Friday, October 5, 2012

KITAB ISTIQAL BAB 9 BAGIAN 4

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

F. Ditetapkan Urutan

Ritual terdiri dari tanda-tanda simbolik dan sosial (Turner 1966; Parmentier 1996). Antara tanda-tanda simbolik dan sosial ada media, seperti Catherine Bell telah menunjukkan, keluar disebut wacana. Bell (Bell 1992) mencoba untuk menjelaskan lebih lanjut apa yang telah dinyatakan oleh Geertz (1976: 355) tentang dimensi budaya dan sosial dari ritual oleh wacana mengusulkan, kategori ketiga, yang frame ritual tertentu secara individual dipraktekkan atau wacana. Model yang dikembangkan oleh Geertz (1976) dan Bell (1992), sampai batas tertentu, menyerupai Peircean (Peirce 1997; Parmentier 1994) ide dimana ada tiga elemen tanda: representamen, referensi, dan penafsir. Representamen adalah bentuk atau struktur. Referensi adalah makna individual, dan penafsir adalah sebuah interpretasi publik, atau, menggunakan istilah Bell, wacana.

Ziarah, seperti plot cerita, yang dibangun oleh berbagai acara. Peziarah memilih suksesi mereka sendiri waktu dan tempat. Urutan yang berbeda sering menunjukkan tujuan yang berbeda para peziarah 'dan tingkat spiritual. Selanjutnya, urutan juga menunjukkan proses negosiasi terkait dengan signifikasi. Di Pamijahan, ziarah merupakan urutan suci sebagai teks utama seperti yang ditunjukkan oleh narasi resmi ditemukan di manual ziarah atau dalam buku yang ditulis oleh keluarga penjaga. Namun, ziarah di Pamijahan juga merupakan subteks, yang terbuka untuk interpretasi individu: teks, yang muncul dalam teks utama. Selanjutnya, berdasarkan analisis sekuensial, haji terhubung ke sistem lain makna (intertekstualitas) di mana makna lebih umum dan bersama 'resimen' bisa penafsiran kita tentang urutan (cf Parminter 1994).
Gambar 28 The Urutan Ziarah

h
Figure 28 The Sequence of Ziarah

Rantai peristiwa ini diambil dari manual yang diberikan oleh penjaga. String dapat dibaca dalam hal berbagai strategi. Seperti yang terlihat teks utama terdiri dari urutan standar seperti yang dinyatakan oleh kustodian dan kitab haji: itu adalah sintaks, yang diterima oleh sebagian besar Pamijahanese. Konsep logis erat tergantung pada sudut pandang dari 'pendongeng' (misalnya Danesi dan Parron, 1999:249). Dari daftar kemungkinan urutan ditentukan, kita dapat mengidentifikasi bahwa titik paling penting adalah mengunjungi kuil [D] apakah disertai oleh staf atau tidak. Selain itu, pola tersebut juga disarankan bahwa melewati gerbang dan pelaporan ke kantor kustodian adalah penting. Setelah itu, pergi ke gua dan Panyalahan adalah rute yang ditentukan berikutnya.

Figure 29 The possible strategies in the pilgrimage ‘narrative’

  
Namun, jika kita perhatikan dengan seksama, ada perbedaan antara urutan no. 1, 2, 3, 4, 5 dengan no. 6, 7, dan 8. Alih-alih melewati gerbang [A] dan kantor penjaga Pamijahan [B], beberapa peziarah pergi, pertama, untuk penjaga Panyalahan [G] (lihat urutan no. 6-8). Dari sudut pandang kitab haji yang ditulis oleh Pamijahanese, perjalanan semacam itu tidak tepat. Bagi mereka, haji harus dimulai dari gerbang, atau Kaca-Kaca dan lulus kantor kustodian yang terletak antara gerbang (Kaca-Kaca) dan kuil Syaikh Abdul Muhyi. Untuk desa perjalanan yang tepat harus mengikuti urutan yang tepat seperti yang dinyatakan oleh manual. Akhirnya, urutan no. 9 bukanlah suksesi disukai karena menurut mereka, para peziarah tidak hormat kepada Syaikh.
Ada beberapa alasan mengapa peziarah memilih rute ini (urutan no 6 -. 8). Yang pertama mungkin ketidaktahuan sederhana, mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Beberapa peziarah mengatakan bahwa ketika mereka tiba di tempat parkir di luar desa suci, ada orang menawarkan bimbingan dan membawa mereka langsung ke Panyalahan [G → D → F → G → H → I] atau [G → F → D → H → I ] bukan untuk Pamijahan pertama [A] → [B] → [C] .... Namun, mereka mungkin telah datang sekali sebelum dan digunakan rute Panyalahan [G] dan sehingga mereka menganggapnya sebagai metode yang tepat karena itu disarankan oleh penjaga Panyalahan [G]. Alasan lain untuk penggunaan rute ini mungkin menjadi tujuan khusus yang disarankan oleh guru lokal mereka.
Jika sumbu sintagmatis diterapkan di sini, maka kita harus menemukan sistem underlaying yang menempatkan peristiwa dalam sebuah string diterima haji. Jelaslah bahwa, dari sudut pandang Pamijahanese, berziarah ke kuil Muhyi memiliki 'Unit minimal' dua (1) melaporkan kepada kustodian [B] dari Pamijahan dan (2) mengunjungi makam Muhyi atau {[B ] → [D]}. Pelaporan (ngalapor), pada kenyataannya, adalah peristiwa penting dalam Pamijahan. Ada pepatah di kalangan penduduk desa bahwa "jika Anda datang saya bisa melihat wajah Anda, jika Anda kembali aku dapat melihat punggung Anda." Mengunjungi makam adalah inti dari ziarah. Tentu saja, orang dapat membuat kombinasi sendiri. Namun, seperti kombinasi akan mempengaruhi kualitas ziarah tersebut. Dalam hal ini, kustodian menyatakan bahwa ada tiga macam urutan: (1) sempurna, atau sampurna, (2) yang baik, atau sae, dan (3) di dipikahoyong sesuai atau henteu.
Dalam pandangan penjaga urutan yang sempurna (sae pisan) harus terdiri dari seri penuh [A, B, C, D, E, F, G, H, I]. The sae atau urutan yang baik harus terdiri dari [B, F] atau [A, B, C, D, E, F]. Urutan pantas adalah urutan tanpa unsur pelaporan [B] dan mengunjungi [F].
Ini adalah fakta bahwa struktur haji, dari analisis sekuensial, terdiri dari dua elemen wajib: pelaporan kepada pembawa kunci dan mengunjungi kuil. Peziarah, tentu saja, harus mengunjungi memutuskan perkembangan mereka sukai. Ada beberapa kemungkinan yang akan disisipkan di antara [B] dan [F]. Namun, pilihan terbatas.
Kantor kustodian dan kuil yang terletak di pusat sementara situs suci lainnya termasuk Panyalahan berada di pinggiran (lihat Bab 5). Daerah non-merokok adalah wilayah paling suci di mana urutan wajib berlangsung.Gambar 30 Axis sintagmatik dan paradigmatik

Figure 30 Syntagmatic and Paradigmatic Axis
  Ritual adalah struktur, tetapi sebagai hasil dari interpretasi alternatif dan kontestasi kekakuan struktur baik sebagai memesan masuk akal dan intlelligible tidak stabil. Di sisi lain, di Pamijahan, kustodian menyatakan bahwa semua peziarah adalah tamu dari wali. Untuk menjadi seorang haji adalah mengikuti resep dinyatakan oleh buku atau kustodian secara langsung. Sangat mudah bagi kustodian untuk membedakan antara sakral dan profan. [23] Jika penjual datang ke situs untuk menjual sesuatu kepada penduduk desa atau peziarah, maka dia tidak boleh dikategorikan sebagai peziarah. Demikian pula, jika penjual datang ke Kuncen dan pergi ke kuil untuk melakukan tawassul dan kemudian menjual barang-barang, ia akan dianggap seorang haji. Untuk penjaga Pamijahan, asalkan orang melapor ke kantornya dan melaksanakan ritual perantara, maka mereka harus dipertimbangkan peziarah. Kustodian bahkan mengatakan bahwa jika penjaja mencapai keberuntungan di pasar setelah kunjungan ke makam maka mereka memang diberkati. Dengan kata lain, mungkin sulit bagi kustodian untuk mengidentifikasi semua niat benar, tetapi lebih mudah baginya untuk mengidentifikasi apakah pengunjung telah mengikuti urutan yang ditentukan atau tidak.
Dalam Islam, ada prasyarat wajib untuk melakukan ibadah: ini adalah pertama niat yang benar, dan yang kedua adalah tindakan benar atau amalan, dan yang ketiga adalah pengetahuan. Dengan demikian, haji yang tepat harus memenuhi prasyarat tersebut. Namun, niat merupakan aspek intelligble untuk kustodian. Dalam ngadaftar ritual atau kustodian kemudian sering meminta niat pengunjung. Sebagian besar pengunjung, menurut, motif kustodian keadaan umum seperti memecahkan masalah mereka dan mencari barokah dari proses. Seringkali, motif yang lebih spesifik akan disimpan dalam mendengar dan dikirimkan kepada Allah secara pribadi di depan makam Muhyi. Beberapa kali, nu ziarah juga memberitahu kustodian secara detail dan meminta bantuannya. Berdasarkan wawancara saya, saya menemukan beberapa pengunjung memiliki hutang besar dan datang ke Pamijahan untuk bantuan. Beberapa dari mereka bahkan lari dari istri dan keluarga karena mereka tidak dapat mendukung kehidupan keluarga mereka.
Kustodian mengatakan bahwa niat semua harus diterjemahkan ke dalam amalan atau tindakan. Dia menyatakan bahwa jika Anda memiliki niat yang baik, maka Allah akan memberikan Anda hadiah. Jika Anda memiliki niat yang baik dan Anda dapat mewujudkan itu, Allah akan memberi Anda hadiah beberapa, tapi jika Anda tidak dapat mewujudkan itu, Allah akan memberi Anda hanya satu pahala. Aksi adalah tahap kedua dalam ritual itu. Kuncen menjelaskan bahwa amalan, perbuatan baik, tanpa pengetahuan akan mengurangi pahala. Pengetahuan, atau Ilmu, adalah dasar untuk melakukan dalam ritual itu. Dalam kasus haji, penjaga merasa bertanggung jawab untuk membantu orang di daerah ini ketiga.
Pengetahuan tentang ritual dapat dipelajari dari berbagai sumber. Misalnya, sekelompok peziarah sering membawa ulama mereka sendiri ke situs untuk mendapatkan pelajaran dan bimbingan sehingga niat mereka dan tindakan yang dilakukan dalam harmoni. Pada kenyataannya, para penjaga masih dirasakan banyak pengunjung sebagai sumber utama pengetahuan di desa. Hal ini disebabkan oleh keyakinan bahwa ritual haji terhubung ke kode lokal yang Kuncen adalah pembawa kunci. Misalnya, Kuncen akan memungkinkan pengunjung untuk melakukan niat mereka sendiri dan amalan dengan beberapa tindakan pencegahan. Idealnya, peziarah tidak diharapkan untuk tinggal di situs suci selama lebih dari seminggu. Bahkan, ada beberapa ahli yang menghabiskan lebih dari 41 hari di kuil. Untuk alasan ini, Kuncen akan memberikan izin khusus. Kustodian juga akan memungkinkan spesialis yang meminta izin khusus untuk memasuki ruang utama di kuil. Dalam keadaan normal, maka daerah tersebut adalah tempat yang dilarang.
Para ahli dan 'peziarah biasa' mungkin melakukan urutan yang berbeda. Struktur minimal, bagaimanapun, harus terkait erat dengan apa yang kustodian panggilan "perilaku yang tepat", yaitu, melaporkan ke kantornya dan mengunjungi kuil. Namun, jika kita hati-hati memeriksa tabel urutan, ruang untuk negosiasi jelas. Sementara kekuatan Kuncen yang mengatur urutan ditentukan dengan membatasi pilihan diterima dari 'jalan', yang lain masih memiliki ruang untuk negosiasi seperti yang terlihat dalam apa Kuncen ini sering menelepon sae pisan, Kirang sae, atau teu dipikahoyong.
Ziarah praktek di Pamijahan tidak hanya dipengaruhi oleh pihak luar tetapi juga oleh kontestasi antara kelompok-kelompok yang mengklaim memiliki sumber leluhur yang sama. Seperti yang terlihat dalam tabel di atas variasi struktural bertepatan dengan dua urutan yang berbeda ditentukan oleh dua kantor yang berbeda kustodian: Pamijahan dan Panyalahan. Dan memang dalam prakteknya, penjaga akun Pamijahan mungkin akan diperebutkan oleh penjaga Panyalahan yang juga berbagi garis keturunan yang sama.

No comments: