ke dunia batin Realitas, legalis memegang bahwa pandangan ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam tradisi Islam. Saya tidak akan membahas di sini konflik antara kelompok-kelompok ini. Sebaliknya saya akan mencoba untuk mengungkap doktrin metafisik yang paling dasar Shattariyyah dan maknanya dalam masyarakat. Sulit untuk menggambarkan urutan sufi tanpa terlebih dahulu menentukan doktrin metafisik nya, karena ini memiliki implikasi signifikan bagi teorisasi jarak antara Pencipta dan ciptaan-Nya.Di Sunda, doktrin jelas diadopsi dari karya Abd al-Rauf (Azra 2001, Johns 1955 dan 1965, Rinkes 1910). Namun manuskrip dari Pamijahan dan daerah tetangga di Priangan jarang merujuk secara eksplisit karya tertentu Abd al-Rauf, seperti Dakaik al-Huruf (cf. Johns 1955). Tradisi ini dapat ditelusuri kembali ke ajaran Ibnu Fadhilla yang diuraikan dalam Tuhfa al-Mursala. (: 1965:8)Johns (1965) menyatakan bahwa Tuhfa adalah sumber yang paling signifikan dimana pengikut Shattariyyah di Jawa memahami konsep dari tujuh nilai menjadi. Johns juga memberikan komentar menarik mengenai keadaan komposisi Tuhfa tersebut. Dia menyatakan bahwa karya rekaman naskah Ibn Fadhilla yang ditulis dalam Masjidil Haram di Tegal Arum oleh 'petugas urusan agama yang terkenal' (Johns 1965:23). Sayangnya, juru tulis tidak mengungkapkan namanya. Jadi meskipun kita tidak memiliki fakta keras di sini, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kisah lokal Pamijahan menempatkan putra Syaikh Abdul Muhyi itu, Paqih Ibrahim di Tegal (bdk. Rinkes 1910). Selanjutnya, dalam teks itu melaporkan bahwa ia mengajarkan kerabat dari Sultan Cirebon dan Sultan Surakarta yang melanjutkan studi mereka pada Shattariyyah di Mekkah. Dari pembahasan saya tentang silsilah dalam Bab 6, ada banyak indikasi bahwa pengikut Muhyi itu menembus daerah (Rinkes 1910; lihat juga Christomy 2001). Untuk beberapa hal kemungkinan ini juga ditunjukkan oleh Rinkes ketika ia menulis tentang ajaran Abd al-Rauf di Jawa (1910).Ada ruang bagi kita untuk berspekulasi bahwa Abdul Muhyi, atau pengikutnya, disalin karya Ibnu Fadhilla dan didistribusikan versi mereka dari mereka sepanjang pantai utara Jawa (komunikasi pribadi MA Ricklefs 1997). Johns tidak menyebutkan hubungan antara Syaikh Abdul Muhyi dan panitera dari Tuhfa Jawa. Hal ini juga mungkin bahwa salah satu putra Muhyi ini, Paqih Ibrahim, yang menurut pengetahuan lokal menetap di Tegal, memiliki hubungan dengan Tuhfa tersebut. Selanjutnya, menurut sebuah silsilah Shattariyyah yang berafiliasi dengan desa atau Safarwadi Pamijahan, Paqih Ibrahim dimulai Kiai Nida Basyari dari Cirebon, Tuan Syekh Abdurrahman dari Kartasura, dan Kiai Muhammad dari Suci Garut (Christomy 2001, lihat juga Bab 6). Sampai hari ini, keluarga Ibrahim Paqih membuat kunjungan tahunan ke kuil dari Pamijahan.Gagasan ini mengingatkan kita bahwa sejarah Shattariyyah di Indonesia, khususnya di Jawa, masih tidak jelas. Hal ini digambarkan oleh proses transmisi Tujuh Martabat di Jawa di mana, menurut Johns (1965), orang Jawa menunjukkan diri mereka lebih tertarik pada hal-hal praktis dan aplikasi dari doktrin-doktrin ketimbang spekulasi teoritis. Di sini saya akan menyajikan gambaran umum tentang doktrin Shattariyyah seperti yang muncul dalam naskah yang berhubungan dengan Syaikh Abdul Muhyi. Komentar umum saya pada isi akan mengikuti. Hal ini juga tema utama saya bahwa manuskrip dari Shattariyyah, seperti manuskrip dari babad Pamijahan, menyediakan ruang yang signifikan untuk menentukan identitas dan memperkuat kekuatan laten berkah.


B. Asal Pengajaran Shattariyyah

The Shattariyyah pesanan, termasuk teks-teks itu terinspirasi seperti al-Tuhfa al-Mursala ila ruh al-nabi atau: The Gift ditujukan kepada Roh Nabi (Johns 1965: 218) adalah peliharaan di Mekah. Telah terbukti bahwa 'liar' kecenderungan dan karakter panteistik dari Shattariyyah itu 'dijinakkan' oleh 'neo-Sufi' dan legalis seperti al-Qushashi (Azra 1995: 246; Johns 1965: 218). Spekulasi mistik Ibn Arabi, seperti yang disampaikan oleh Fadhillah, diinterpretasikan dalam bentuk yang lebih moderat. Akibatnya, doktrin asli dari lima nilai dari Ibn Arabi, sebagaimana ditafsirkan di India Shattariyyah, dimodifikasi menjadi tujuh realitas mistis bawah tangan al-Qushashi, seorang sarjana Arab pengaruh besar pada sarjana Indonesia pada abad ke-17 (Christomy 2.001 : 41; Azra 1995: 246). Menurut tidak kurang dari lima naskah di Pamijahan, dan untuk beberapa puluh dalam kepemilikan di Jakarta dan Leiden, Abdul Muhyi berutang hubungan mistis ke garis al-Qushashi. Dengan kata lain, varian India tasawuf Shattariyyah datang dengan cara jantung budaya Islam, Mekkah itu sendiri, dan hanya kemudian menyebar ke pulau-pulau di kepulauan Indonesia.

Pertanyaan utama dengan yang saya khawatir setiap saat berhubungan dengan status bahan-bahan mistis dalam budaya lokal dari Pamijahan. Seperti telah disebutkan di atas, semua tanda berwujud dan tidak berwujud yang diatur untuk menjaga dan memperkuat berkah, berkah tersebut. Kami harus menggambar pertama pada ajaran utama ditunjukkan oleh Kitab Wali.


C. Martabat Tujuh atau The Seven KelasPrinsip mistis yang paling penting dalam Shattariyyah adalah deskripsi Berada. Sang Pencipta dan menciptakan dipahami sebagai realitas yang perlu sangat memahami dengan baik oleh semua Sufi. Jika salah satu tidak dapat memahami hubungan ini, seseorang akan gagal untuk menjadi seorang sufi. Dalam narasi besar tasawuf, status ontologis Berada di dunia Muslim telah menjadi perdebatan serius antara Sufi dan orang-orang dari kecenderungan legalis. (Johns 1975: 252) Pada satu tingkat, kedua belah pihak sepakat bahwa Allah adalah pemilik dari realitas dan mereka juga setuju bahwa Realitas adalah Allah (al-Haq). Tapi diskusi berproliferasi pada bagaimana dunia materi (dunya) adalah untuk dipahami. Dalam Tuhfa al Mursala ila ruh al-nabi atau The Gift ditujukan kepada Roh Nabi (Johns 1965), juru tulis memperingatkan kemungkinan salah menafsirkan hubungan antara dalam dan luar menjadi,

    
Den kena dera nampani / tegesing Paesan Tunggal / den sami wruh ing tjiptane / sampun kaliru ing tampa / den Wikan ing sasmita / Miwah ing tegesing wangsul / Ajwa andadi Pangeran / (Tuhfa, Johns 1965)

    
Pastikan Anda menerima dengan benar / arti Satu dan cermin, / memahami hal ini dalam arti propers nya, / tidak menerimanya dengan [cara] keliru / memahami metafora / dan makna dari 'return' / tidak [klaim diri] yang harus menjadi Tuhan. /Hal yang paling penting yang ditemukan di tingkat ketiga yang disebut tingkat Prototip Tetap (a'yan Tsabit). Menurut Tuhfa tersebut, "The Prototip Tetap kemudian yang tidak diciptakan atau tidak diciptakan karena mereka memiliki eksterior tidak ada [keberadaan]". Dalam Pamijahan tingkat ini dikenal sebagai martabat katilu atau tingkat ketiga, The Blue Print Berada di Dunia batin.Sufisme panteistik yang berlangganan oleh Hamzah Fansuri atau al-Samartani teoritis menolak dikotomi antara The Sumber Cahaya dan cahaya. Meskipun pengajaran Shattariyyah berasal dari sumber yang sama seperti ajaran Hamzah, pada kenyataannya, sosok utama di Shattariyyah, Abd al-Rauf, dalam Tanbih karyanya al-Masyi, menyatakan bahwa "dunia adalah seperti bayangan, bukan esensi ... sehingga menurut pria ini mengajar adalah bayangan Realitas sejati, atau bayangan bayangan-Nya ". Ini mengapa beberapa sarjana melihat Abd al-Rauf sebagai tokoh moderat dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya dari sekolah wahdat al-wujud di Nusantara, juga terinspirasi oleh Ibn Arabi, seperti Hamzah al-Fansuri.Menjadi atau Realitas hirarki dikandung dalam tujuh tingkat dasar, dan jika kita perhatikan dengan teliti ke dalam naskah Shattariyyah dari Pamijahan, tujuh tingkat dapat dikelompokkan menjadi dua segmen. Tiga tingkat pertama menggambarkan dimensi batin, atau batin, sementara empat lainnya yang dikhususkan untuk bagian luar, atau lahir.1. Ahadiyyah atau Tingkat Keesaan:Dalam membaca naskah Shattariyyah, kita sering dihadapkan dengan serangkaian ikon, indeks, dan simbol dalam mode tertulis atau grafis. Sistem signifikasi rumit kemungkinan besar dirancang untuk pembaca umum sehingga tidak akan ada kesalahpahaman yang timbul dari proses membaca. Ajaran Shattariyyah memperkenalkan hubungan antara batin dan luar dengan menggunakan diagram skematik terdiri dari tujuh lingkaran. Setiap lingkaran adalah peringkat dari sebuah lingkaran kosong untuk lingkaran kecil saling silang dengan garis horizontal maupun vertikal. Setiap lingkaran mengkonsepsualisasikan suatu sifat makhluk.Menurut Tuhan pandangan awalnya terwujud dalam tingkat pertama Berada. Ini terdiri dari (1) nilai dari kekosongan (Ahadiyyah), maka (2) tahap pertama individuasi (wahdat), diikuti oleh (3) kelas kedua individuasi dimana Tuhan memanifestasikan Nama-Nya (wahidiyat). Kedua Tuhan menciptakan alam atau dunia / alam yang terdiri dari (4) dunia roh (alam Arwah), (5) dunia ide atau prototipe (alam mitsal), (6) dunia bentuk (alam ajsam), dan ( 7) dunia Manusia Sempurna (alam insan kamil).Berbeda dengan Tuhfa (Johns 1965), ahli-ahli Taurat dari naskah Pamijahan telah sengaja dikerahkan diagram skematik berbagai. Diagram ini tidak mungkin awalnya telah menjadi bagian dari silsilah Syaikh Abdul Muhyi, tapi jumlah mereka murah hati meluas naskah.

 
Enhanced by Zemanta

No comments: